Survei Twitter: Utas Ulasan Produk Bantu Konsumen dalam Berbelanja

Menjelang pesta belanja, Twitter Indonesia mengungkapkan dalam surveinya bahwa 39% pembeli online di Twitter menjadikan belanja online menjadi kebiasaan selama pandemi. Riset ini juga menunjukkan adanya peningkatan percakapan seputar belanja di Twitter sebesar 175% hingga Juni 2021.

Country Industry Head Twitter Indonesia Dwi Adriansah, Selasa (31/8/2021) mengungkapkan, masyarakat memanfaatkan Twitter untuk menemukan dan mencari rekomendasi tentang brand tertentu, me-review produk di thread, dan mendiskusikan produk apa yang sedang ramai diperbincangkan.

“Pandemi telah memengaruhi pertumbuhan belanja online karena pergeseran perilaku konsumen yang telah menjadikan belanja online sebagai hal yang lumrah,” tutur Dwi.

Selain fakta di atas, temuan Twitter Indonesia lainnya yaitu sebanyak 23% pembeli online setia berpendapat bahwa berbelanja online memberikan mereka pengalaman yang sama dengan belanja di toko offline. Sementara itu, 25% pembeli online di Twitter mengatakan mereka akan terus berbelanja online bahkan setelah toko offline dibuka.

Twitter juga mendapati adanya sentimen positif pengguna Twitter di Indonesia untuk kondisi keuangan pribadi sebesar 23%. Sementara itu, 86% orang-orang di Twitter berbelanja online dalam enam bulan terakhir. Kebiasaan ini juga membuat 70% pembeli online di Twitter Indonesia mencari produk/toko baru secara online.

Selanjutnya, 31% warga Twitter mengatakan bahwa ulasan di Twitter membantu mereka memutuskan barang/brand apa yang akan dibeli. Informasi Twitter pun menyebar lebih cepat dan luas, terlihat dari pertumbuhan orang-orang yang membicarakan brand di Twitter yang meningkat sebesar 10% dan menghasilkan peningkatan penjualan 3%.

Twitter menjadi salah satu pendorong utama bagi konsumen untuk membeli produk secara online. Percakapan di Twitter membuat 51,3% pengguna cenderung membeli produk saat ada ulasan dari konsumen lain. Sementara 37,4% pengguna Twitter di Indonesia cenderung membeli produk ketika ada banyak ‘Like’ dan komentar bagus produk tersebut.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)