Strategi Leo Bawa JD.id Terbang Lebih Tinggi

Per Februari tahun ini JD.id akan melakukan banyak perubahan di bawah kepemimpinan CMO (Chief Marketing Officer) barunya, yaitu Leo Haryono. Tentu bukan pekerjaan mudah bagi Leo mengawal JD.id terbang lebih tinggi di tengah ketatnya persaingan e-commerce. Dengan pengalamannya selama 20 tahun mengawal brand besar dunia, strategi jitu telah dia siapkan.

Leo memiliki catatan panjang sebagai profesional di bidang pemasaran dan branding serta terobosannya yang inovatif dan berbasis data dan strategi online di pasar Konsumen dan B2B.

Alumni dari Universitas Trisakti dan San Fransisco State University ini memulai karir-nya di Silicon Valley Amerika Serikat pada saat e-commerce mulai berkembang pesat di sana. Selama hampir 20 tahun Leo memimpin department marketing di berbagai consumer brand ternama, seperti HP, Macy’s, eBay, Walmart and Aegon.

Hingga pada akhirnya, pada awal tahun 2021 lalu, Leo memutuskan untuk kembali ke tanah kelahirannya (Indonesia) untuk berkarya, melalui titel nya sebagai seorang CMO di salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, JD.id.

“Saya optimis dengan kinerja JD.id saat ini. Selama pandemi sepanjang tahun, perilaku konsumen telah bergeser dari berbelanja di mal atau supermarket (offline), menjadi belanja online. Hasilnya, ini menciptakan pertumbuhan yang signifikan dalam e-commerce. Selain itu, persaingan melahirkan inovasi, dan perusahaan yang terus berinovasi akan menang dalam jangka panjang,” ujar Leo menjawab pertanyaan dari SWA melalui email.

Menurutnya, kekuatan JD.id yang menbuat e-commerce ini menjadi pilihan utama pelanggan karena pelanggan yakin akan janji JD.id bahwa produk-produknya terutama yang branded #DijaminOri. “Mereka telah mempercayai kami untuk selalu menjual produk asli, dan inilah yang telah dijalani dan dihembuskan oleh merek kami selama bertahun-tahun. Tantangan kami adalah untuk menghormati kepercayaan tersebut saat kami menumbuhkan penawaran dan permintaan dalam model bisnis e-commerce 2 sisi ini,” tuturnya.

Ia melanjutkan, kekuatan #DijaminORI tersebut juga merupakan bukti komitmen JD.id mewujudkan misinya sebagai e-commerce yang “Make Joy Happen" para pelanggan setianya. “Selama pandemi, kami berusaha memberikan kebahagiaan kepada semua pelanggan di seluruh negeri dengan menyediakan aplikasi belanja yang aman, andal, dan cepat dengan produk berkualitas tinggi dan asli,” katanya.

Menurut Leo, selama pandemi orang-orang telah berbelanja lebih banyak secara online maka itu ia yakin perilaku ini akan terus meningkat dalam beberapa tahun mendatang. “Saat mereka berbelanja lebih banyak secara online, mereka juga akan mengharapkan lebih banyak. Jadi, sebagai marketing e-commerce, saya menantang tim saya untuk terus berinovasi dan memenuhi ekspektasi pelanggan yang terus berkembang,” ujarnya.

Lalu apa target tahun ini? Ia menjawab ingin terus meningkatkan kepercayaan konsumen/pelanggan di seluruh Indonesia terhadap JD.id dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk seluruh pelanggan/konsumen setia JD.id. “Selain itu saya melihat banyak peluang untuk mengembangkan bisnis dan tim,” tandasnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)