Management Trends

Starbucks Bekali dan Persiapkan Generasi Muda Keterampilan Kewirausahaan

Starbucks memberikan dukungan dan kepeduliannya terhadap masyarakat Indonesia lewat program kewirausahaan Starbucks Creative Youth Entrepreneurship. Bermitra dengan organisasi non-profit Prestasi Junior Indonesia, program ini bertujuan untuk membekali dan mempersiapkan generasi muda penerus bangsa dengan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan melalui metode interaktif pembelajaran jarak jauh.

Sebelumnya, program Starbucks Creative Youth Entrepreneurship sudah pernah dilaksanakan di Indonesia pada awal tahun 2019 dalam rangka merayakan bulan kebaikan yang diperingati oleh Starbucks secara global atau yang lebih dikenal dengan Global Month of Good di setiap bulan April.

Anthony McEvoy, pemimpin PT Sari Coffee Indonesia mengatakan, program ini menerima sambutan dan respon positif dari partner (karyawan) Starbucks, pelanggan, maupun masyarakat sehingga program ini kembali dilaksanakan di tahun ini dengan jangkauan yang lebih luas.

Melalui program Starbucks Creative Youth Entrepreneurship yang dimulai pada Juli hingga November 2021, lebih dari 200 partner (karyawan) Starbucks terlibat untuk membantu memfasilitasi dan membimbing 1.152 siswa dari Sekolah Menengah Keujuruan (SMK) di Bali, Batam, Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta. Data Badan Pusat Statistik pada Februari 2021 menunjukkan bahwa persentase pengangguran masih terbilang tinggi, bahkan lulusan SMK mencapai 11,45%.

“Di Starbucks, kami memiliki misi untuk terus menginspirasi dan memupuk semangat kemanusiaan di tengah masyarakat tempat kami berada. Hal tersebut yang mendorong kami untuk terus berkontribusi dan memberikan dampak sosial yang positif kepada masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (22/07/2021).

Ia pun berharap melalui program Starbucks Creative Youth Entrepreneurship dapat membantu para siswa SMK yang merupakan generasi penerus bangsa agar tidak hanya siap untuk bekerja pada saat mereka lulus, tetapi juga mampu berwirausaha.

“Melalui pelatihan dan pembekalan keterampilan kewirausahaan yang diberikan oleh mitra kami, Prestasi Junior Indonesia, kami bercita-cita agar generasi penerus bangsa memiliki pendidikan serta keterampilan yang dibutuhkan dunia industri dan menjadi penggerak ekonomi,” harapnya.

Robert Gardiner, pendiri dan penasihat akademik untuk Prestasi Junior Indonesia pun optimistis program ini dapat menginspirasi dan memberikan manfaat kepada generasi muda untuk menjadi pribadi yang kreatif dan mandiri sehingga berwirausaha dapat menjadi pilihan profesi yang mereka pertimbangkan untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

“Meskipun tahun ini kegiatan harus dilakukan secara daring, ternyata kami justru dapat menjangkau siswa lebih luas dengan dilakukan di enam kota secara serempak. Lewat pembelajaran yang kami berikan serta semangat dan keterlibatan para partner (karyawan) Starbucks kami berharap dapat membantu dan berbagi dengan para siswa SMK,” ujar Roberr.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved