Technology

Tangkap Peluang di e-Commerce, Grup Indivara Luncurkan Sapphire

Tangkap Peluang di e-Commerce, Grup Indivara Luncurkan Sapphire
Suasana booth Indivara di IESE 2016

Suasana booth Indivara di IESE 2016

Bisnis e-commerce makin seksi. Data Bank Indonesia menunjukkan nilai transaksi e-commerce pada tahun 2014 mencapai US$ 2,6 miliar atau setara dengan Rp34,9 triliun. Indonesia menempati posisi pertama di antara negara-negara ASEAN untuk nilai transaksi dan pertumbuhan. Thailand menempati posisi kedua dengan penjualan di kisaran US$ 1,1 miliar, dengan perkiraan pertumbuhan rata-rata tahunan sebesar 19 persen. Sedangkan Singapura di peringkat ketiga dengan total penjualan US$ 860 miliar, CAGR sebesar 13 persen. Euromonitor memperkirakan rata-rata pertumbuhan tahunan (CAGR) penjualan online di Indonesia selama 2014-2017 sebesar 38 persen.

Presiden Joko Widodo telah menegaskan bahwa industri e-commerce Indonesia yang semakin berkembang menjadi salah satu pendorong utama bagi Indonesia untuk menjadi digital powerhouse terbesar di Asia Tenggara. “Kami ingin mendorong Indonesia menjadi negara berbasis ekonomi digital. Sebab potensinya sangat besar sekali dengan melihat perubahan signifikan e-commerce,” ujarnya.

Hanya saja, dibandingkan dengan total perdagangan retail, penjualan e-commerce di Indonesia hanya menyumbang 0.07 persen. Artinya, pasar e-commerse Indonesia berpeluang untuk tumbuh semakin besar. Apalagi dengan jumlah penduduk dan tingkat produk domestik bruto (PDB) terbesar di ASEAN.

Perkembangan Indonesia menjadi raja e-commerce ASEAN tidak lepas dari tumbuhnya pengguna internet yang mencapai 88,1 juta. Ditambah dengan pengguna sosial media sebanyak 79 juta dengan jumlah penduduk 259.1 juta jiwa. Potensi inilah yang menjadi daya tarik para pelaku e-commerce.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi berpesan agar pelaku e-commerce di Indonesia secepatnya mengejar ketertinggalan dengan e-commerce negara lain. Pesan lain Jokowi, agar e-commerce di Indonesia terus meningkatkan layanan yang lebih baik, memberikan keamanan, kecepatan sehingga konsumen benar-benar merasa nyaman ketika belanja online.

Indivara, group perusahaan penyedia platform aplikasi berpartisipasi dalam Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE) pertama di Indonesia yang digelar di ICE BSD, bersama-sama dengan lebih dari 100 pelaku e-commerce yang merupakan ujung tombak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dalam kesempatan ini, Indivara group membawa Sapphire, platform terpadu untuk industry e-commerce yang baru saja diluncurkan di April ini.

Ketut Adi Yogiswara, Marketing Communications and PR Manager Indivara Group, di ajang IESE 2016, mengatakan bahwa industri e-commerce menghilangkan batasan akan akses masyarakat terhadap suatu produk atau jasa. Indivara pun berusaha mewujudkan apa yang dipesankan oleh Presiden Jokowi melalui produk-produknya yang berkualitas.

“Dengan adanya teknologi pendukung seperti yang Sapphire tawarkan diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan dalam berbelanja. Selain itu dengan layanan terpadu yang ada di dalam Sapphire, pelaku e-commerce dapat dengan leluasa dan kreatif menerapkan program-program pemasaran yang unik dalam usaha menjaring pelanggan lebih banyak lagi,” jelasnya.

Sapphire sendiri merupakan platform yang sangat fleksibel untuk dikustomisasi menyesuaikan dengan keinginan klien. Misalnya, klien ingin antarmukanya mirip dengan nuansa dari corporate indentity-nya atau sesuai dengan generalisasi target pasarnya itu semua bisa diakomodir oleh Sapphire. Selain itu Sapphire adalah white-label brand, jadi klien yang ingin menggunakan platform ini dapat merubah namanya sesuai dengan merek mereka sendiri. Versi mobile dari platform ini sudah dapat digunakan pada smartphone berbasis Android.

Dalam event yang berjalan selama 3 hari ini, menurut Ketut, Sapphire berhasil menarik perhatian ratusan pengunjung pameran yang pada dasarnya membutuhkan solusi platform e-commerce terpadu, yaitu platform yang dapat memenuhi kebutuhan mereka baik dari sisi display(tampilan produk), transaksi, pembayaran dan memfasilitasi customer loyalty program serta program promosi mereka. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved