Strategi Oppo dan Advan Hadapi Persaingan Bisnis Smartphone

 

Direktur Pemasaran Advan, Tjandra Lianto.

Sedangkan untuk pasar ponsel pintar lainnya di Indonesia, Advan Mobile memiliki strategi tersendiri. Menurut data IDC kuartal ketiga, Advan berada di posisi ketiga dengan market share 8,3% untuk pasar smartphone dengan penjualan 7,3 juta di kuartal III. Hal ini ditegaskan oleh Direktur Pemasaran Advan, Tjandra Lianto bahwa target pangsa pasar Advan sebesar 10-15% untuk pasar Indonesia hingga tahun 2020. Dari segi kualitas, Advan tidak berbeda jauh dengan pesaingnya. Sebab, yang membedakan hanya persepsi dan loyalitas mereknya.

Maka dari itu strategi Advan tahun 2018 akan lebih meningkatkan loyalitas merek. Advan berusaha membuat produk lebih inovatif dan berguna. “Bagaimana merek tersebut dapat mewakili dan memberikan inspirasi bagi mereka, serta memberikan kebanggaan. Saya rasa produk apapun akan mencapai target pasar terbaik jika bisa mendapatkan hal tersebut,” jelasnya.

Untuk mencapai target tersebut, Advan akan fokus pada inovasi produk dan pengembangan SDM. Dengan SDM terbaik, Advan yakin dapat menjadi kebanggaan masyarakat. Selain itu, Advan menjalankan marketing strategy yang tepat, terutama dalam meningkatkan brand equity melalui TVC, radio bahkan digital marketing sesuai dengan target pasarnya.

Target tahun in, kami mengharapkan pangsa pasar 10%,  lalu 12,5% tahun 2019 dan  15% akan dicapai tahun 2020. Peningkatan experience Advan akan membuat penggunar makin loyal. “Advan melakukan pegembangan hardware dan software. Di Indonesia, Advan menggunakan Operating System (IDOS) sendiri yang mengembangkan empat hal yaitu Security, Smart Management, Power Saving, dan Unique Feature.

Hingga tahun 2020 reputasi merek Advan akan terus ditingkatkan. Layanan purna jual juga menjadi perhatian dan ditingkatkat. Saat ini sudah lebih dari 60 titik di Indonesia dengan level pelayananan dalam hitungan jam. “Kualitas produk juga terus kami tingkatkan agar konsumen puas,” ujarnya. Total, Advan berhasil menjual 7 juta unit produknya di tahun 2017. Jumlah itu  bukan hanya smartphone, tapi juga feature phone dan tablet.

 

Reportase: Jeihan Kahfi Barlian, Herning Banirestu

www.swa.co.id

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)