Shinta Dhanuwardoyo, Ingin Jadi Pemain Kelas Dunia

Shinta Dhanuwardoyo Shinta Dhanuwardoyo

Kesuksesannya mendirikan sebuah perusahaan web development dan internet sejak tahun 1996 dengan nama Bubu.com, tidak membuat Shinta Dhanuwardoyo puas akan hal itu. Di tahun 2011, ia mulai menggelar IDByte, yakni sebuah acara rutin yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap startup digital di Indonesia. Acara tersebut digelar secara bienalle, dan di tahun 2015 ini merupakan kali ketiga IDByte dilaksanakan.

Kegiatan IDByte juga merupakan salah satu misi wanita kelahiran 18 Januari 1970 ini dalam membawa Indonesia ke ranah digital kelas dunia. Dalam perjalanannya bergelut dengan dunia bisnis digital selama 19 tahun membuat Shinta ketagihan.

Meskipun sempat lima kali gagal mendirikan perusahaan berbasis digital, tidak membuat Shinta Dhanuwardoyo menyerah. Berbekal keyakinanya bahwa media digital dan internet akan berkembang pesat, ia terus melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung perkembangan teknologi di Indonesia. Sebelumnya pada tahun 2001 ia juga membuat Bubu Awards untuk mengapresiasi para pelaku bisnis digital yang melakukan inovasi-inovasi terbaru.

“Sekarang sudah waktunya kita menjadi pemain kelas dunia di teknologi digital. Untuk itu edukasi sangat diperlukan dalam hal ini supaya kita tidak dihajar terus oleh teknologi dari luar,” ungkap Shinta di sela-sela diskusi bersama media mengenai IDByte 2015 (5/8).

Dalam menjalankan bisnis teknologi digital, Shinta mengaku banyak tantangan yang dihadapi, antara lain adalah ketidaktahuan masyarakat akan bisnis yang ia jalani. Artinya belum semua masyarakat di Indonesia mengerti tentang teknologi digital. Untuk itu bersama Bubu.com, Shinta berusaha memberikan edukasi kepada masyarakat tentang apa itu internet, apa itu website, dan sebagainya.

Tantangan yang kedua adalah dari internal perusahaan atau human resource. Tidak mudah bagi lulusan arsitektur University of Oregon Amerika Serikat ini untuk menyeleksi SDM yang kreatif dan berkompeten di bidang ini seperti programmer, designer, dan lain-lain.

Hingga saat ini Shinta sudah berhasil mendidik banyak sekali pemain industri digital di Indonesia, salah satunya adalah dailysocial.net, dimana pendirinya merupakan anak didik Shinta.

Kedepan Shinta berharap agar Bubu.com juga bisa menjadi pemain kelas dunia, dimana kliennya tidak hanya berasal dari Indonesia.

Berkat kontribusinya, Bubu.com saat ini telah menangani lebih dari 300 klien dan telah memiliki 60 orang karyawan. Bubu.com juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai Asia’s Top 100 most innovative companies dari Red Herring serta meraih Red Herring Asia Awards dan Global Red Herring Awards. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)