Technology

Setahun Terakhir Penonton Youtube 93 Juta per Bulan

Sambil merilis Brandcast Delivered 2020 – acara tahunan yang diselenggarakan oleh YouTube yang dikhususkan bagi para marketer di Indonesia – YouTube juga menyampaikan bahwa menurut data dari ComScore VMX, ada 93 juta penonton unik di Indonesia berusia di atas 18 tahun yang menonton videonya setiap bulannya setahun terakhir. YouTube juga menyampaikan bahwa mereka telah meraih pencapaian kreator baru: kini ada 600 channel di Indonesia yang berhasil memperoleh lebih dari 1 juta subscriber.

“Setiap channel yang memiliki lebih dari satu juta subscriber kami sebut sebagai channel Gold button,” jelas Randy Jusuf, Managing Director, Google Indonesia. Ledakan channel ini tidak mungkin terjadi tanpa konten yang kaya dan beragam dari para kreator, yang berasal dari seluruh penjuru negeri, bukan hanya kota-kota besar.

Di Indonesia, waktu tonton untuk video tentang sains, humaniora, bisnis, dan hukum dalam rentang 12 bulan hingga Juni 2020, tumbuh lebih dari 80% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Penelusuran untuk “drama Korea”, “korea drama”, dan “drakor” juga naik 130% dalam 12 bulan hingga Juni 2020 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi kepada audiens, YouTube menyarankan agar para marketer:

Pertama, memanfaatkan populasi digital yang terus berkembang. Kedua, menjangkau setiap kategori konsumen, karena sekarang brand dapat memanfaatkan satu platform saja untuk menjangkau audiens berdasarkan minat dan passion-nya. Ketiga, mengeksplorasi berbagai format konten, karena kini ada banyak kategori konten yang semakin populer. Keempat, terus berinteraksi dengan konsumen karena mereka selalu mencari berbagai jenis konten baru

“Kami senang bahwa ada semakin banyak brand yang mulai menggunakan YouTube. Diharapkan, kami dapat membantu mereka menjangkau konsumen dengan cara yang spesial dan baru,” tambah Randy.

Kueri penelusuran untuk “baking”, “kue”, dan “cookies” melonjak 100% di penelusuran YouTube sekitar bulan April (selama PSBB), sehingga Frisian Flag membuat 17 video resep yang nikmat dan mudah diikuti dengan menggunakan susu bubuk Frisian Flag. Dengan menggunakan fitur baru di YouTube Search, video resep satu menit Frisian Flag ini dapat menjangkau pengguna yang mencari “kue” dan 6.000 kata kunci relevan lainnya.

“Dengan mendesain materi video yang relevan dan terinspirasi dari insight penelusuran resep, digabungkan dengan solusi seperti YouTube TrueView Discovery on Search, kami dapat mencapai hasil yang menggembirakan terlepas dari disrupsi yang disebabkan oleh COVID-19,” ucap Felicia Julian, Marketing Director Frisian Flag Indonesia.

Felicia menambahkan, respons penonton terhadap video satu menit yang ditayangkan pada Mei 2020 itu sangat baik. Secara rata-rata, pengguna menonton 90% dari setiap video, menghasilkan impresi 60% lebih tinggi dengan setengah dari biaya jika dibandingkan dengan kampanye sebelumnya

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved