Hai, Serial Online Bisa Jadi Placement Ampuh

anakartisBisnis masa depan memang ada di intenet. Dan konsumsi terbesar pada 2020 adalah video. Dalam acara Big Data Summit beberapa waktu lalu, Mohamad Rosidi, Deputy Director Solution Consulting Mobile Broadband Huawei Indonesia konsumsi video pada 2018 diperkirakan 60 persen dari pengguna internet dan angka itu anak naik menjadi 80 persen pada 2020. Bahkan AC Nielsen menyebut pengguna internet di Indonesia tertinggi se-Asia Tenggara.

Inilah yang ditangkap dengan tepat oleh Kapan Lagi Network (KLN). Tahun 2015, KLN sukses meluncurkan serial online berjudul #AnakArtis. Bagi Gen Y dan Gen Milenial yang akrab dengan internet tidak asing dengan serial online ini. Melalui jaringan situs yang dimiliki KLN, KapanLagi.com, Youtube dan microsite www.anakartis.com, tayangan serial online bisa dinikmati.

Sejak September 2015 diluncurkan, video online #AnakArtis sekuel pertama yang bertajuk ‘The New Royalty’ langsung mencetak lebih dari 7 juta viewer. Padahal, menurut Ben, KLN awalnya hanya mematok 5 juta viewer.

Ben Soebiakto, Direktur Pemasaran KLN mengatakan grup yang didirikan sejak 2003 ini berhasil menawarkan video serial online ini sebagai placement iklan. Ada tiga merek besar yang disebut Ben meramaikan serial online #AnakArtis ini yaitu Samsung Galaxy, Pond's dan Cornetto. Ketiga merek ini memang sesuai dengan sasaran pemirsa serial online ini yaitu para Gen Y dan Gen Milenial.

“Setidaknya Rp 2 miliar lebih nilai sponsor dari serial online ini bisa diraih,” ujarnya. Berbeda dengan acara di televisi dan bioskop yang ada batas masa tayang, serial online bisa dilihat berulang dan kapan saja. Maka itu serial pertama itu masih ditonton hingga sekarang. Penonton tidak sadar jika iklan itu hadir ditengah-tengah serial yang mereka tonton. Misalnya, para pemain anak artis dalam serial tersebut menggunakan Samsung Galaxy atau ada adegan mereka mengkonsumsi Cornetto. Sekuel kedua #AnakArtis, The Royal Relationship mulai tayang pada 18 April 2016 ini. “Kami menargetkan bisa mencapai 8 hingga 9 juta penonton,” ujarnya.

Sedikit berbeda dengan sebelumnya, pada season kedua kali ini, selain masih menampilkan para pemain lama seperti Shawn Adrian (putra Andi Soraya), Nadine Waworuntu (putri Ruth Sahanaya), Valerie Thomas (putri Jeremy Thomas), Brandon Salim (putra Ferry Salim), kali ini ada dua wajah baru anak artis yang siap menyapa para netizen yaitu Nadira Adnan (putri Enny Beatrice) dan El Rumi (putra Ahmad Dhani & Maia Estianty), menggantikan posisi Daffa Jenaro dan Stephanie Poetri (Putra dan Putri Titi DJ).

Ben sekuel #AnakArtis: The Royal Relationship melanjutkan kesuksesan season 1 yang berhasil meraih atensi Netizen dengan lebih dari tujuh juta viewers dan meraih bronze award di ajang bergengsi Citra Pariwara 2015 dalam kategori ‘Best Use of Digital Media’. Ia juga mengatakan #AnakArtis merupakan salah satu komitmen KLN dalam terus menggali kreatifitas dan membidik para insan muda yang akan menjadi bibit baru di dunia hiburan Tanah Air. Tentunya kami berharap #AnakArtis: The Royal Relationship dapat mengulang kesuksesan seperti season 1.

Dalam serial terbaru ini, #AnakArtis menampilkan Nadira Adnan dan El Rumi sebagai wajah-wajah baru yang dipercaya akan membuat season kedua ini lebih berwarna dengan menunjukkan talenta-talenta unik mereka. “Kedua anak muda berbakat ini kami pilih karena masing-masing memiliki keiistimewaan dan gaya hidup yang berbeda satu sama lain. Kami harap perpaduan karakter baru ini dapat melengkapi peran-peran yang sudah tampil sebelumnya”, tutur Ben.

Belum cukup akan hadirnya kedua sosok baru, #AnakArtis: The Royal Relationship juga menghadirkan beberapa bintang tamu yaitu Verrell Bramasta dan Carissa Perusset serta para Youtubers seperti Bayu Skak, Reza Nangin, Reza ‘Arap’ Oktovian yang akan membuat konflik para anak artis sebagai anak muda semakin bervariasi.

Dalam season 2 ini juga lebih dinamis ceritanya. Dalam sekuel ini, para anak artis sudah beranjak dewasa dan permasalahan dalam hubungan pertemanan maupun percintaan pun tak bisa dielakkan. Hal inilah yang diangkat menjadi tema dari serial kali ini. Para Netizen akan melihat langsung bagaimana mereka mengatasi kegalauan atau menghadapi konflik dalam sebuah hubungan namun sekaligus dapat merasakan energi positif yang keluar dari anak-anak artis ini.

Menurut Brandon Salim, dalam season ini perbedaan yang paling menantang adalah dirinya harus lebih bijaksana. “Saya harus belajar dan mempersiapkan diri untuk memasuki tahap lebih lanjut yaitu menjadi dewasa. Segala tindakan dan cara berpikir pastinya harus saya atur dengan lebih baik lagi," ungkapnya.

Sementara bagi El Rumi sebagai pemain baru, keuntungan terlibat dalam serial ini adalah dia tidak perlu berakting banyak karena peran yang ditampilkan disini seperti menjalani kehidupannya sehari-hari. “Harapan saya dengan tayangan ini semoga dapat menghibur para Netizen dengan kisah cinta remaja yang polos apa adanya," ujar El. Serial daring #AnakArtis: The Royal Relationship originally created by Aoura L Chandra, disutradarai oleh Sean Monteiro dan diproduseri oleh Ruben Adrian. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)