Targetkan Pertumbuhan 30%, Fuji Xerox Hadirkan 12 Printer Baru | SWA.co.id

Targetkan Pertumbuhan 30%, Fuji Xerox Hadirkan 12 Printer Baru

Fuji Xerox Printer Channel (Fuji Xerox) meluncurkan 12 printer baru sekaligus. Peluncuran ini ditargetkan dapat memuluskan target penjualan 2015, yaitu sebanyak 50 ribu unit. Keduabelas produk ini diharapkan dapat memberikan kontribusi 50% untuk pencapaian target penjualan 2015. Target ini lebih tinggi 30% dibandingkan tahun lalu, di mana Fuji Xerox berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 40ribu unit pada tahun 2014.

Fuji Xerox Luncurkan 12 produk baru

"Target penjualan kami tahun ini sebanyak 50 ribu unit. Target tersebut 30% di atas penjualan kami lalu, yaitu sebanyak 40%. Saya berharap, 12 produk terbaru ini dapat memberikan kontribusi 50% dari target penjualan kami tahun ini," papar Elvin Tjahyadi, Country Manager Fuji Xerox Printer Channel Indonesia.

Printer-printer laser dengan teknologi WiFi ini ditujukan untuk pengguna rumahan (home user) dan juga pemilik UMKM. Hal ini disebabkan karena besarnya jumlah UMKM di Indonesia.

"Untuk saat ini kami ada 12 range produk. Dari total UMKM yang terdaftar di Indonesia, ada sekitar 50juta dan tiap-tiap UMKM memiliki kebutuhan masing-masing. Dengan adanya 12 range ini, kami harapkan dapat mencukupi kebutuhan masing-masing mereka. Kalau misalkan ada UMKM yang produk yang low-end, kami ada. Produk middle, kami ada. Produk high, kami juga ada," jelas Tri G. Wicaksana, Marketing Manager Indonesia Fuji Xerox Printer Channel Indonesia.

Merek asal Jepang ini memiliki empat kategori target pasar, dimana 40% penjualannya didominasi oleh kategori UMKM. Selain itu, kategori government juga menguasai 40% marketnya, lalu diikuti kategori corporate 15-17%, dn sisanya di kategori home user.

Untuk memantapkan jalannya untuk menguasai pasar UMKM, perusahaan yang memiliki 142 service center ini, juga memasarkan produknya secara online. Fuji Xerox menggandeng portal belanja online seperti Lazada, Bukalapak, dan Belanja.com. Tentunya jalur offline tetap dijalankan, melalui distributornya, yaitu PT Astra Graphia, PT Harrisma Agung Kaya, dan PT Synnex Metrodata. Kegiatan below the line juga menjadi pilihan merek yang memiliki lebih dari 40 produk ini.

"Biasanya kalau kami dengan UMKM, tahun lalu kami lakukan gathering atau roadshow, yang mengumpulkan UMKM dengan menggandeng reseller di kota tersebut. Tahun ini pun kami akan begitu. Kami akan roadshow di kota Surabaya, Jakarta Bandung, Semarang Yogya, Makassar dan Medan dan akan ada promosi di situ. Biasanya, kami ada promo cicilan yang bekerja sama dengan pihak bnk dan leasing untuk. Kami juga buat paketan, karena biasanya printer itu sudah bandling dengan toner, jadi kami paketkan," tambah Tri.

Produk-produk baru ini ada pada kisaran harga Rp800ribu - 5juta. Dengan berbasiskan teknologi WiFi, printer ini dapat melakukan pencetakan, melalui konektivitas mobile untuk iOS dan Android. Untuk percetakan secara mobile, dapat menggunakan apliasi AirPrint atau Google Cloud Print.

Pada tahun 2015, Fuji Xerox akan meluncurkan 4-5 produk baru untuk mencapai market share 30%. Pada kuartal 4, 2015 Fuji Xerox menguasai 15,4% printer laser di Indonesia.

"Tahun ini kami akan luncurkan sekitar 4 sampai 5 produk lagi. Terkait market share, pada menurut IDC share kami15,4% tapi kami percaya saat ini kami sudah di 20%an. kami menargetkan sampai akhir tahun mencapai 30%-an," tutup Elvin. (EVA)

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)