Sierad Produced, Klien Pertama Microsoft Dynamics AX 2012 for Retail

Microsoft menggandeng PT Sierad Produced Tbk. dalam peluncuran produk Microsoft Dynamics AX 2012 for Retail. Sik Wei Tjien, Direktur Keuangan PT Sierad Produced Tbk, mengumumkan bahwa perusahaannya adalah satu-satunya klien pertama Microsoft yang mengaplikasikan AX 2012.

Sesuai dengan visi perusahaannya, Sierad Produced ingin menjadi salah satu business food terbesar di Indonesia, sehingga dibukalah bisnis retail yang dasarnya tetap pada poultry. “Kami baru membuka store Bel-mart, salah satu anak turunan Sierad Produced yang berupa bisnis retail. Bisnis utama kami sebenarnya adalah poultry, yaitu jual makanan ternak, jual DOC, sampai dengan rumah potongnya,” katanya.

Menurutnya, Sierad Produced masih berada dalam satu line yang tetap konsisten yaitu line poultry. Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan konsumsi daging, dan kebutuhan protein hewani yang termurah adalah ayam. Karena kebutuhan dan konsumsi (terutama ayam) di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain.

Sierad Produced masuk dalam business food sejak 2009. Saat itu start dengan 3 store. Sedangkan, tahun 2012 ini sudah mencapai 50 outlet walaupun sebagian ada yang tutup. Posisi sekarang ada 49 toko di Jabodetabek. Karena bisnis retail ini boleh dibilang babynya Sierad Produces, karena hingga kini juga belum ada pengalaman di bisnis retail.

Dengan keahlian yang tetap fokus di jalur poultry, Sierad Produced berencana untuk mengembangkan Bel-mart dengan target 50 outlet setiap tahunnya. Bisa dibilang hal ini masih belum tercapai, karena Bel-Mart sendiri start dari 2009. Karena pentingnya strategi dari Sierad Produced untuk masuk ke dalam bisnis retail, manajemen menganggap bahwa tentu saja, mulai dari back office sampai business processnya, harus didukung dengan sistem yang baik.

 “Kebetulan Sierad Produced sudah membina hubungan baik dengan Microsoft sejak tahun 2003. Kami sudah pernah memakai AX 2003, sehingga tetap konsisten dengan planing dan percaya sistemnya ke Microsoft. Untuk itu, bisnis retail ini kebetulan di tahun 2009 Microsoft baru launching juga dan kami klien pertama,” tambahnya.

 Tahun 2010 Sierad Produced mulai menghidupkan AX Retail 2009. Kebetulan kemarin 22 Mei sudah upgrate migrasi dari AX Retail 2009 ke AX Retail 2012, yang dilaunching hari ini. Persiapan migrasinya hanya perlu waktu 2 minggu saja, karena kedua pihak telah memiliki kesiapan yang cukup,” terang Wei Tjien.

Ia mengklaim bahwa keunggulan dari AX Retail 2012 ini sudah “end to end”. “Sampai dengan finansial, controling, supply chain, maupun merchandaising, semua sudah dapat dikembangkan melalui AX Retail 2012 ini. Memang, penggunaan AX Retail ini masih basic, jadi fitur-fitur yang tadi dijelaskan di muka belum kita pakai secara fully utilized. Tapi, nantinya kami akan menggali recources yang ada di AX Retail 2012 ini, agar fiturnya dapat dipakai secara keseluruhan,” ungkapnya. (Gustyanita Pratiwi/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)