Technology Trends

Solusi Kognitif IBM Watson Manfaatkan Data Digital

Solusi Kognitif IBM Watson Manfaatkan Data Digital

Strategi IBM untuk mengenalkan solusi kognitif melalui IBM Watson pada berbagai perusahaan dan industri di dunia, didorong oleh keinginan mengolah dan menganalisa dark data. Sebanyak 80% data yang ada di dunia adalah dark data dalam bentuk tulisan, video maupun gambar. Dalam praktiknya, seringkali ketika melewatkan data-data ini, yang sebenarnya bisa membantu kinerja industri maupun perseorangan.

Louis Richardson, IBM Watson Story Teller dan Al Novam, Country Managers for Hardware

IBM menyadari perlunya pendekatan baru yang mampu mengolah dan menganalisa data tersebut untuk memberikan keuntungan bagi siapapun yang mengaksesnya. Dengan IBM Watson, solusi kognitif dari IBM yang mampu mencari dan menganalisa jutaan data dan memberikan rekomendasi bahkan solusi untuk berbagai macam situasi

Gunawan Susanto, Presiden Direktur IBM Indonesia memaparkan, dari keberagaman data itu sangat berguna bila dapat diolah secara maksimal. Dengan IBM Watson sebuah solusi kognitif yang kami miliki, kami percaya bahwa data-data tersebut, termasuk dark data, dapat dimanfaatkan oleh perorangan, perusahaan dan organisasi secara maksimal untuk mencari solusi yang efektif. Sudah saatnya Indonesia menjalankan tahap selanjutnya dalam transformasi digital.

IBM Watson mampu mengerti jutaan data, termasuk yang dianggap dark data mulai dari buku, email, tweet, jurnal, gambar, suara, dan video yang kemudian memberikan rekomendasi dan saran bagi yang menggunakannya. Sama seperti kemampuan kognitif manusia, IBM Watson mampu menginterpretasikan data dan mempelajari setiap interaksi yang ada. Ketika kemampuan kognitif dan kemampuan teknologi bergabung, IBM Watson bukan hanya menjadi “pencari data” melainkan konsultan dalam mencari solusi.

Secara internasional, kemampuan IBM Watson juga telah digunakan dalam 29 Industri di 36 negara, termasuk dalam industri kesehatan dan life science. Di Indonesia sendiri, sebagai langkah pembuka dalam implementasi solusi kognitif untuk healthcare, IBM Indonesia menjajaki kerja sama inovasi dengan O2 Medicare untuk memajukan kesehatan di Indonesia.

O2 Medicare adalah aplikasi yang memudahkan akses layanan kesehatan dimana para pelanggan bisa membuat janji dokter, cek rumah sakit terdekat dan mendapatkan informasi kesehatan dimana saja dan kapan saja. O2 Medicare adalah nama baru dari Hospitaloka yang merupakan pemenang untuk kategori professional dalam ajang IBM Linux Challenge yang diadakan pada September 2016.

“Kerja sama O2 Medicare dengan IBM saat ini pada tahap pengembangan infrastruktur dan kegiatan marketing untuk memperkenalkan solusi ini kepada masayarakat atau industri healthcare seperti yang kita lakukan saat ini. Tanpa adanya solusi infrastruktur perangkat keras yang handal, akan kurang maksimal untuk memproses data yang menggunakan layanan kami,” ungkap Emanuel Setio Dewo, pendiri IT Corp, Hospitaloka.

“Kedepannya kami berharap kerja sama ini dapat membuka jalan bagi implementasi solusi kognitif IBM pada layanan medicare, serta memanfaatkan data untuk memaksimalkan efektifitas sektor kesehatan di Indonesia,” kata Gunawan.

Editor : Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved