Technology

TMRW, Senjata UOB Indonesia Bersaing di Digital Banking

TMRW, Senjata UOB Indonesia Bersaing di Digital Banking
Team TMRW Bank UOB Indonesia

PT Bank UOB Indonesia pada Agustus 2020 meluncurkan TMRW, aplikasi layanan digital yang mempermudah proses pembukaan rekening dan kebutuhan perbankan. Walau pendatang baru di layanan perbankan digital, menurut Momentum Works, TMRW (Tomorrow) diunduh sampai 400 ribu kali.

Layanan TMRW membidik nasabah dari generasi milenial, profesional muda, dan keluarga muda. TMRW memudahkan nasabah membuka rekening tabungan secara digital on boarding.

“Salah satu kelebihan TMRW adalah digital on boarding. Nasabah dapat melakukan pembukaan rekening TMRW cukup 5-7 menit saja. Prosesnya sangat cepat tanpa nasabah atau calon nasabah perlu ke kantor cabang,” kata Fajar Septandri Maharjaya, Head of Digital Bank UOB Indonesia.

Fajar menyampaikan hadirnya tren era Bank 4.0 dan permintaan nasabah terhadap layanan perbankan digital. Pelan-pelan, UOB Indonesia menjajaki permintaan nasabah seiring dengan diluncurkannya (soft launch) TMRW pada Januari 2020. Kala itu, aplikasi ini digunakan terbatas di keluarga dan kolega kerja UOB Indonesia. Agustus tahun lalu, TMRW menguak pasar. “Target utamanya adalah milenial, young professional,” ujarnya.

Target tersebut mempertimbangkan proyeksi bonus demografi populasi muda di masa mendatang. Ceruk pasar yang hendak dijaring TMRW adalah penduduk berusia 25-30 tahun yang melek teknologi.

Pengguna internet sebanyak 64% dari jumlah total populasi Indonesia yang mencapai 272 juta jiwa. Ini mengindikasikan ceruk pasar yang potensial untuk digarap TMRW.

Guna mengakselerasi pengguna TMRW, UOB Indonesia mengombinasikan pemasaran konvensional dan digital.

“Kemudian, kami melakukan brand awareness TMRW melalui digital marketing dan beriklan di billboard, media konvensional, dan kami juga melengkapinya dengan pemasaran khusus di media sosial, di Facebook, Instagram, dan YouTube. Ibaratnya, pemasaran TMRW itu 360 derajat, di berbagai media dan berbagai angle untuk menjangkau target market kami yang berusia 25-39 tahun,” Fajar menjelaskan.

Strategi bisnis ini memberikan hasil menggembirakan. Jumlah pengguna TMRW dari akhir Desember 2020 hingga Agustus 2021 (year to date) melonjak sebesar 90%.

“Yang lebih menggembirakan lagi, jumlah dana pihak ketiga (DPK) dari Desember 2020 ke Agustus 2021 naik empat kali lipat. Jadi, memang dalam dunia digital, pertumbuhannya itu kan harus exponential growth. Alhamdulillah, pertumbuhan jumlah nasabah maupun pertumbuhan DPK sejauh ini sangat luar biasa,” ungkapnya.

Mayoritas nasabah atau pengguna TMRW ini adalah nasabah baru. Adapun nasabah UOB Indonesia yang menggunduh TMRW sekitar 30% dari jumlah total pengguna aplikasi itu.

Nah, kelebihan TMRW, memiliki beragam fitur. Antara lain, fitur permainan yang disebut City of TMRW. Nasabah dapat membangun kota virtual saat mereka menabung. Saat nasabah naik level, mereka dapat meningkatkan tampilan kota virtual. Fitur ini diklaim sebagai satu-satunya fitur layanan bank digital yang memadukan gamification dan menabung di Indonesia.

Berikutnya, fitur yang menggabungkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dengan analisis dan kategorisasi data termutakhir. Setiap nasabah akan mendapatkan personalisasi smart insight yang spesifik setiap bulannya.

Data insight itu akan disesuaikan dengan pola transaksi atau kebiasaan nasabah. “Misalnya, nasabah yang gemar berolahraga sepeda dan dalam sebulan itu membeli aksesori sepeda, maka insight seputar bike akan dikirim AI kami sebagai smart insight mengenai aktivitasnya. Ini bisa membantu nasabah mencapai financial goals-nya,” Fajar mencontohkan.

Selanjutnya, fitur digital servicing dan chatbot TIA (TMRW Intelligence Assistant). Pertanyaan nasabah akan ditangani chatbot yang beroperasi 24 jam. Kanal komunikasi ke TIA ini bisa menggunakan layanan suara (call) di aplikasi pesan pendek yang menggunakan paket data operator telekomunikasi. “Ini sangat menguntungkan. Kalau nasabah sedang berada di luar negeri, misalnya, tidak perlu melakukan panggilan antarnegara yang berbiaya internasional roaming,” katanya.

TMRW juga memiliki pilihan metode pembayaran berbasis Quick Response Code (QR Code) yang memungkinkan pembayaran dilakukan secara cepat hanya dengan memindai kode QR dan disediakan oleh penjual atau gerai yang sudah terdaftar. Fitur ini merupakan bagian dari dukungan UOB Indonesia terhadap Gerakan Nasional Non Tunai yang menggunakan platform Quick Response Code Standar Indonesia (QRIS).

Ke depan, TMRW berencana mengembangkan fitur terbaru, antara lain fitur deposito yang akan diluncurkan pada September 2021. “Kami menyebutnya TMRW Power,” ujar Fajar.

Lalu, di Desember mendatang, Bank Indonesia berencana meluncurkan BI Fast untuk transfer antarbank secara real-time online. Nah, TMRW pun berpartisipasi di fase pertama ini.

“Kemudian, kami di tahun depan akan mengembangkan QR Code dengan CPR (customer present remote) untuk kebutuhan transfer dan cash withdrawal; mengembangkan digital personal loan (pembiayaan) dan personal insurance; dan membangun ekosistem digital payment,” Fajar mengungkapkan.

UOB Indonesia ingin menjadikan TMRW sebagai aplikasi perbankan digital yang memberikan pengalaman yang tak mudah dilupakan nasabahnya. Semoga. (*)

Vicky Rachman & Arie Liliyah

Kajian bertajuk UOB ASEAN Consumer Sentiment Study 2020 menyebutkan, transfer dana elektronik bulanan yang dilakukan nasabah TMRW meningkat rata-rata 26% per bulan selama Februari-Desember 2020. Mengurangi sentuhan terhadap uang tunai yang sering berpindah tangan memang salah satu langkah yang diyakini bisa menekan penyebaran Covid-19.

Kajian UOB ini menyimpulkan bahwa nasabah TMRW akan memperoleh pengalaman tanpa kontak langsung, mulai dari pembukaan rekening sampai menjalankan berbagai fitur transaksi perbankan yang tersedia di dalam aplikasi TMRW. Pengalaman digital tersebut diklaim pula didukung oleh fitur artificial intelligence dan machine learning untuk menciptakan pengalaman yang menarik dan dipersonalisasi berdasarkan data transaksi setiap nasabah.

Membuka Rekening TMRW

Fitur TMRW

Penghargaan untuk TMRW

Best Consumer Digital Bank in Indonesia 2021 dari Global Finance

Best Digital Bank in Indonesia 2021 dari International Finance

Best Digital Bank in Indonesia 2020 dan 2021 dari Alpha Southeast Asia

Sumber: UOB Indonesia

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved