Agar Merek Ada di Posisi Teratas Google Search Ponsel

Agar Merek Optimal di Google Search

Di Indonesia, sebanyak 68% konsumen mengandalkan ponsel pintar saat mencari informasi mengenai pembelian mereka berikutnya.

Namun, pencarian tersebut harus berjalan tanpa gangguan, karena 53% konsumen tercatat akan meninggalkan suatu situs web jika halamannya membutuhkan waktu lebih dari tiga detik untuk dapat dimuat. Meskipun demikian, dibutuhkan rata-rata waktu sekitar enam detik untuk menampilkan sebuah halaman web seluler di Indonesia.

Google memberikan tips bagi pengelola merek agar mereknya mudah dicari dalam pencarian Google melalui ponsel pintar. Jason Tedjasukmana, Head of Corporate Communications Google Indonesia,  menjelaskan, makin terjangkaunya ponsel pintar dan jaringan data yang makin bisa diandalkan saat ini membuat masyarakat lebih mengandalkan ponselnya dalam mencari informasi apapun.

Kedekatan ponsel dengan kehidupan manusia telah mengubah lingkup pemasaran dari jalur linier (kesadaran hingga pertimbangan untuk membeli) menjadi jaringan dinamis yang tidak dapat diprediksi. Kita selalu mencari informasi yang relevan untuk membantu saat membuat keputusan – baik besar maupun kecil. Kini, pemasar digital dan brand dapat menjangkau orang, tepat ketika orang tersebut menginginkan atau membutuhkan bantuan, terlepas dari siapa konsumen tersebut atau di mana ia berada.

“Menjamurnya ponsel menjadi alasan utama mengapa para pemasar kini perlu berinvestasi untuk menyediakan pengalaman seluler terbaik bagi para pengguna. Penelitian telah menunjukkan bahwa pengalaman pengguna yang buruk dapat menimbulkan rasa cemas dan merek yang terlambat dalam pengoptimalan
penggunaan seluler akan jauh tertinggal,” kata Jason pada acara Google Search Unboxed (27/02/2019) di Kawasan Cikini.

Sebelum itu, pengelola merek harus memperhatikan beberapa pertanyaan penting: Seberapa cepat dan efektifkah pengguna dalam menemukan informasi di situs Anda? Seberapa jelaskah Anda dalam menampilkan produk Anda? Seberapa tegas ajakan Anda untuk pengguna pengguna agar bertindak? Apakah proses konversi dapat diselesaikan dengan mudah dan aman? Apakah halaman situs dirancang untuk pengguna seluler? Apakah waktu muat situs mengganggu keseluruhan pengalaman pengguna?

Sejumlah langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimalkan situs sebuah merek di pengguna seluler perlu diperhatikan hal-hal berikut. Pertama perhatikan kemudahan pencarian: Gunakan fitur pelengkapan otomatis untuk menganjurkan penelusuran populer, menyediakan fitur interaktif untuk menyederhanakan pencarian di situs web.

Kedua, memperhatikan halaman produk: Memastikan tingkat kredibilitas dan bantuan ulasan, memudahkan perbandingan produk. Ketiga, memperhatikan registrasi dan konversi: Memberikan rincian biaya di muka, memberikan opsi pembayaran yang disederhanakan.

Keempat, memperhatikan desain untuk seluler: Memberikan tajuk yang jelas serta konten yang ditata baik, memastikan semua nomor telepon dapat disentuh. Dan kelima, memperhatikan kecepatan pencarian dengan: Meringkas konten, meningkatkan kinerja server, melakukan penyimpanan (caching).

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)