Ada Grup Triputra dan Grup Mahaka di Rajamobil.com

Perkembangan e-commerce ternyata menarik perhatian Grup Triputra yang didirikan T.P. Rachmat dan Beyond Media (salah satu unit usaha Grup Mahaka). Mereka memilih marketplace di bidang otomotif yaitu Rajamobil.com.

Rajamobil bukanlah pemain baru di e-commerce. Di bawah bendara PT Raja Mobil Media berdiri pada 2012, sejak awal fokus menjadi situs yang diciptakan untuk menjawab kebutuhan pasar otomotif makin berkembang dan peningkatan konsumsi internet masyarakat Indonesia.

 

Mulai 2015, situs yang awalnya menyediakan informasi tentang otomotif saja ini, berubah menjadi platform marketplace mobil baru untuk membantu konsumen melakukan riset mobil baru, spesifikasi, harga serta menemukan penawaran yang dianggap paling cocok untuk konsumen pengunjung situs.

Platform website dari RajaMobil.com memudahkan pengunjung untuk membeli mobil dengan menyajikan banyak promo paket kredit dari sekitar 5000 salesman authorized dealer yang telah menjadi member Rajamobil.com. Ini membuat RajaMobil.com menjadi marketplace otomotif terlengkap dan aman bagi calon pembeli. Hampir semua brand mobil sudah tersedia di RajaMobil.com seperti Toyota, Honda, Daihatsu, Mitsubishi dan juga brand Eropa seperti Mercedes Benz dan BMW.

RajaMobil menunjukkan konversi penjualan yang siginifikan, tergantung dari negosiasi sales member yang sudah bergabung sebagai rekanan Rajamobil. Dalam setahun terakhir, Rajamobil sudah dapat menjual lebih dari 1.000 mobil baru atau sekitar 0,1% dari total penjualan mobil nasional. Dengan kepercayaan lebih dari 800 authorized dealer serta 5000-an sales dari authorized dealer.

Tidak heran dengan perkembangan Rajamobil yang menarik untuk prospek bisnis ke depan membuat Ideosource dan Stellar Capita serta beberapa pengusaha otomotif ternama lain tertarik membenamkan dananya di marketplace ini. “Berkembangnya dunia digital terutama di bidang otomotif saat ini, kami berharap masuknya beberapa investor dapat membantu RajaMobil.com menjadi yang terbaik di industri marketplace otomotif Indonesia,” ujar Robert Wardhana, Chairman Rajamobil.com. Robert menambahkan kehadiran RajaMobil diharapkan dapat memudahkan calon pelanggan untuk menemukan mobil impiannya secara online.

TP Rachmat salah satu investor di Rajamobil, menjelaskan, bisnis e-commerce terus berkembang dan di bidang otomotif bisnis seperti ini akan semakin penting di masa yang akan datang. Parameter untuk maju adalah customer yang selalu menggunakan layanan online seperti Rajamobil. Tak hanya TP Rachmat saja yang ikut terpikat dengan Rajamobil.Boy Thohir yang sebagai pemilik beberapa bidang usaha besar juga meleburkan diri sebagai salah satu Board Advisor. "Rajamobilmerupakan website asli Indonesia yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan,” tambah Boy . Selain dari beberapa investor yang tersebut di atas, Rajamobil juga mendapat support dari konsorsium beberapa diler ternama yang ikut tertarik menanamkan modal mereka.

“Salah satu alasan dari dukungan para investor kepada Rajamobil adalah, saat ini mereka melihat dominasi pemain digital asing yang mulai marak di Tanah Air. Baik dari Malaysia, Singapura, India, maupun Jerman. Mereka berharap Rajamobil dapat menjadi salah satu contoh perusahaan startup dalam negeri yang sukses di negeri sendiri,” kata Dien Wong, CEO PT Raja Mobil Media.

Dengan adanya pendaanan ini diharapkan dapat membantu Rajamobil untuk mengukuhkan posisi menjadi marketplace otomotif yang terbesar dan terlengkap di Indonesia melalui penguasaan pasar dan pengembangan produk. Sayang tidak mau disebutkan berapa dana yang masuk dari dua grup ini di Rajamobil. "Tidak bisa kami sebutkan, angkanya tujuh digitlah, yang jelas di atas US$ 1 juta. Dana itu akan kami gunakan untuk pemasaran dan untuk pengembang  produk dan teknologi baru,” kata Dien.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)