Technology

Social Bella Raih Pendanaan Seri D Sebesar US$ 40 Juta

Social Bella Raih Pendanaan Seri D Sebesar US$ 40 Juta

Social Bella Indonesia (Social Bella), melalui lini bisnis e-commerce kecantikannya Sociolla baru saja mendapatkan pendanaan seri D sebesar US$ 40 juta. Pendanaan ini dipimpin oleh EV Growth dan Temasek bersama para investor baru lainnya yaitu EDBI, Pavilion Capital, dan Jungle Ventures.

Co-founder dan Presiden Social Bella, Christopher Madiam, mengatakan, dengan pendanaan ini, pihaknya akan semakin memperluas jangkauan bisnis di industri kecantikan Indonesia melalui teknologi. “Beauty dan personal care di Indonesia itu terus meningkat sehingga kami ingin menjadikan ekosistemnya lebih baik lagi,” ujarnya.

Saat ini secara kumulatif sudah ada lebih dari 20,2 juta pengunjung yang telah bergabung dengan platform Social Bella sejak tahun 2018, baik melalui website Sociolla, platform SOCO, dan Beauty Journal. Ia menargetkan dengan pendaan ini akan ada 100 juta pengguna (unique visitors) ke dalam ekosistem terpadu kami, yaitu SoCo, Sociolla.com dan Beauty Journal pada tahun 2021.

“Dengan pendanaan ini, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak pecinta produk dan layanan kecantikan di Indonesia,” tuturnya.

Memulai bisnisnya sebagai salah satu e-commerce dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, kini Social Bella telah bertransformasi menjadi ekosistem kecantikan terlengkap melalui kehadiran tiga unit bisnisnya: Commerce (Sociolla), Media (So.Co dan Beauty Journal) serta Brand Development.

Co-founder dan CEO Social Bella, John Rasjid, menjelaskan bahwa pendanaan yang dikumpulkan dari seri terbaru ini akan dimanfaatkan untuk memperkuat kapabilitas sumber daya manusia (SDM) perusahaan, utamanya yang berkaitan dengan pengembangan teknologi.

Perusahaan juga akan berinvestasi lebih untuk membangun aset digital di SOCO. Dengan memfokuskan diri pada peningkatan kualitas user experience, platform ini mengintegrasikan Sociolla dan Beauty Journal guna menjawab kebutuhan wanita Indonesia akan pengalaman berbelanja yang lebih optimal, relevan dan personal. Hal ini memungkinkan kami untuk merambah ke segmen pasar yang lebih luas, mengakselerasi bisnis kami lebih jauh serta menghadirkan pelayanan kecantikan yang lebih komprehensif.

Co-Founder dan Managing Partner East Ventures, Willson Cuaca mengungkapkan, “East Ventures telah mendukung Social Bella sejak tahun 2015 melalui pendanaan awal (seed funding). Sejak saat itu, pihaknya melihat kesiapan dan kemampuan Social Bella dalam memimpin industri kecantikan di Indonesia. Social Bella terus melakukan inovasi demi menghadirkan produk dan pengalaman berbelanja yang berbeda. Karenanya, lewat kolaborasi strategis dengan pemain global seperti Temasek kami memutuskan untuk kembali mendukung Social Bella melalui seri pendanaan baru ini.

Sebelumnya Social Bella menutup pendanaan seri C yang dipimpin oleh EV Growth, joint venture dari East Ventures), SMDV, dan Yahoo! Japan Capital. Istyle Inc., perusahaan beauty-tech yang terdaftar secara publik di Jepang, dan UOB Ventures juga berpartisipasi dalam seri pendanaan seri C di tahun 2018.

Ke depannya, Social Bella akan terus mengembangkan sebuah ekosistem digital yang dirancang khusus dengan tiga pilar utama, yaitu commerce, konten, dan komunitas. Christopher melanjutkan, “Melalui kerjasama strategis yang kami miliki dengan para investor, kami dapat terus membangun ekosistem beauty-tech yang terus berkembang pesat,” katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved