Kofera Sediakan Platform Otomasi Marketing Melalui SMS Tertarget

Kofera Technology, startup penyedia platform otomasi marketing asal Indonesia, meluncurkan produk terbarunya, Smartpromo. Smartpromo merupakan layanan SMS tertarget yang memungkinkan pengiklan mengirim SMS sesuai lokasi, provider, dan minat penerima SMS.

Berdasarkan data dari Mobile Marketing Watch 2014, di Indonesia terdapat 221 juta pemilik ponsel dan 112 juta pemilik ponsel pintar (smartphone). Namun, hanya 88,1 juta jiwa yang terhubung dengan internet. Sehingga, SMS marketing lebih menjangkau ke semua pengguna baik pengguna ponsel ataupun smartphone. Riset dari Business 2 Community 2015 menunjukkan bahwa SMS marketing memiliki 98% open rates (presentase terbacanya SMS) dibandingkan e-mail marketing yang presentasenya hanya 28-33%.

Dengan presentase yang tinggi, SMS Marketing lebih dibuka oleh pengguna dibandingkan e-mail marketing. Selain itu, link yang menuju website pengiklan yang dikirim via SMS memiliki Click Through Rate (CTR) 19% sedangkan link yang dikirim via e-mail hanya 3,2%. Artinya, pengiklan berpeluang untuk mendapatkan calon konsumen lebih besar. Hal ini menjadi peluang yang diambil oleh Kofera untuk mengembangkan produk otomasi marketing lainnya.

Smartpromo menggabungkan jutaan data panggilan seluruh Indonesia dengan sistem yang dimiliki oleh Smartpromo sehingga penerima SMS tepat sasaran. Data panggilan tersebut dikelompokkan berdasarkan lokasi, provider, dan 400 minat sehingga penerima SMS benar-benar sesuai segmentasi dengan target konsumen pengiklan.

Cara kerja Smartpromo adalah berdasarkan real-time targeted SMS dimana SMS marketing dikirim sesaat setelah penerima SMS melakukan panggilan ke nomor tertentu. Contohnya, pengiklan menargetkan penerima SMS dengan minat agen perjalanan. Maka, ketika target penerima SMS melakukan panggilan ke agen perjalanan, SMS marketing akan terkirim ke target penerima SMS tersebut.

Lalu SMS marketing dikirim berdasarkan riwayat panggilan target penerima SMS selama seminggu atau sebulan sebelumnya. Serta SMS marketing dikirim berdasarkan database yang dimiliki oleh pengiklan.

“Smartpromo merupakan salah satu produk favorit klien Kofera Technology. Sudah banyak klien kami baik perusahaan besar maupun UKM yang telah memanfaatkan Smartpromo untuk mempromosikan produk dan jasa mereka. Selain harga yang lebih terjangkau, SMS menjangkau target konsumen baik smartphone dan non smartphone (featured phone) user. Sehingga kesempatan untuk mendapatkan konsumen baru lebih besar, ” ujar Billy Andrian, Sales Director Kofera Technology.

“Dengan Smartpromo, kami berharap dapat membantu pengiklan memasarkan produk dan jasa dengan cara yang mudah dan sesuai dengan target konsumen. Dan tentu saja dengan tarif yang terjangkau,” ujar Bachtiar Rifai, CEO Kofera Technology.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)