Kolaborasi Tiga Institusi Ini Mendirikan Perusahaan Patungan

KREN, MCAS, dan MatchMove Pay dirikan perusahaan patungan. (Foto : Istimewa).

MatchMove Pay (MMP) menjalin kemitraan dengan PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN) dan PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) dengan mendirikan perusahaan patungan, PT Match Move Indonesia (MMI).

KREN dan MCAS masing-masing akan memiliki porsi saham sebesar 14,81% di MMI. Melalui jangkauan dan kemampuan KREN dan MCAS dalam digital economy Indonesia, kemitraan ini dinilai akan memperkuat digital cash platform MMP. Tidak hanya itu, jaringan distribusi digital MCAS serta keunggulan KREN dalam ekosistem digital, akan melengkapi layanan mereka dan mempertegas posisi kepemimpinan dalam pembayaran digital (digital payment) di Indonesia.

CEO MMP, Shailesh Nai,k mengatakan,  pihaknya menyambut baik sinergi dan berbagai peluang tak terbatas yang dihasilkan melalui kemitraan ini. “Kami siap mengantarkan international open loop capabilities ke dalam ranah digital wallet Indonesia, bersamaan dengan penerbitan kartu dan e-KYC (electronic Know-Your-Customer) ke dalam kios digital MCAS. Sehingga kami dapat selangkah lebih maju untuk mencapai misi menyediakan layanan finansial bagi unbanked population di Indonesia,” kata Shailesh dalam rilisnya, di Jakarta, Senin (27/11/2017).

Direktur Pelaksana KREN, Suryandy Jahja, menjelaskan, KREN sebagai digital business integrator, yang ditopang oleh tiga pilar bisnis, yakni Financial Markets & Fintech, Telecommunications, serta Retail & Consumer, memandang MMI sebagai satu bagian yang dibutuhkan KREN untuk memperkuat pilar pertamanya. MMI memiliki keunggulan baik dalam produk dan teknologi, jaringan bisnis yang lebih luas maupun pertumbuhan jumlah pengguna yang eksponensial. “Sementara itu, MMI juga diuntungkan dengan pemanfaatan infrastruktur digital dan ekosistem milik KREN, termasuk lebih dari 9 juta pengguna, untuk mempercepat penetrasi MMI ke pasar Indonesia," ukar Suryandy.

Direktur Utama MCAS, Martin Suharlie juga mengemukakan beberapa sinergi positif yang dihasilkan dari kolaborasi ini, "MCAS memiliki kesempatan untuk langsung masuk ke dalam bisnis customer loyalty sebagai penyedia tempat pertukaran (point of exchange) bagi beragam program point and reward yang dikeluarkan oleh MMI dan para mitranya. Tidak hanya itu, MCAS akan memiliki akses untuk melayani lebih banyak nasabah potensial, baik yang berasal dari MMI maupun mitra perbankannya. Nasabah MMI maupun pengguna MCAS tersebut akan mendapatkan pengalaman berbelanja produk digital dengan mudah dan tanpa batas. Melalui pemanfaatan jaringan distribusi MCAS, MMI dapat menjual kartu dan mengimplementasikan unique e-KYC model,"dia menguraikan.

Vickers Venture Partners, salah satu perusahaan venture capital di Asia, merupakan investor terbesar MMP yang merupakan perusahaan teknologi dengan pertumbuhan tercepat di Singapura dan salah satu perusahaan unggulan di dalam portofolio finacial technology atau fintech Vickers. Vice Chairman Vickers untuk Asia, Jeffrey Chi,  mengatakan kemitraan ini merupakan momen penting bagi perekonomian digital Indonesia. "Melalui kemitraan ini, MMI akan memperkuat jaringan MCAS dan KREN, serta memberikan pengalaman digital yang lebih baik kepada konsumen Indonesia sehingga mengubah tatanan interaksi dan transaksi digital di kawasan Asia," ucap Jeffrey.

 

www.Swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)