Penjualan BlackBerry Z10 Tak Sesuai Harapan

BlackBerry meluncurkan dua telepon genggam terbaru tahun ini, yaitu Z10 dengan layar sentuh, diikuti dengan Q10 dengan tombol huruf mini yang menjadi favorit banyak pengguna Blackberry. Sayangnya, penjualan dua produk tersebut tidak sesuai harapan.

BlackBerry mengatakan telah mengirim 6,8 juta Z10 dan Q10 sepanjang  kuartal I tahun 2013. Angka tersebut lebih rendah dari pengiriman ponsel mereka di periode yang sama tahun lalu, yakni sebanyak 7,8 juta unit.

“Itu bukan pertanda baik bagi peluncuran Blackberry 10, terutama Z10. Bahkan dengan kerugian yang tercatat di kuartal kedua juga menjadi pertanda tak baik baik Q10,” kata Brian Colello, seorang pengamat di Morningstar.

Di sisi yang lain, saham BlackBerry juga terus anjlok setelah produsen telepon pintar tersebut merugi sebesar US$ 84 juta dalam tiga bulan terakhir. Angka ini lebih baik ketimbang kerugian sebesar US$518 juta di periode yang sama tahun lalu, tetapi lebih buruk dari prediksi pengamat.

Perusahaan berbasis di Ontario, Kanada ini juga memperkirakan akan mengalami kerugian operasi untuk kuartal berikutnya hingga September mendatang. Saham Blackberry di bursa New York Jumat (28/06) kemarin ditutup turun 28%.

Kepala eksekutif BlacBerry, Thorstein Heins, mengatakan mereka tetap melanjutkan untuk fokus pada penjualan global BB10 dan yakin ke depannya akan laku di pasar.

“Kami masih dalam tahap awal peluncuran, tetapi Blackberry 10 sudah menunjukkan ke pelanggan bahwa mereka sangat aman, fleksibel dan solusi perangkat bergerak yang dinamis,” klaim heins.

Perusahaan yang dulu bernama Reaserch in Motion (RIM) ini juga akan meningkatkan investasi untuk mendukung peluncuran produk baru dan layanannya dalam tiga kuartal mendatang. (Lila Intana/BBC)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)