Marketing Technology Trends zkumparan

Strategi Line Tingkatkan Keterlibatan Pengguna Saat Ramadhan

Strategi Line Tingkatkan Keterlibatan Pengguna Saat Ramadhan
(tengah) Dale Kim, Managing Director Line Indonesia, (kanan) Ina Nurulita, Marketing Lead Line Indonesia

Terdapat perubahan kebiasaan pengguna Internet selama bulan Ramadhan. Mereka cenderung memiliki lebih banyak waktu luang, bekerja lebih sedikit dan rileks. Dampaknya, mereka lebih giat mencari konten hiburan ataupun religius.

Hal tersebut disampaikan oleh Ina Nurulita, Marketing Lead Line Indonesia. Sebagai penyedia media sosial, Line Indonesia memanfaatkan momentum tersebut untuk meningkatkan keterlibatan pengguna, juga mengakuisisi pengguna baru.

Langkahnya adalah menghadirkan salah satu fitur Line Ramadhan bertemakan Jurus Lebih Teladan (Julit). Ina menjelaskan bahwa penggunaan istilah Julit (homofon dari julid yang bermakna iri) dekat dengan kehidupan 80 persen segmen pasar Line Indonesia yang berusia di bawah 20 tahun.

“Kami terinspirasi dari bahasa kekinian yang ramai digunakan netizen. Kita harus bicara bahasa mereka. Meski komunikasi julit, actionnya tetap positif,” ungkap Ina pada acara konferensi pers Line di Jakarta, (10/5/2019).

Julit Ramadhan merupakan konten gamifikasi yang menyajikan misi yang bisa dicapai pengguna selama Ramadhan. Pengguna yang menyelesaikan misi akan mendapatkan hadiah.

Fitur Line Ramadhan menyuguhkan dua konten utama lain yang meliputi Rejeki Anak Soleh dan Baper (Baca Petunjuk Ramadan). Rejeki Anak Soleh merupakan kuis yang hadir di waktu menjelang buka puasa, di mana kebanyakan orang sedang menikmati waktu santainya. Sementara itu, Baper merupakan informasi yang informatif tentang ibadah.

Sebagai strategi akuisisi pengguna baru, sebagian kontan Line Ramadhan dapat diakses oleh non-anggota melalui situs. “Diharapkan setelah melihat konten tersebut, orang tertarik untuk mendaftar,” kata Ina.

Dale Kim, Managing Director Line Indonesia, mengatakan, “Kami sadar akan tingginya kebutuhan para pengguna dalam mendapatkan konten informatif dan edukatif seputar Ramadan. Setelah tahun lalu kami meluncurkan chatbot Ramadan pertama di Indonesia, tahun ini kami fokus dalam memperkaya konten kami lewat fitur LINE Ramadan. Fitur ini kami rancang sedemikian rupa untuk memberikan pengalaman berpuasa yang seru namun juga penuh makna untuk para pengguna.”

Selain konten dan gamifikasi, Line Ramadhan juga menyediakan tempat untuk promosi. Jadi, perusahaan bisa mengiklankan produk atau jasanya di sana.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved