Technology Trends

Terbiasa Virtual & Automasi, Teluk Lamong Siap Hadapi New Normal

Teluk Lamong (ilustrasi/IST)

Terminal Teluk Lamong (TTL), anak usaha Pelindo III di bidang operator pelabuhan, menerapkan skenario The New Normal sesuai dengan anjuran surat edaran Menteri BUMN Nomor 336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara

Sejak awal berdiri dan beroperasi 2015 lalu, TTL telah menerapkan pelayanan tanpa tatap muka sehingga skenario “The New Normal” bukan hal yang baru bagi pelabuhan ramah lingkungan ini, meskipun tetap beberapa prosedur terkait pola hidup bersih dan sehat di internal perusahaan juga mendapat perhatian.

“Terminal Teluk Lamong sangat siap dengan pelaksanaan The New Normal karena selama ini kami sudah menerapkan pelayanan berbasis online dan meminimalisir kegiatan tatap muka (Physical Distancing) ”, jelas Wahyu Widodo, Plt Dirut Terminal Teluk Lamong.

Selama pandemi Covid-19 dan pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar, layanan jasa kepelabuhanan tetap beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) akan melakukan pemeriksaan kepada kapal internasional sebelum sandar dipelabuhan. Kapal internasional memperoleh ijin sandar dan melakukan bongkar muat apabila dinyatakan bersih oleh KKP.

Penerapan pelabuhan berbasis digital telah dilakukan oleh Terminal Teluk Lamong untuk meningkatkan pelayanan kepelabuhanan dari sisi operasional maupun non-operasional. Pada sisi operasional, pengguna jasa dapat memantau jadwal, aktivitas kapal dan pergerakan barang melalui WebAccess. Seluruh peralatan dan fasilitas kepelabuhanan berbasis digital telah terpasang pada Ship to Shore Crane, Automated Stacking Crane, Combined Terminal Trailer dan Automation Gate System sehingga tidak ada kegiatan tatap muka yang dilakukan di lapangan saat proses operasional berlangsung.

Kegiatan administratif / non – operasional di Terminal Teluk Lamong tidak membutuhkan pertemuan secara tatap muka. Transaksi keuangan menggunakan sistem SAP dan e-billing sehingga petugas tidak perlu melakukan pertemuan secara langsung. Proses administrasi surat – menyurat secara internal maupun eksternal menggunakan aplikasi milea sehingga mengurangi penerimaan dan penerimaan surat dalam bentuk kertas.

Melalui smartphone pengguna jasa dapat tetap berinteraksi dengan Terminal Teluk Lamong melalui aplikasi Fl@sh sehingga mengurangi intensitas tatap muka. Aplikasi Fl@sh memberikan fasilitas 24/7 kepada pengguna jasa sehingga dapat memberikan solusi secara cepat dan tepat.

Seluruh kegiatan rapat, seminar, rekrutmen dan lainnya kini telah diganti dengan pertemuan secara virtual sebagai bentuk komitmen Terminal Teluk Lamong untuk memutus mata rantai Covid-19

Selama pandemi Covid-19 seluruh pegawai di Terminal Teluk Lamong wajib mengikuti protokol kesehatan saat bekerja. Tersedia klinik untuk memastikan kondisi kesehatan pegawai dan memberikan edukasi hidup bersih dan sehat. Sebelum masuk ke lingkungan kerja pemeriksaan suhu tubuh dan cuci tangan wajib dilakukan untuk memastikan pegawai bekerja dalam keadaan sehat.

“Terminal Teluk Lamong akan mematuhi arahan kesehatan untuk melakukan antisipasi penyebaran Covid-19 melalui penerapan The New Normal di lingkungan kerja”, lanjut Wahyu.

Komitmen Terminal Teluk Lamong untuk menerapkan sistem The New Normal akan terus dilakukan secara berkesinambungan sebagai upaya pemulihan ekonomi melalui peningkatan produktifitas layanan kepelabuhanan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

# Tag


    © 2023-2024 SWA Media Inc.

    All Right Reserved