Management Trends

Tamasia Kolaborasi Grab Layani Tabungan Emas

Tamasia dan Grab berkolaborasi meluncurkan layanan keuangan dalam bentuk tabungan emas digital melalui mitra Grab Kios. Kolaborasi ini merupakan tindak lanjut setelah terpilihnya Tamasia dalam program Grab Venture Velocity (GVV).

Muhammad Assad, Co-founder & CEO Tamasia, mengatakan, kolaborasi ini akan memudahkan masyarakat dalam berinvestasi emas. “Kolaborasi ini juga akan membantu mitra Grab Kios untuk terus mengembangkan usahanya,” kata dia. Nantinya, mitra GrabKios bisa menjual tabungan emas Tamasia mulai dari Rp10 ribu yang akan dikonversikan dengan gram sesuai harga emas saat itu. Pembayaran bisa dilakukan melalui virtual account berbagai bank ternama, pembayaran instan seperti Ovo dan gerai ritel Alfamart.

Setelah itu, tabungan emas yang dimiliki dapat dicetak secara fisik dengan berupa logam mulia bersertifikat Antam, dengan pilihan ukuran 1, 5, 10, 25, 50, 100 gram. Emas tersebut dapat dikirimkan langsung ke alamat pelanggan GrabKios. Mitra juga bisa mengamati pergerakan harga emas yang diupdate setiap hari dan membagi pengetahuan tersebut kepada para pelanggan mereka.

Kerja sama ini memungkinkan Tamasia membantu para mitra GrabKios dalam memberikan layanan pengelolaan investasi berbasis syariah kepada para pelanggan. Karena Tamasia menggunakan stok emas fisik berupa emas logam mulia dari Antam, bukan emas trading atau gold paper yang tidak ada wujud fisiknya.

Sementara itu, Agung Nugroho, Head of GrabKios, mengatakan saat ini terdapat 2,6 juta wirausahawan mikro Grab Kios yang tersebar di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. “Mitra kami di daerah tentu terbantu dengan hadirnya Tamasia di aplikasi GrabKios, mereka bisa menjual tabungan emas dengan mudah dan terjangkau,” kata Agung.

Saat ini, 70% dari total pelanggan Tamasia adalah kaum milenial yang kebanyakan tinggal di wilayah perkotaan. Sementara masih banyak masyarakat yang belum memiliki tabungan emas, karena terhambat oleh akses dan ketersediaan. Berdasarkan data yang diperoleh GrabKios, platform ini berhasil membantu meningkatkan transaksi warung wirausaha mikro hingga 30%.

“Kolaborasi tersebut dapat menjadi momentum untuk dapat mengembangkan jaringan distribusi dan meningkatkan penjualan emas Tamasia di tahun 2020 nanti,” terang Assad.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved