Management Technology Trends

Strategi Membangun Aplikasi Keuangan Ala App Annie

Strategi Membangun Aplikasi Keuangan Ala App Annie

Perkembangan teknologi mengubah pola hidup orang untuk lebih menggunakan aplikasi mobile sebagai layanan keuangan. Berdasarkan laporan App Annie, penggunaan aplikasi keuangan di tahun 2016 meningkat 36% dibandingkan tahun 2015. Bahkan, Korea Selatan dan Australia memiliki tingkat peningkatan dua kali lipat di tahun 2016 dibandingkan tahun 2014.

Jumlah download aplikasi Keuangan di seluruh dunia pun meningkat 100% selama dua tahun terakhir. Di pasar Asia Pasifik, pertumbuhan tingkat download pada aplikasi Keuangan bahkan melampaui pertumbuhan tingkat download untuk seluruh aplikasi non-game, ujar Danielle Levitas, SVP Research & Marcom App Annie.

Danielle menambahkan, aplikasi memberikan peranan unik untuk memperdalam hubungan dengan konsumen dan menyediakan layanan keamanan transaksi keuangan yang mudah, aman serta personal. Bank pun mendapatkan keuntungan dengan adanya pengurangan biaya transaksi di cabang dan menciptakan peluang penjualan baru.

Aplikasi juga membuka jalan bagi pelaku fintech yang berpotensi melengkapi atau bahkan mengganggu layanan bank-bank mapan melalui layanan inovatif. Bank harus mengikuti perkembangan teknologi baru dan keinginan konsumen untuk mendapatkan pengalaman dalam menggunakan aplikasi terbaik di kelasnya. Bank yang gagal beradaptasi akan mulai ditinggalkan oleh konsumennya.

Total penggunaan aplikasi keuangan telah meningkat lebih dari 100% di seluruh wilayah dalam dua tahun terakhir. Industri keuangan di Asia Pasifik sangat berhubungan dengan perkembangan aplikasi mobile. Lebih dari 110 miliar sesi berlangsung di aplikasi Keuangan pada tahun 2016 melebihi sesi dari Amerika dan Eropa.

Di Asia Pasifik, aplikasi mobile telah diterapkan secara luas dengan berbagai tingkat seperti fully unbundled, some unbundling dan fully bundled. Hampir semua bank terkemuka memiliki layanan transaksi dasar memanfaatkan aplikasi mobile.

Pertumbuhan tingkat download yang kuat dan konsisten selama dua tahun terakhir menunjukkan masa depan cerah bagi pengembangan aplikasi mobile untuk menghasilkan peluang yang luar biasa.

Bank harus mempersiapkan inovasi, investasi dan kemitraan dengan pelaku fintech agar tetap dapat bersaing dan menjadi kunci kesuksesan di masa depan.

Lalu, bagaimana strategi pengembangan aplikasi keuangan?

Menurut Danielle, kepuasan pelanggan sangat penting untuk suatu kesuksesan. Bank harus dapat menerapkan teknologi baru yang selalu hadir dan keinginan konsumen yang juga terus meningkat untuk memberikan kepuasan dalam menggunakan aplikasi. Ada tiga strategi utama yang bisa dijalankan:

1. Hilangkan hambatan dari layanan keuangan Perangkat mobile berbeda dengan komputer, sehingga cara penggunaannya pun seharusnya berbeda. Buatlah suatu ketertarikan unik dari aplikasi dan jadikan transaksi keuangan menjadi lebih nyaman dengan memanfaatkan aspek unik yang ada pada perangkat mobile seperti layar sentuh, informasi kontekstual seperti lokasi, sensor dan near field communications (NFC).

Daripada membuat aplikasi yang mencakup semua produk pada website, sebaiknya prioritaskan layanan utama seperti memeriksa saldo rekening, transfer dana serta layanan konsumen. Layanan tambahan seperti pembayaran mobile, program loyalitas, perencanaan keuangan pribadi serta investasi dapat dijadikan fitur yang dapat ditambahkan untuk lebih mengikat konsumen. Pertimbangkan fitur apa yang dapat digabungkan bersama atau berikan melalui aplikasi terpisah untuk penggunaan aplikasi yang memuaskan.

Ciptakan interaksi yang lebih mudah dengan mengintegrasikan daftar kontak ke aplikasi sehingga proses transaksi seperti transfer dana dapat terlaksana lebih cepat. Jangan lupa untuk memprioritaskan tampilan dan kepuasan bagi konsumen ketika menggunakan aplikasi.

2. Jadikan konsumen sebagai pusat dari setiap keputusan Layanan keuangan berubah sangat cepat. Konsumen menuntut layanan yang lebih bersifat personalisasi yang secara bersamaan meningkat bersamaan dengan kepercayaan terhadap layanan tersebut. Pengintegrasian fitur keamanan seperti Touch ID dan sistem pengenalan wajah dapat menambah keyakinan dan loyalitas konsumen. Berikan hadiah bagi konsumen dengan program loyalti, penawaran spesial dan promosi sebagai bagian dari pengalaman menggunakan aplikasi. Dengan adanya penghargaan kepada konsumen yang loyal, kebutuhan akan aplikasi pun akan semakin meningkat.

Perhatikan peringkat dan ulasan pada aplikasi Anda dan aplikasi fintech lain untuk mengenali adanya fitur dan cara baru untuk meningkatkan pengalaman penggunaan aplikasi yang lebih memuaskan.

3. Prioritaskan inovasi untuk menjadi market disruptors Bank terkemuka memiliki keuntungan dari nama yang sudah dikenal dan konsumen yang sudah ada dibandingkan kompetitor fintech baru. Manfaatkan skala konsumen dan kepercayaan yang telah ada untuk menjadi market disruptors.

Penyajiian data yang memberikan wawasan dan informasi tambahan kepada konsumen untuk memantau transaksi keuangan yang lebih lengkap dapat memberi kepuasaan bagi konsumen. Pembayaran mobile seperti AliPay dan WeChat Pay merupakan fitur yang harus menjadi perhatian untuk diintegrasikan dengan aplikasi. Bekerja sama dengan aplikasi inovatif lainnya pun dapat dilakukan seperti pengintegrasian informasi pembayaran tanpa perlu mengidentifikasi kembali kartu kredit yang sudah pernah diverifikasi.

Sudah saatnya bank memanfaatkan teknologi mobile untuk memberikan layanan keuangan seperti menarik tunai berbekal aplikasi tanpa memerlukan kartu. Aplikasi dapat menghasilkan kode rahasia yang dapat digunakan di ATM sehingga meminimalisasi pencurian data kartu serta menjadikan aplikasi sebagai kebutuhan terus-menerus untuk menggantikan kartu perbankan.

Selama ini App Annie memberikan data aplikasi dan wawasan bisnis untuk meraih keberhasilan di dalam ekonomi aplikasi global. Lebih dari 800.000 anggota terdaftar yang mengandalkan App Annie untuk lebih memahami pasar aplikasi, bisnis dan peluang yang dapat tercipta bagi para pelaku bisnis. Kantor pusat perusahaan App Annie berlokasi di San Francisco dengan jumlah 450 karyawan di 15 kantor global. App Annie telah menerima dana $157 juta dollar, termasuk dari investor seperti e.ventures, Greenspring Associates, Greycroft Partners, IDG Capital Partners, Institutional Venture Partners dan Sequoia Capital.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved