Solusi Cerdas Dahua untuk Mendukung Indonesia Smart City

Konsep smart city atau kota cerdas sudah diterapkan di berbagai negara. Di beberapa kota di Indonesia, smart city diyakini bisa menyelesaikan berbagai masalah urban seperti kemacetan, penumpukan sampah, dan yang paling utama adalah keamanan warga.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, selama periode 2013 saja, setiap 1 menit 32 detik terjadi satu tindakan kriminal di Indonesia. Sementara itu dari 100.000 orang di Indonesia, 140 orang di antaranya berisiko terkena tindak kejahatan (crime rate). Angka-angka ini didasarkan pada laporan yang masuk ke Kepolisian. Hal tersebut dapat menjadi gambaran masih rendahnya tingkat keamanan di Indonesia.

Dengan data dan fakta yang dapat dilihat tersebut, Dahua Technology (Dahua) sebagai perusahaan penyedia CCTV dan perangkat keamanan terbesar kedua di dunia dan pemilik 770 paten dalam bidang video surveillance , terus menerus mengembangkan teknologi dari produk-produk mereka yang sangat cocok untuk diaplikasikan diberbagai fasilitas publik seperti jalan raya, terminal/stasiun, bandara, pusat keramaian & perbelanjaan, gedung komersial serta gedung pemerintahan.

Pada kesempatan ini Dahua dan PT Pasifik Teknologi Indonesia (PTI) selaku distributor tunggal di Indonesia, mengadakan acara gathering untuk para System Integrator (SI) berlokasi di Hotel InterContinental MidPlaza Jakarta. Partner partner SI akan diperkenalkan kembali dengan teknologi beserta solusi yang ditawarkan oleh Dahua.

“Salah satu teknologi unggulan yang ditawarkan dalam acara ini untuk menjawab permasalahan kemacetan serta traffic control di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya adalah teknologi “License Plate Recognition”. Teknologi in berfungsi untuk menangkap gambar (screenshoot) dan mengenali nomor plat kendaraan. Salah satu contoh penerapan teknologi ini adalah, kamera ini dapat dipasang diperlintasan lampu merah, sehingga apabila terjadi pelanggaran lalu lintas kamera, akan secara otomatis meng-capture dan mengenali siapa pemilik kendaraan tersebut yang melakukan pelanggaran, pastinya hal ini akan sangat membantu melakukan kontrol lalu lintas dengan konsep pemerintah yang mulai menerapkan tilang online,” ujar Juan Andreas, Marketing Manager PTI.

“Teknologi lain yang juga mendukung program Smart City adalah Face Recognition. Dengan teknologi ini kamera mampu mengenali wajah seseorang yang memungkinkan untuk mengetahui identitas, memblokir akses dan laporan yang memudahkan kita untuk menemukan seseorang di suatu tempat pada area yang sudah terpasang kamera dengan Face Recognition.”ujar Iqbal, Presales Manager PTI.

Desmanto, salah satu partner SI dari Medan mengatakan, dengan solusi dari Dahua yang lengkap dan berkualitas, memudahkan untuk diaplikasikan ke dalam berbagai macam proyek. Hal senada juga diungkapkan oleh Rudi Sugianto dari PT Tetrasetia Indonesia, "Sudah ada beberapa proyek kami yang sudah sukses maupun masih berjalan. Pengalaman selama ini baik karena produk serta dukungan berkualitas. Saya menantikan tipe - tipe terbaru keluaran Dahua yang lebih bagus lagi,” jelas Rudi.

Ke depannya untuk menjaga hubungan dan kerja sama yang baik dengan para partner yang berada di Indonesia serta pengenalan akan teknologi terbaru dari Dahua, acara seperti ini akan terus diadakan secara berkala setiap tahunnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)