Lagi, Apple Serang Samsung di Ranah Hukum

Pertempuran Apple dengan Samsung, produsen smartphone Android asal Korea Selatan, tampaknya belum menemukan titik akhir. Apple yang mengklaim bahwa smartphone Galaxy Nexus melanggar paten mereka, meminta pengadilan federal di California memblokir penjualan perangkat tersebut di Amerika Serikat.

Berbeda dengan Apple yang memanfaatkan sistem operasi iOS keluaran 'pribadi', Samsung memanfaatkan sistem operasi Android milik Google Inc yang termasuk open source sehingga dapat dimanfaatkan oleh produsen handset manapun. Mungkin, khawatir tersaingi, Apple mengecam Samsung dan HTC, pengguna Android, di ranah hukum. Walaupun, tidak terkait sistem operasi. Yang terbaru misalnya, Apple mengklaim Galaxy Nexus melanggar paten terkait fitur-fitur favorit konsumen seperti kemampuan mengunci ponsel dengan menggeser gambar dan pencarian informasi via suara.

Di sisi lain, berdasarkan keterangan Reuters, juru bicara Samsung belum memberikan komentar apapun kepada pers. Dengan tuntutan terbaru itu, Apple kembali menyerang perusahaan Asal Korea itu setelah sebelumnya menuntut Samsung di pengadilan yang sama pada April tahun lalu. Di kasus sebelumnya, Apple menuduh Samsung secara ilegal menyalin fitur desain iPad dan iPhone serta menyontek icon layar Apple.

Kasus tersebut masih berlanjut meskipun Desember lalu, di persidangan awal, Apple kehilangan daya karena gagal melarang penjualan ponsel dan tablet Galaxy. Apple mengaku terjadi kemunduran saat itu dan segera mengugat Samsung atas produk baru mereka dengan kecaman paten yang berbeda. Selain kasus di California, pertempuran Samsung dan Apple berada di setidaknya 10 negara dengan 20 tuntutan hukum terkait smartphone dan tablet.

Apple kembali mengalahkan Samsung Electronics Co terkait jumlah pengapalan smartphone di kuartal terakhir, berdasarkan keterangan Strategy Analytics. Keberhasilan Apple didukung penjualan iPhone terbaru yang disukai masyarakat. Secara total, perusahaan mengapalkan 37 juta smartphone di tiga bulan yang berakhir pada 31 Desember 2011.

Apple meraup pangsa pasar 23,9% dan mengalahkan Samsung yang hanya mengapalkan 36,5 juta perangkat serta Nokia yang mengirim 19,6 juta smartphone di seluruh dunia dalam periode yang sama. Keberadaan iPhone 4S membantu Apple menangkis kompetisi si ranah smartphone atas kehadiran Samsung Galaxy S II. Apple yang berbasis di Cupertino, California itu sebelumnya melaporkan laba bersih kuartal pertama sebesar US$ 3,1 miliar.

Samsung sempat melaporkan laba bersih kuartal keempat sebesar 4 triliun won (US$ 3,6 miliar) dan beberapa analis menilai, kesuksesan Samsung dibantu oleh penjualan smartphone mengingat divisi televisi mengalami stagnansi. Terakhir kali Apple memegang posisi ‘raja’ pada kuartal kedua 2011. Di kuartal keempat ini, pangsa pasar Samsung sebesar 23,5% dan Nokia 12,6%.

Tags:
Apple Samsung

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)