Aplikasi Inrate Permudah Pengiklan Ketahui Rating

Hartana, CEO Inrate, menjelaskan tentang pentingnya rating

Rating, satu hal yang sangat penting jika berbicara tentang dunia pertelevisian. Dengan rating, stasiun televisi bisa melihat sukses tidaknya program-program yang mereka produksi. Bisa dibilang, rating adalah tolok ukur yang dijadikan acuan untuk mengukur seberapa banyak sebuah program ditonton oleh pemirsa.

Hartana, CEO Inrate, mengatakan rating biasanya berbanding lurus dengan jumlah pendapatan iklan, semakin bagus rating sebuah program maka semakin banyak iklan yang didapat. Menurutnya, sejauh ini para pengiklan hanya mendapat sebatas bukti tayang sebagai laporan bahwa iklan mereka sudah tayang, namun belum mendapat laporan mendetail tentang siapa saja yang menonton, dan sudah berapa kali ditonton.

Lalu dari mana mereka bisa yakin bahwa iklan yang mereka pasang sudah tepat sasaran ataupun sesuai dengan target pasar yang mereka bidik? Padahal data-data komprehensif yang menyangkut penayangan iklan di sebuah program televisi sangat diperlukan sebagai parameter tepat tidaknya strategi mereka dalam beriklan.

Karena itu aplikasi Inrate hadir untuk memberikan data-data tersebut bagi stasiun televisi, pemasang iklan, dan agency iklan. Nantinya pengiklan bisa memanfaatkan dukungan populasi 2,1 juta pelanggan UseeTV yang tersebar di 438 kota dan 34 provinsi se-Indonesia dan bukan sampling. “Posisi Inrate di market adalah sebagai komplemen dengan mandatory data kepemirsaan yang menyasar segmen ekonomi menengah ke atas,” jelasnya.

Perhitungan rating dilakukan berbasis penonton UseeTV dengan profiling Helix Persona dan smart profile. Helix Persona inilah yang memungkinkan untuk dilakukannya pengklasifikasian populasi penonton Indonesia menjadi 42 Persona dan 6 Komunitas, sehingga pengambilan data kepemirsaan akan lebih akurat. Untuk memperkuatnya, Helix Persona akan dipadu dengan smart profiling pelanggan UseeTV yang dihasilkan dari Big Data Analytics milik PT Telkom Indonesia.

Nantinya di dalam aplikasi web yang bisa diakses lewat inrate.id, informasi tentang iklan yang tayang di 15 saluran free to air nasional secara lengkap dan mendetail akan disajikan, dari mulai template, super impose, credit title, plasma, dll. Selain itu, tersaji informasi tentang rating, share, jumlah audience channel TV dan program acara TV secara harian, mingguan maupun bulanan berdasarkan jumlah general audience atau sesuai profile audience tertentu bisa didapat sesuai keperluan.

Data-data pendukung terkait pemasangan iklan dan rating televisi seperti analisis penonton, dan perpindahan channel bisa didapat oleh para pemilik merek dan agency."Data-data ini akan disajikan secara real time di dalam aplikasi web yang ramah pengguna," jelasnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)