Strategi Estetika dr. Affandi Hadapi Krisis Akibat Pandemi COVID-19

Perawatan di Estetika dr. Affandi

Per Juni ini, pemerintah telah melonggarkan aturan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB, dalam upaya menggerakan ekonomi Indonesia yang melambat akibat pandemi COVID-19. Bisnis pun perlahan mulai bergerak, walau dengan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah penyebaran virus corona baru ini. Hal yang sama pun dijalankan di tempat perawatan kulit dan kecantikan.

Estetika dr. Affandi salah satu klinik kecantikan dengan sangat ketat memenuhi aturan protokol kesehatan, ini sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01. 07/Menkes/382/2020 Tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum, antara lain memakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan jaga jarak fisik dengan orang lain.

dr. Diana Affandi Sp.KK, Ketua Komite Medis Estetika dr. Affandi di Jakarta (01/07/2020) mengungkapkan bahwa kliniknya siap dan mendukung penuh program pemerintah untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi seluruh tim dan dokter. Langkah tersebut tentunya agar seluruh pihak, terutama konsumen memperoleh rasa aman dan terhindar dari persebaran dan penularan Covid-19.

Memasuki era New Normal, klinik perawatan kulit dan kecantikan yang sudah berdiri 33 tahun ini melakukan langkah rebranding dengan menjadi Estetika dr. Affandi, menerapkan penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) lengkap kepada seluruh dokter dan perawat selama tindakan (treatment) berlangsung.

Selain itu pihaknya juga melakukan pengecekan suhu tubuh dan mewajibkan penggunaan hand sanitizer kepada setiap orang yang memasuki area klini, termasuk dokter dan perawat. Serta sterilirisasi dengan penyemprotan desinfektan secara rutin per 2 jam terutama di area tindakan (treatment).

"Langkah kami menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya menumbuhkan kepercayaan kepada seluruh konsumennya dengan memberikan pelayanan terbaik di tengah pandemi saat ini," kata dr. Diana.

CEO Estetika dr. Affandi, dr. Hengky Nur Hidayat Affandi mengakui adanya penurunan kunjungan konsumen dalam rentan waktu empat bulan terakhir. "Kami tidak ada pilihan, ketika PSBB diberlakukan, sektor bisnis perawatan kecantikan harus tutup demi menekan penyebaran virus, namun kami tidak tinggal diam, kami lakukan inovasi dengan program Estetika Treatment Card," ungkapnya.

Program ini memberikan keuntungan lebih bagi pelanggan berupa potongan harga hingga 50 persen untuk setiap treatment yang dimiliki Estetika dr. Affandi, antara lain Peeling Treatment, Microdermabrasion, Face Lifting, Laser, Botox, IPL, PRP, hingga Ultherapy dan dapat digunakan hingga tahun depan di seluruh cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu program Treatment Card ini juga memberikan kemudahan lain, yakni pasien bisa membeli sekarang namun treatment bisa dilakukan di lain waktu, sehingga ada fleksibilitas bagi pasien untuk menentukan kapan akan melakukan treatment.

“Treatment Card menjadi salah satu cara bagi kami memperkenalkan Estetika dr. Affandi kepada seluruh masyarakat. Terutama bagi generasi milenial dan generasi Z bisa merawat kulit dan wajah dengan harga yang sangat terjangkau. Program ini dapat dibeli melalui online lewat aplikasi dan website Estetika dr. Affandi,” tutur dr. Hengky.

Namun demikian, Ia mengakui terdapat peningkatan penjualan produk yang signifikan melalui mobile apps Beauty Commerce Estetika dr. Affandi. Dalam dua bulan terakhir, penjualan produk melalui aplikasi yang memiliki fitur konsultasi gratis dokter kecantikan ini melonjak dua kali lipat.

“Karena tidak bisa treatment selama masa PSBB, penjualan produk kami melalui aplikasi meningkat pesat. Terutama produk-produk perawatan di rumah (produk prescription dengan resep dokter) seperti krim, lotion, cleansing, serum vitamin C, dan produk non resep merk Eksotika (facial wash , bedak dan sebagainya)”, jelas dr. Hengky.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen, juga meluncurkan fitur Estetika loyalty program di aplikasi. Fitur ini dilengkapi dengan dua mekanisme utama, antara lain membership program dan member get member yang akan memberikan benefit berupa poin kepada setiap konsumen. Poin tersebut dapat ditukarkan dalam bentuk produk dan treatment.

Untuk diketahui, Estetika dr. Affandi memiliki tujuh solusi perawatan, yaitu Acne Solutions, Anti-Aging Solutions, Brightening Solutions, Teen Skin Problem Solutions for Gen Z, Hyperpigmentation Solutions, Scar Solutions dan Hair Solutions.

Saat ini, Estetika dr. Affandi sudah memiliki 15 cabang yang tersebar di beberapa kota, antara lain Semarang, Bekasi, Cibubur, Cirebon, Denpasar, Depok, Makassar, Medan, Solo, Surabaya, Tangerang, Yogyakarta dan sisanya di Jakarta. Secara keseluruhan cabang dikelola terpusat di Semarang.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)