Technology

Shopee Gaungkan Kampanye Revolusi Mudik

Sophiee

Badan Litbang Kementerian Perhubungan memprediksikan tahun ini ada sekitar 25 juta orang Indonesia melakukan tradisi mudik untuk bisa merayakan hari Raya Idul Fitri bersama keluarga. Adalah kebiasaan keluarga Indonesia, membawakan buah tangan untuk keluarga tercintanya, atau barang pesanan yang tidak bisa dibeli di kampung halaman.

Nah, menangkap peluang bisnis itu, Shopee aplikasi market place asal Singapura mengajak para pemudik di Indonesia jangan terlalu repot memikirkan bawaan untuk buah tangan keluarga di kampung halaman. Dengan memanfaatkan program gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dari Shopee.

Rainal Lu, Direktur Pengelola Shopee Indonesia melihat budaya mudik ada di banyak negara. Ia yang keluarganya tinggal di Tiongkok, punya kebiasaan mudik saat Tahun Baru China ke kampung halamannya. Seperti orang Indonesia, ia pun suka membawakan barang kesukaan keluarga untuk oleh-oleh. Tapi kebiasaan baik itu justru merepotkan sebenarnya, ujar Lu, karena barang yang dibawa jadi banyak.

“Shopee mengajak masyarakat melakukan revolusi mudik, dengan tidak perlu lagi membawa-bawa barang titipan dari keluarga di daerah asal secara hand-carry yaitu dengan memanfaatkan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia, bahkan hingga Papua, yang ditawarkan dari pembelian jutaan produk berkualitas di Shopee. Bingkisan dan titipan lebaran bisa langsung dibeli dan dikirimkan ke kampung halaman.” ujar Lu.

Dari sini, Shopee mengajak pelanggan berpartisipasi dalam kampanye Revolusi Mudik yang merupakan wujud semangat berbagi di bulan Ramadan. Yaitu dengan memberikan perhatian khusus kepada mereka yang belum berkesempatan untuk memberikan sesuatu kepada orang-orang terkasih di kampung halaman. Ini dilakukan dengan meluncurkan Ramadhan Happiness Project. Jadi melalui official account di dalam aplikasi, Shopee bertanya ke para pengguna mengenai apa yang ingin mereka berikan, kepada siapa dan kenapa. “Dalam waktu hanya 72 jam, 23 ribu pengguna menyampaikan keinginan mereka dengan berbagai cerita yang menginspirasi,” ungkapnya.

Ia berharap, cerita-cerita dari pengguna Shopee ini menjadi inspirasi untuk masyarakat, bahwa bahagia bagi banyak orang diluar sana, bahagia itu begitu sederhana. Tidak perlu memberikan hal-hal yang mewah, kejutan kecil sederhana pun, bisa memberikan kebahagiaan tersendiri kepada mereka, terutama di momen lebaran ini.

“Kakek aku itu rajin shalat ke mesjid. Tapi sejak kena stroke, setiap ke mesjid harus ada yang nge-bopong, dan aku gak selalu di rumah. Makanya pas ditanya, aku pengen banget kasih kakek tongkat dari toko @alkesmedika di Shopee, biar kakek bisa jalan ke masjid kapanpun,” diungkapkan akun @anggitaseptiani, satu dari 2.000 cerita yang terpilih oleh Shopee.

Jadi dari 23 ribu keinginan yang masuk, Shopee telah menyeleksi dan akan mewujudkan keinginan 2.000 orang, di mana setiap barang yang mereka minta, Shopee langsung melakukan pemesanan ke penjual dan dikirimkan langsung ke rumah masing-masing.

Dalam kampanye revolusi mudik ini, Shopee menggandeng Bank Mandiri untuk mengadakan kampanye koleksi Pesta THR pada 20-30 Juni 2016, yang menawarkan diskon hingga 90% dan tambahan diskon 10% untuk para pengguna kartu kredit Bank Mandiri. Dalam koleksi ini, ada ribuan produk-produk kebutuhan lebaran, dari berbagai produk kategori, misalnya busana muslim, tas, kosmetik dan lain sebagainya.

Noorman Andrianto, Assistant Vice President Bank Mandiri, mengatakan, Shopee cocok dengan profil Bank Mandiri yang hadir untuk nasabah hingga ke Papua. Dengan bebas ongkos kirim ini, akan memudahkan pelanggan Shoppee, apalagi Bank Mandiri memberikan diskon hingga 90% dan tambahan diskon 10% khusus untuk kartu kredit Mandiri.

“Kami harapkan masyarakat, khususnya pengguna kartu kredit Mandiri bisa memenuhi kebutuhan keluarga untuk lebaran tahun ini, lebih hemat dan praktis, langsung diantar ke rumah tanpa harus ditenteng-tenteng ketika mudik, ditambah bebas biaya kirim,” ujarnya. Ia berharap dengan kerja sama ini bisa mendorong pembelian online dan menjadi edukasi bahwa belanja online itu aman dan mudah. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved