Strategi Pemasaran Grab di Bulan Puasa

(Kiri) Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia. (Foto : Grab)

Grab meluncurkan kampanye pemasaran bertajuk #BahagiaituDekat untuk menyambut bulan suci Ramadan 1439 H.

Pada kampanyenya, Grab Indonesia berusaha menyampaikan pesan-pesan yang kental akan semangat kebersamaan. Grab mengajak dan melibatkan seluruh pengemudi transportasi online dan termasuk dari platform berbeda, untuk menanggalkan perbedaan mereka dan menikmati kebahagiaan di bulan Ramadan ini bersama-sama.

Hal tersebut merupakan aksi nyata yang coba dilakukan Grab di bulan Ramadan ini. “Tema kampanye #BahagiaituDekat kami pilih untuk menghidupkan semangat Ramadan dan merupakan perpanjangan dari DNA brand Grab sebagai penghubung. Lebih dari sekedar transportasi yang aman, nyaman dan terjangkau,” ungkap Mediko Azwar, Marketing Director Grab Indonesia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta pada awal pekan ini.

Salah satu cara yang dilakukan oleh Grab adalah berkolaborasi dengan grup musik yang beranggotakan mitra pengemudi ojek online dari platform yang berbeda termasuk Grab, Geng Ojol, untuk meluncurkan single berjudul ‘Bahagia Itu Dekat’ yang bercerita tentang semangat dan ketulusan bekerja keras. Lagu ini diperuntukkan bagi para pengemudi transportasi online untuk tetap semangat dalam bekerja. Lagu tersebut dapat dinikmati melalui akun YouTube Eka Gustiwana dan akun Facebook resmi Grab Indonesia mulai 21 Mei.

Selain kolaborasi seni, melalui #BahagiaituDekat, Grab juga berusaha menyerukan semangat kebersamaan lewat kegiatan berbagi bingkisan takjil ke sesama mitra pengemudi transportasi online dan konvensional juga bingkisan lebaran kepada mitra Grab di Jabodetabek. Selain itu diselenggarakan juga kontes media sosial #BahagiaituDekat yang mengajak masyarakat untuk mengabadikan momen kebersamaan mitra pengemudi ojek yang tengah bersama dan menikmati momen kebahagiaan pertemanan dalam perbedaan.

Kampanye yang berlangsung selama sebulan penuh ini juga akan didukung dengan peluncuran 31 video berbeda yang akan ditayangkan setiap hari di akun resmi Youtube Grab Indonesia di Grab Official dalam Youtube Playlist #BahagiaItuDekat. Seluruh video tersebut menggambarkan upaya Grab untuk selalu mendekatkan setiap kebahagiaan ke hadapan pengguna, dari hari pertama ramadhan hingga Lebaran.

Di sisi lain, Grab juga mengumumkan peluncuran upaya keselamatan terbaru untuk meningkatkan keselamatan para penumpang di Indonesia. Sebagai bagian dari upaya terbaru ini, Grab meluncurkan tombol SOS yang dapat diakses melalui satu kali sentuhan dan saat ini tersedia untuk seluruh penumpang di Indonesia. Fitur ini merupakan yang pertama di Indonesia. Grab juga memperkenalkan kebijakan Know Your Driver-Partners (KYP) terbaru untuk memastikan validitas dokumen pendukung dan syarat kendaraan milik para mitra pengemudi. Baik tombol SOS maupun kebijakan KYP merupakan bagian dari upaya yang diambil untuk memperluas inisiatif keamanan Grab yang ketat, yang telah diusung oleh perusahaan sejak awal.

Sejak didirikan, Grab telah menjalankan berbagai program untuk meningkatkan keselamatan para penumpang dan mitra pengemudi, termasuk pelatihan berkendara aman bagi para mitra pengemudi GrabBike dan penarikan data terkait keamanan berkendara melalui machine learning. Program keselamatan ini sangatlah penting mengingat bahwa kecelakaan lalu lintas merupakan satu-satunya penyebab kematian yang tidak terkait dengan masalah kesehatan dalam daftar 20 penyebab kematian tertinggi di Indonesi.

Hasil dari berbagai program keamanan tersebut tercermin melalui turunnya angka insiden fatal yang terjadi di platform Grab. Pada 2017, inisiden fatal yang terjadi di platform Grab mengalami penurunan signifikan dari 0.56 per 100 ribu pengguna aktif pada 2015 menjadi 0.11 pada 2017. Angka ini jauh lebih rendah dari angka nasional yaitu 16.64 per 100.000 dari total populasi. Selain itu, angka insiden yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas minor, Grab hanya mencatat 2.95 insiden per 1 juta perjalanan, mengkukuhkan posisinya sebagai moda transportasi teraman di Indonesia.

Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia, mengatakan , pihaknya meluncurkan tombol SOS pertama bagi para penumpang dan kebijakan KYP baru sebagai bagian dari peningkatan keamanan yang utama yang akan memberikan manfaat bagi para pelanggan. “Keselamatan penumpang adalah prioritas utama kami. Saya sangat bahagia mengumumkan bahwa fitur tombol SOS dan pemeriksaan keamanan akan ditambahkan,” ujar Ridzki.

Selain fitur tombol SOS yang baru, Grab juga merupakan perusahaan ride-hailing satu-satunya yang secara ketat menerapkan prinsip KYP bagi para mitra pengemudi GrabCar dengan tujuan meningkatkan aspek keselamatan para penumpang. Melalui proses KYP ini, Grab akan memeriksa seluruh dokumen fisik yang dimiliki oleh para mitra pengemudi (KTP, SIM, STNK, dan SKCK), serta menemui mereka secara langsung. Grab juga melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kendaraan milik mitra pengemudi. Saat ini, proses terbaru ini sedang diterapkan pada 7 kota besar di Indonesia, yang selanjutnya akan diterapkan di kota-kota lainnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!