Marketing Technology zkumparan

Cara Amartha Bangun Brand dan Edukasi Pasar

Cara Amartha Bangun Brand dan Edukasi Pasar

Startup fintech yang bergerak dibidang layanan pembiayaan usaha ultra mikro, Amartha, terus melakukan berbagai kegiatan sebagai upaya mengedukasi pasar mengenai finansial, investasi dan wirausaha.

Salah satunya adalah dengan menggelar Amartha Morning Coffee Session berkolaborasi dengan komunitas FemaleGeek, komunitas yang terdiri dari perempuan yang berkecimpung dalam dunia IT yang telah berdiri sejak 2016.

Tema yang diusung adalah “Cewek bikin startup, Why not?” dengan menghadirkan beberapa pembicara yaitu CEO Codigo.id, Rohalina, Founder Indonesia Flight, Marcella Einsteins, dan VP Operations Amartha, Nadhira Ayuningtyas.

“Acara ini merupakan salah satu cara dari Amartha untuk membangun minat dan menumbuhkan semangat entrepreneur di dalam diri para peserta” jelas Nadhira. “Juga bertujuan untuk membangun brand dan menginfokan tentang bisnis Amartha,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut Nadhira, juga bercerita tentang bagaimana Amartha bisa bertahan selama 7 tahun dan juga bagaimana beradaptasi dengan kompetisi yang ada. “Salah satu kunci dalam membangun bisnis yang sustain adalah dengan fokus dan konsisten,“ jelasnya.

Sejak berdiri tahun 2010 sebagai microfinance, Amartha berfokus untuk memberikan layanan keuangan untuk piramida terbawah di pelosok Indonesia, menghubungkan lebih banyak pendana urban dengan mereka sehingga kesejahteraan sosial bisa terlaksana. Setelah berubah menjadi TekFin ( Teknologi Finansial) P2P Lending di tahun 2016, Amartha terus konsisten dengan semangat Ekonomi Inklusifnya dan kini berhasil mendorong lebih dari 52.000 perempuan di pelosok Indonesia dan menyalurkan lebih dari Rp 140mMiliar.

Tentang pentingnya Fokus dalam membangun usaha juga ditekankan oleh Founder Indonesia Flight, Marcella Einsteins. Menurutnya, fokus membantu kita untuk mengatur waktu dan energi kita dalam membangun startups agar tidak kemudian jatuh hanya karena kita terlalu sering melihat apa yang pesaing kita lakukan. Hal lain yang penting diperhatikan adalah tentang pentingnya mencari Co-Founder atau team yang tepat.

Ditegaskan oleh CEO Codigo.id-Rohalina Gunara, mencari Co-Founder yang pas memang cukup sulit, namun penting untuk dilakukan. Tujuannya agar bisa membagi peran dalam membangun startups dan mempercepat pertumbuhan bisnis-jika dilakukan bersama partner dan tim yang memiliki visi dan misi yang sama tentunya.

Dalam acara kali ini, tema yang dibawakan cukup menarik minat para peserta dalam sesi kali ini. Sekitar 30 orang yang hadir dalam acara kali ini dan terlihat sangat antusias dalam menyimak dan mengajukan sesi tanya jawab. Para panelis pun memberikan sesi yang tidak hanya mendidik tetapi juga sebagai motivasi bagi para peserta untuk terus berkembang dan jangan pernah menyerah dalam membangun suatu usaha.

Rohalina juga sempat bercerita tentang bagaimana beliau berhasil membangun perusahaan yang menjadi impiannya dan bekerjasama sehingga produk yang dihasilkan dapat digunakan oleh khalayak banyak. Di sisi lain, Marcella juga berbagi pengalaman tentang latar belakangnya sebagai developer yang kemudian berhasil membawanya untuk membangun sebuah startup di bidang ticketing.

Editor: Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved