Pengguna Freelancer.com Capai15 Juta pada Kuartal I 2015

IMG_7370

Sebagai marketplace dan crowdsourcing yang namanya cukup diperhitungkan, Freelancer.com kembali menoreh reputasi baik. Per tanggal 2 Apri 2015, situs yang dipergunakan oleh profesional mencari pekerjaan lepasan itu, telah mencapai pengguna sebanyak 15 juta freelancer secara global. Lebih dari 7,4 juta proyek yang di-post-kan di Freelancer.com secara global, bernilai lebih dari US$ 2,2 miliar.

Indonesia sendiri, yang sudah memiliki jaringan platform freelancer.com dengan nama freelancer.co.id sebagai salah satu dari 4 negara yang tercepat pertumbuhannya dengan mengumpulkan 500.000 pengguna, sebelumnya baru terkumpul 60.000 pengguna pada tahun 2012.

Menurut Chief Executive dari Freelancer.com, Matt Barrie, pencapaian freelancer.com di kuartal pertama tahun 2015 ini sebagai pencapaian yang sangat luar biasa dan telah mengukir fase yang jarang dicapai pada tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk pengguna freelancer.com sendiri mayoritas berasal dari generasi millennial, yaitu generasi yang lahir dalam kurun waktu akhir tahun 70-an sampai awal tahun 90-an. Generasi millennial juga memiliki jumlah populasi yang terhitung sangat besar dan berada dalam usia produktif antara usia 20-30 tahun yang akan menjadi pendorong kamajuan para profesional masa depan bangsa,” ungkap Matt.

Matt melanjutkan, sebanyak 74% dari para pengguna Freelancer.com berasal dari generasi Millennial, sementara itu, 25% dari para penggunanya adalah pemilik bisnis perorangan, 21% mengidentifikasi diri mereka sebagai pekerja freelance profesional, 19% sebagai mahasiswa, dan 22% sebagai pegawai penuh waktu. 45% dari para profesional di platform tersebut memegang ijazah universitas, sementara 21% lulus tingkat master.

Freelancer.com diklaim telah berfungsi sebagai instrumen online yang membantu 65,7% populasi dunia yang berusia antara 15-64 tahun – rentang usia dimana Bank Dunia memperkirakan sebagai usia aktif secara ekonomi, dan merupakan pengguna internet aktif sebanyak 42,3% dari jumlah populasi di dunia atau sekitar 3 milyar orang.

Indonesia Country Manager dari Freelancer.com, Helma Kusuma, mengklaim kehadiran Freelancer.co.id telah membantu banyak start up di Indonesia dalam mencari para freelancer yang bisa dihandalkan, berkualitas tinggi dan bisa membantu mereka dalam membangun bisnis sendiri yang berdampak pada pengematan waktu dan materi.

Helma memprediksikan pada tahun 2018 nanti jumlah pengguna internet di Indonesia akan meningkat sampai 123 juta dari 93 juta orang yang mengakses internet saat ini. Apalagi di tahun 2030 nanti, Indonesia akan diprediksikan menjadi negara dengan perekonomian terbesar ke 7 di dunia. Maka, diperlukan pula para profesional dengan estimasi berjumlah 113 juta pekerja profesional. (EVA)

“Saat ini saja, dengan kondisi ekonomi Indonesia yang seperti sekarang ini, termasuk dalam negara perekonomian terbesar ke 16 di dunia dengan jumlah pekerja profesionalnya mencapai 55 juta orang,” ungkap Helma.

Lebih lanjut, Helma menjelaskan dengan perbedaan gaya hidup, freelancing menjadi opsi yang makin nampak dapat diakomodasi oleh para profesional, apalagi dengan kehadiran Freelancer.com semakin mempertajam keahlian mereka dan berkoneksi dengan para startup serta freelancer dan menghasilkan uang.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)