Technology

Ramadhan Lebih Asik Bersama Kartu Now di Google App

Ramadhan Lebih Asik Bersama Kartu Now di Google App

Google Now Card_1

Indonesia tentu merupakan pasar penting bagi Google tentu dari sisi jumlah penduduk, plus masih banyak potensi yang bisa digarap mengingat penetrasi pengguna internet di sini masih terus berkembang. Maka itu fitur-fitur menarik yang sesuai dengan kondisi Indonesia dikembangkan Google guna membuat penggunanya lebih dekat dengan Google. Setelah meluncurkan fitur “OK Google” versi bahasa Indonesia, di bulan penuh berkah ini pengguna yang memiliki Google App di ponsel berbasis Android terbaru dapat menikmati fitur Kartu Now (Now Card).

Menariknya fitur Kartu Now ini pertama kali diluncurkan oleh Google di Indonesia. Disampaikan Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia, Kartu Now menjawab perubahan perilaku internet yang lebih banyak menggunakan ponsel pintarnya untuk searching apapun yang mereka ingin ketahui, penggunaan laptop atau PC dilakukan oleh kalangan tertentu untuk pekerjaan atau urusan sekolah.

Terlebih buat Kartu Now yang memang ada di ponsel pintar saja, bukan di PC dan laptop, ini sesuai dengan karakter orang Indonesia yang memang justru lebih dekat dengan ponsel pintar, karena salah satu negara dengan pertumbuhan ponsel pintar tertinggi dibanding PC dan laptop. “Orang Indonesia banyak sekali yang pertama kali bersentuhan dengan internet via ponsel, bukan di PC atau laptop, ini fenomena unik,” jelas Vero. Maka itulah pengembangan fitur Kartu Now cocok untuk pasar di Indonesia.

Menurut wanita yang lama berkarier di P&G sebelumnya ini, tujuan dikeluarkan Kartu Now agar pengguna Google App bisa mendapat informasi atau update lebih mudah dan asik. “Informasi cuaca dan traffic bisa terlihat langsung ketika klik aplikasi Google di hape,” ujarnya. Untuk di Indonesia, saat ini Ramadhan lebih asik dengan Kartu Now di Google, karena kita bisa melihat menu atau resep memasak yang enak buat buka dan sahur, mendengarkan lagu yang lagi hitz, berita terkini sesuai dengan kebiasaan pencarian berita pengguna ponsel tersebut, dan sebagainya.

Mengusung tiga pilar aktivitas: Rencana, Makanan dan Hiburan, Kartu Now di Google App akan memberikan informasi yang paling banyak dicari pengguna. “Kartu Now ini menyediakan info yang sesuai dengan yang menjadi minat pengguna ponsel. Google tahu itu, karena ada algoritmanya, tiap pengguna dari histori searching mereka,” tuturnya.

Nah, untuk Kartu Now edisi Ramadhan ini memang hanya ada di Indonesia. Mengapa? Veronica menuturkan Indonesia adalah pasar penting bagi Google dan dikenal sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbesar dunia. “Kartu Now bisa membantu keluarga Indonesia yang sedang di jalan, bagaimana bisa sampai di rumah sebelum buka puasa, kita harus berangkat jam berapa dari lokasi yang sekarang atau dari kantor,” jelasnya.

Atau ketika kena macet di lokasi tertentu, pas jelang maghrib, Kartu Now di aplikasi Google bisa menunjukan resto terdekat dari tempat tersebut agar buka puasanya tidak telat. Di Kartu Now juga terlihat informasi kapan matahari terbenam di lokasi tertentu. Untuk meramaikan Kartu Now pihaknya menggandeng beberapa pihak seperti Net. TV buat hiburannya, Kompas TV dan KokiTV buat resep masak, publisher musik dan sebagainya.

“Kami selalu ingin memberikan informasi yang diberikan berguna bagi pengguna, sesuai dengan kebiasaan user, itulah tujuan Kartu Now dikeluarkan,” katanya. Pihaknya mengeluarkan terobosan bukan sekadar tujuan uang. Lebih pada bagaimana lebih maksimal mendapat manfaat dari Google.

Mengapa sekarang diluncurkannya sedangkan Ramadhan sudah memasuki hari ke-15? “Sebenarnya sudah ada sejak menjelang Ramadhan, tapi memang peluncuran resminya baru sekarang. Pengguna sudah bisa menikmatinya sejak awal Ramadhan,” jawabnya. Tentang kelanjutannya, tentu ini berlanjut, informasi yang sesuai dengan pengguna akan selalu muncul setiap mereka membuka aplikasi google. Tentu saja informasi yang keluar lebih umum sesuai dengan profil penggunanya.

“Kami berharap Kartu Now terbaru ini akan memberi pengalaman yang lebih baik lagi bagi netizen yang mengguankan Google App untuk menemani keseharian mereka, karena tujuan kami di Google sangat sederhana, yaitu menciptakan produk yang bisa membantu pengguna mengatasi hal-hal kecil sehingga mereka bisa focus dengan hal-hal besar setiap hari,” tegas Veronica.

Untuk membangun awareness dengan pengguna Google memasang banner iklan di Eat&Eat, bis-bis TransJakarta, Commuter Line, seluruh jaringan Hipermarket (Hypermart, Carrefour, Giant), Blitz Megaplex, serta iklan di beberapa majalah. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved