Technology

Gandeng Astra, Angkasa Pura II Hadirkan Layanan Digital di Bandara Soetta

Oleh Editor
Gandeng Astra, Angkasa Pura II Hadirkan Layanan Digital di Bandara Soetta
Penandatanganan MoU antara Astra Digital Internasional dengan Angkasa Pura II
Penandatanganan MoU antara Astra Digital Internasional dengan Angkasa Pura II (foto liputan6.com)

Dalam rangka digitalisasi layanan di bandara kelolaannya, PT Angkasa Pura II menggandeng PT Astra Digital Internasional. Astra Digital dan Angkasa Pura II sepakat menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) sebagai langkah awal dalam bekerja sama guna menghadirkan layanan di serba digital.

Penandatanganan MoU dilakukan Presiden Direktur PT Astra Digital Internasional Djap Tet Fa dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu 9 Oktober 2019.

Melalui MoU yang ditandatangani hari ini, Astra Digital nantinya akan menyediakan tiga layanan berbasis aplikasi di Bandara Soekarno-Hatta yaitu Cariparkir untuk memesan slot parkir reguler dan parkir inap khusus mobil. Selain itu juga ada aplikasi Movic untuk penyewaan mobil, dan Sejalan untuk memesan tiket bus.

“Astra Digital berinovasi dan memberikan pelayanan mobilitas yang berbasis digital di bandara. Jadi, masyarakat dapat menikmati kemudahan memarkirkan kendaraan, menyewa mobil, hingga memesan tiket bus melalui layar ponsel,” kata Direktur PT Astra Digital Internasional Paulus Bambang Widjanarko.

Astra Digital, akan melayani mulai dari CariParkir dengan valet parking dan servis kendaraan (CariServis), lalu Movic akan melayani melalui Airport Rent yang tersedia di Terminal 1, 2, dan 3. Kemudian Sejalan nantinya akan melayani pemesanan tiket bus di bandara.

“Semua ini untuk memberikan pengalaman digital yang membuat masyarakat nyaman ke bandara dan seru di bandara. Jangan lupa untuk merasakan kemudahannya dan makin sering bepergian,” kata Paulus.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan layanan Cariparkir, Movic, dan Sejalan ini sesuai dengan upaya perseroan dalam menghadirkan layanan berkonsep millennial travel experience di seluruh bandara yang dikelola termasuk Soekarno-Hatta. Melalui program milennial travel experience, peningkatan layanan di bandara-bandara Angkasa Pura II dilakukan dengan digitalisasi.

“Sekitar 60-70 persen penumpang pesawat di Soekarno-Hatta adalah generasi milenial sehingga tentunya Angkasa Pura II juga melakukan transformasi digital guna mengakomodir kebutuhan mereka. Di era digital ini penumpang butuh kecepatan dan kenyamanan, itu bisa didapat dari teknologi,” ujar Muhammad Awaluddin.

Ia berharap nota kesepahaman antara Angkasa Pura II dan Astra Digital ini dapat membuka kesempatan untuk berkolaborasi lebih luas lagi sehingga kedua pihak bisa menghadirkan layanan berbasis digital di Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” ujar Awaluddin.

Melalui transformasi digital, Angkasa Pura II terus melakukan upaya peningkatan pelayanan di bandara-bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura II. Digitalisasi yang dilakukan di samping demi peningkatan pelayanan juga diharapkan menjadi sumber pendapatan baru bagi perseroan.

“Angkasa Pura II tengah fokus mencari sumber pendapatan dari bisnis non-core dan salah satunya kami melihat adanya peluang untuk menjadikan area digital sebagai sumber pendapatan yang baru,” kata Awaluddin.

Sumber: Tempo.co


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved