Technology

Momen Ramadhan, Google Luncurkan Kartu Now

Momen Ramadhan, Google Luncurkan Kartu Now

Verronica Utami (tengah) Head of Marketing Google Indonesia

Verronica Utami (tengah) Head of Marketing Google Indonesia

Bulan Ramadhan jadi momen spesial bagi Indonesia, tidak hanya bagi pemeluk agama Islam yang mayoritas dianut orang Indonesia. Bulan istimewa ini juga dirasakan kebaikannya bagi pemeluk agama lain. Kesempatan yang menarik tersebut diakui oleh Head Of Marketing Google Indonesia, Verronica Utami sebagai momen yang tepat bagi Google untuk meluncurkan fitur terbaru ‘Kartu Now’ di fitur OK Google bahasa Indonesia.

“Indonesia adalah negara pertama yang menjadi tempat peluncurankan Kartu Now dan memang sengaja kami luncurkan pada momen Ramadhan ini karena banyak netizen yang mengandalkan Google untuk membantu rutinitas mereka sehari-hari,” ungkap Verronica saat peluncuran Kartu Now di Jakarta (29/6/2015).

Apalagi di bulan Ramadhan ini, banyak pencarian yang sering diakses oleh pengguna dan jarang ditemui pada bulan-bulan lainnya. Seperti pencarian ‘resep menu sahur yang simpel’, penjarian jadwal imsak dan maghrib serta playlist wajib ngabuburit yang terus populer selama dua minggu terakhir ini.

Bagi pengguna yang memiliki aplikasi Google App di ponsel berbasis Android terbaru akan mendapatkan pilihan dengan informasi yang dibutuhkan lewat Kartu Now dengan 3 pilar yang diusungnya. Pertama, pilar rencana, konten yang diberikan seputar jadwal imsak dan waktu adzan maghrib. Kedua, pilar makanan yang terdiri dari berbagai inspirasi resep makanan. Dan pilar ketiga adalah hiburan, yang memberikan informasi hiburan seperti video menarik yang layak ditonton saat ngabuburit.

Terobosan yang dilakukan Google ini, dijelaskan Verronica karena Google melihat pertumbuhan smartphone di Indonesia sangat tinggi dan netizen sangat mengandalkan ponsel mereka untuk menemukan informasi yang bisa membuat rutinitas mereka menjadi lebih mudah.

“Karena tujuan kami di Google sendir sangat sederhana, yaitu menciptkan produk yang bisa membantu mereka mengatasi hal-hal kecil sehingga mereka bisa fokus dengan hal yang lebih besar. Kami berharap Kartu Now terbaru ini dapat memberi pengalaman yang lebih baik lagi bagi netizen yang memakai aplikasi Google App untuk menemani keseharian mereka, ” terang Verronica.

Untuk memperlihatkan konten-konten terbaik selama bulan Ramadhan, Google bekerja sama dengan berbagai partner lokal seperti Kokiku TV, Band Lyla dan Noura, Cheryl Raissa serta melibatkan para youtuber yang biasa memberikan berita positif di internet.

Diakui Verronica, setelah Ramadhan berakhir kartu Now akan terus menghadirkan informasi yang relevan dengan pengguna di Indonesia seperti kartu cuaca, pencarian yang tengah menjadi tren di Google Indonesia dan berita-berita terbaru.

Sementara itu, Prodct Engineer Google, Joseph Kurachi Luk, menjelaskan, pemilihan peluncuran perdana di Indonesia karena ia menilai masyarakat di Asia khususnya Indonesia sangat peduli dengan sekitarnya. Tidak seperti di negara Amerika yang masyarakatnya cenderung individualis.

“Jadi kami memilih Indonesia karena aplikasi ini lebih cocok bagi masyarakat di Asia. Ke depannya setelah peluncuran perdana di Indonesia ini, negara yang dapat menikmati aplikasi ini selanjutnya adalah Jepang,” ujar Joseph. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved