Startup Dorong Peningkatan Penggunaan Blockchain di Indonesia

Peserta Seminar Blockchain & Fintech (Indonesia) Peak Forum di Jakarta.

 

Saat ini Blockchain merupakan salah satu teknologi yang sedang populer. Teknologi ini diklaim mampu membuat proses bisnis yang terjadi lebih efisien. Dalam seminar edukasi teknologi bertajuk ‘Blockchain & Fintech Peak Forum’ di Novotel Mangga Dua Square Jakarta, terungkap Indonesia masih memerlukan banyak upaya guna mengembangkan Blockchain.

Menurut Weber Zhuo, CEO FinBlock Indonesia, harus segera memulai implementasi Blockchain. Sebab, meski perkembangan di tanah air agak lambat, namun perlahan mulai banyak industri yang menggunakan Blockchain. Begitu pula tumbuh beberapa startup yang mulai menggunakan Blockchain.

Diakui Weber, Blockchain di Indonesia masih berpotensi untuk tumbuh seperti juga di negara lain, termasuk negara maju yang sedang giat mengembangkan bisnis melalui teknologi tersebut.

Selain industri keuangan, Blockchain juga merambah industri aplikasi informasi di Indonesia. Salah satu startup yang memanfaatkan teknologi ini adalah GoWithMi. Perusahaan asal Singapura ini mulai merambah ke Indonesia dengan memilih Nongsa Digital Park, Batam. Mengingat perusahaan-perusahaan berbasis teknologi berada di kawasan ini.

GoWithMi merupakan sebuah perusahaan 3D map jaringan peta peta cerdas terdistribusi pertama di dunia, yang menyediakan solusi "one-stop" rantai publik + peta untuk semua jenis data peta dan algoritme yang mendasari, rantai kredit, kontrak pintar, pembayaran token insentif untuk pemakai.

Menurut Oliver Li,  Founder dan CEO GoWithMi, aplikasi ini memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi lokasi jalan secara update seperti jalanan macet,kejadian kecelakaan dan menujukan keberadaan sekitarnya.

Selain itu, aplikasi ini juga dirancang bisa mengikuti pergerakan pengguna kemana pun pergi, dan setiap token akan ditambahkan ke dalam akun anda secara mudah dengan menggunakan token ini, user dapat membeli barang di dalam Aplikasi GoWithMi ini.

Seminar ini dihadiri 150-200 orang dari berbagai kalangan profesional dalam bidang blockchain dan fintech dari Singapura, Amerika, China dan Indonesia.

Perwakilan dari Indonesia seperti Lukita Dinarsyah Tuwo, Chairman Indonesia Free Trade Zone Authority, Oscar, mantan Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia, dan Huang Lanjin, Chief Technical Officer World Blockchain Organization, serta pendiri industri dan para pakar yang akan berpartisipasi membagikan pengalaman dan pemikiran mereka. Selain itu, perwakilan dari China, Weber Zhou (Co- Founder of FinBlock), Liu Zilong (Co- Fouder of Block Tech), dan Wang Pin (CEO EEC).

Sebagai penyelenggara acara ini FinBlock juga memberikan pengetahuan, wawasan, informasi, pasar, serta analisa data mengenai Fintech yang merupakan platform profesional di Asia Tenggara.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)