Marketing Trends zkumparan

Strategi Wego Garap Pasar Milenial di Indonesia

Strategi Wego Garap Pasar Milenial di Indonesia
Kerja sama Wego dan tiket.com

Wego mulai serius menggarap pasar milenial di Asia Pasifik, termsuk Indonesia. James Huang, Head of APAC & Global Marketing Technology Wego, menjelaskan, pihaknya mencoba mempelajari karakteristik wisatawan milenial. Mereka umumnya tidak hanya ingin pergi ke suatu tempat, tetapi juga ingin mencari pengalaman baru dan kesenangan lain saat melakukan perjalanan.

“Dengan alasan ini, kami berusaha lebih jauh, dari hanya membandingkan harga pesawat dan hotel, kini menciptakan fitur baru yang disebut penawaran ekslusif,” jelasnya.

Fitur ini memungkinkan pengguna mengetahui promosi-promosi terkait perjalanan mulai dari harga promo tiket pesawat, hotel, restoran hingga paket spa. j James mengklain tingkat engagement rata-rata untuk fitur ini adalah di atas 40%, yang menunjukkan bahwa pengguna Wego tertarik untuk mengetahui informasi penawaran atau promosii terkait perjalanan di aplikasi mereka.

Tak hanya informasi, Wego juga secara aktif memberikan rekomendasi segala yang kemungkinan mejadi kebutuhan wisatawan di tempat tujuannya, misalnya rekomendasi harga terbaik, tanggal booking yang tepat, hotel terbaik, tempat hangout, atau destinasi kuliner lokal terbaik. Rekomendasi ini dapat pengguna temukan di halaman hasil setelah melakukan pencarian tiket pesawat melalui situs Wego. “Semua rekomendasi ini berlaku hingga tiga bulan ke depan sehingga pengguna dapat lebih fleksibel dalam merencanakan perjalanan,” ujarnya.

Pada kuartal pertama 2019, Wego melakukan kampanye destinasi dengan Visit Britain. Kampanye ini adalah serangkaian kegiatan promosi destinasi dan festival di Inggris sebagai tujuan wisata. Kampanye ini berlangsung dari Januari – Maret 2019. “Kami menerapkan strategi digital awareness, digital activation, content marketing, dan offline activation untuk mempromosikan destinasi dan acara unggulan visit Britain,” ungkap James.

Masih dalam upaya menggarap pasar milenial, di Indonesia, Wego telah bekerja sama dengan beberapa pemain Agen Perjalanan Daring (Online Travel Agent atau OTA) besar seperti, Tiket.com, Nusatrip, Pegi-pegi, dan Arena Tiket. Tidak hanya tu, Wego juga bekerja sama dengan sejumlah maskapaii seperti Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, dan TransNusa.

Selama dua tahun terakhir, Wego mencapai pertumbuhan cukup baik dalam hal jumlah pengunjung dan pemasangan aplikasi di Asia Tenggara. Di tahun 2018, total pengunjung Wego meningkat 42% YoY, dengan rincian: di Indonesia naik 78%, di Singapura 16% dan Malaysia meningkat 38%.

Sementara itu, jumlah pemasangannya meningkat 198% di Asia tenggara, dengan rincian : di Indonesia naik 250% YoY, di Singapura 80% dan Malaysia 160%.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved