Kini Transaksi Online iPaymu Bisa di Indomaret

PT Inti Prima Mandiri Utama, pemilik merek dagang iPaymu - pemroses pembayaran jejaring pertama di Indonesia, semakin agresif menggarap pasar e-money. Salah satu langkah strategisnya dengan menggaet seluruh jaringan Indomaret untuk kemudahan transaksi penggunanya.

IpaymuIndomaret

Saat ini pengguna iPaymu, baik yang terdaftar sebagai penjual (merchant) ataupun pembeli dapat melakukan beragam pembayaran dan isi ulang (top-up) saldo melalui kasir Indomaret.

Mekanisme pembayaran praktis ini dapat digunakan oleh pembeli di semua toko online yang mencantumkan layanan pembayaran iPaymu via Indomaret. Pembeli akan mendapatkan notifikasi melalui email secara realtime dengan bunyi pesan: “Anda baru saja berhasil melakukan pemesanan pada merchant A.  Silakan lakukan pembayaran melalui kasir di Indomaret dengan menunjukkan informasi dibawah ini.”

Nah, dengan membawa notifikasi email tadi, pembeli bisa melakukan pembayaran di kasir Indomaret dan transaksi pun selesai dengan jaminan keamanan baik dari sisi merchant ataupun pembeli.

“Sistem pembayaran ini dimaksudkan untuk mengakomodasi dan menjembatani konsumen yang belum menggunakan iPaymu atau mereka yang unbankable, namun berkeinginan  melakukan transkasi online,” ungkap Iwan Himawan, GM  Marketing and Business Development iPaymu.

Mekanisme pembayaran semi-online ini dipercaya iPaymu sebagai salah satu kemudahan yang dapat dirasakan oleh pengguna iPaymu non-member.   Sedangkan untuk pengguna iPaymu berstatus member, maka pembayaran melalui Indomaret akan menambah varian accessibility dalam sistem pembayaran mereka.

Bagaimana cara top up saldo?

Selain bisa melakukan pembayaran, pengguna iPaymu juga  dapat melakukan  top up atau isi ulang saldo. Sebelumnya top up iPaymu dilakukan dengan tiga cara: mobile banking, internet banking, ATM.  Kehadiran layanan isi ulang saldo di seluruh jaringan Indomaret diharapkan bisa melengkapi sistem top up iPaymu yang  sudah ada sebelumnya.

Ketika Anda melakukan top up saldo di Indomaret, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama, masuk ke akun iPaymu. Kedua, pilih menu isi saldo sekarang. Ketiga; pilih menu isi saldo melalui Indomaret. Keempat, masukan  jumlah deposit yang Anda butuhkan dan ketik pin Anda, lalu tekan lanjutkan. Kelima, cek email notifikasi Anda yang berisi tentang detil permintaan deposit ke akun iPaymu Anda.  Selanjutnya  lakukan pembayaran melalui kasir di Indomaret dengan menunjukkan notifikasi email tadi.

“Kami berharap langkah ini bisa mempercepat migrasi dan budaya transaksi konvensional ke sistem online. Sehingga pengguna  iPaymu terbiasa melakukan top up, di manapun dan kapanpun berada dengan berbagai metode,” ungkap Iwan.

Dalam kesempatan yang sama, Pikukuh Tutuko,CEO iPaymu, mengatakan, iPaymu terus berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat dengan berbagai layanan inovatif agar terjadi percepatan dari budaya transaksi konvensional ke ranah online.

Prospek iPaymu

Sementara itu, Dr. Agung Harsoyo, pakar ICT dan pengamat  e-Money dari ITB meyakini pergeseran  transaksi konvensional ke online semakin nyata terlihat. Indikasinya pertumbuhan pengguna smartphone  dan internet semakin tinggi. “e-Money sangat dibutuhkan di Indonesia dengan sebaran penduduk di berbagai pulau. Ke depannya  model transaksi seperti iPaymu akan menjadi pilihan para konsumen,” ungkap Agung.

Agung menambahkan, jika melihat data, pasar e-Commerce dunia mencapai US$1,29 triliun, wilayah Asia Pasifik menjadi market share paling menjanjikan, disusul oleh Amerika Utara dan Eropa Barat.

Kementrian Komunikasi dan Informatika memprediksi pasar e-Commerce di Indonesia mencapai Rp130 triliun di tahun 2013 (kurang lebih 1 persen pendapatan dunia), setelah sebelumnya pada 2012 mencapai Rp69 triliun. Pertumbuhan belanja e-Commerce di Indonesia juga diperkirakan naik mencapai 71 persen, terbesar di dunia dengan nilai US$ 1,8 milar atau setara Rp18 triliun pada tahun ini.

Lebih spesifik  Agung mengatakan iPaymu memiliki potensi besar untuk menjadi pemain utama di bisnis e-money. Terlebih  Indonesia dihuni oleh sekitar 260 juta jiwa, kemudian industri kreatif dan usaha kecil menengah sedang tumbuh.

“Ini potensinya besar. Pasarnya ada, peluangnya terbuka, layanannya menjanjikan dan dibutuhkan. iPaymu punya potensi menjadi primadona dan menjadi pemain global yang disegani karena layanannya kredibel,”  ungkap Agung penuh optimis.

Satu lagi, lanjut Agung, yang menjadi daya tarik iPaymu adalah memiliki visi untuk memajukan usaha kecil menengah. “Ini sangat membanggakan. Apalagi iPaymu dibuat oleh generasi anak negeri. Mestinya masyarakat Indonesia lebih menghargai hasil karya anak bangsa, salah satunya dengan cara menggunakan layanan iPaymu,” ucap Agung penuh harap. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)