Technology Covid 19

BCA, Layanan Perbankan Digital Melonjak di Masa Pandemi

I Ketut Alam Wangsawijaya, Executive Vice President Transaction Banking Businesses Development BCA.
I Ketut Alam Wangsawijaya Senior Vice President Transaction Banking Business Development PT Bank BCA

Satuan petugas keamanan atau Satpam PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) pada 15 Mei lalu sempat menyedot perhatian netizen lantaran dinilai bersikap ramah serta membantu nasabah. Cuitan warganet mengenai hal ini sempat menjadi trending topic di Twitter. Tagar #SatpamBCA yang awalnya diunggah akun @BanyuSadewa pada 15 Mei lalu di-retweet dan menjadi viral. Media arus utama pun menuliskan artikel mengenai keramahan para Satpam BCA itu. Manajemen BCA mengapresiasi unggahan netizen di dunia maya tersebut, dan menegaskan bahwa itu sebagai bentuk komitmen BCA dalam memberikan pelayanan kepada nasabah.

Peristiwa itu kian mengukuhkan BCA sebagai merek bank yang difavoritkan masyarakat. Perihal merek, BCA memang dikenal sebagai merek jasa keuangan perbankan yang populer. Di masa pandemi virus corona ini, BCA terpilih sebagai Brands of Choice in the Pandemic Era. “Hal ini memotivasi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan perbankan kepada nasabah setia BCA di Tanah Air,” kata I Ketut Alam Wangsawijaya, Executive Vice President Transaction Banking Businesses Development BCA.

Bisnis BCA fokus menggarap transaksi perbankan transaksi, kredit dan solusi keuangan korporasi, komersial, usaha kecil dan menengah (small medium enterprise/SME), dan konsumer. “Pada akhir Maret 2020, BCA melayani 22 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.252 kantor cabang, 17.607 ATM, layanan internet dan mobile banking, serta contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam,” Ketut menjelaskan.

Di masa pendemi, BCA mempertahankan kualitas pelayanan, misalnya dengan menyediakan layanan transaksi di rumah, menginisasi program bertagar #BankingFromHome dan # DiRumah Ajayang mendorong nasabah bertransaksi di rumah. Guna menyokong #BankingFromHome, BCA memperkuat platform perbankan digital, seperti pembukaan rekening online, peningkatan limit transfer internet banking individu (KlikBCA) hingga Rp 250 juta/hari, promosi secara konsisten aplikasi BCA Mobile untuk memudahkan transaksi keuangan yang dilakukan nasabah, serta layanan konsumen di platform digital yang siaga selama 24 jam.

Program #BankingFromHome, menurut Ketut, merupakan salah satu adaptasi yang dilakukan perusahaan di kala pandemi virus corona (Covid-19). Lantas, BCA menyodorkan pelayanan bernilai tambah yang memberikan benefit kepada nasabah. Berkahnya #RamadanDiRumah, misalnya, menawarkan beragam promosi dari marketplace, groceries, food and beverage, dan kesehatan.

Program di masa pandemi berdampak terhadap pertumbuhan volume transaksi nasabah di platform digital, antara lain transaksi di mobile banking BCA, KlikBCA, pembukaan rekening online, dan transaksi nontunai di QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) atau virtual account. “Per kuartal I/2020, layanan digital banking BCA menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu, antara lain jumlah transaksi mobile banking naik sekitar 91% atau sekitar 1.286 juta transaksi dan internet banking melonjak 24% atau sekitar 740 juta transaksi. Layanan pembukaan rekening BCA melalui pembukaan rekening online dan video banking mengalami peningkatan sekitar 35% selama pandemi,” papar Ketut.

Peningkatan layanan perbankan digital BCA itu, Ketut menambahkan, seiring dengan perubahan perilaku nasabah di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) alias social distancing. “Nasabah lebih nyaman untuk bertransaksi melalui BCA Mobile dan transaksi secara online,” katanya.

Ketut menegaskan, BCA senantiasa memenuhi kebutuhan nasabah yang berubah dinamis dan diselaraskan dengan perkembangan zaman. Di masa kenormalan baru (new normal), BCA meyakini nasabah bertransaksi layanan perbankan digital. “Agar memudahkan nasabah, kami selalu meningkatkan pelayanan digital banking,” ujarnya menegaskan. (*)

Sri Niken Handayani & Vicky Rachman

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved