Layanan Official Account WeChat Bidik Korporasi

IMG_0544

WeChat menjawab tantangan perusahaan yang ingin mengembangkan bisnis mereka dengan menciptakan layanan Official Account. Official Account adalah sebuah fitur yang diciptakan oleh WeChat untuk perusahaan, selibriti, dan organisasi untuk berkomunikasi dengan konsumen mereka dengan bentuk teks, gambar, suara, dan video. Para pemilik Official Account ini dapat mempromosikan bisnis mereka dan menjadi customer service tanpa harus mengeluarkan dana yang besar untuk membuat aplikasi mereka sendiri, dan tentunya dengan fitur Official Account ini perusahaan dapat menghemat waktu.

“Sebelumnya banyak perusahaan yang menanyakan ‘bisa ga kita membuat aplikasi di WeChat yang bisa di-custom sendiri?’ Sekarang kita menjawab tantangan mereka dengan fitur ini” ujar Bagus Binatoro, Chief of Operating Officer MNC Tencent.

Kelebihan Official Account ini adalah penggunaan teknologi canggih dan basis pengguna yang kuat di Indonesia. Fitur Official Account sendiri tidak dipungut biaya dan perusahaan dapat menyesuaikan, mengelola, dan mengontrol fitur mereka sendiri. Selain itu, Official Account menawarkan 3 menu yang dapat di-customize oleh perusahaan dan perusahaan juga dapat membuat sticker mereka sendiri.

Untuk membuat Official Account, perusahaan dapat mendaftar di situs WeChat untuk mengisi formulir aplikasi. Setelah itu admin WeChat akan melakukan review mengenai pengajuan proposal, proses ini akan memakan 1-2 minggu. Jika proposal disetujui, perusahaan akan mendapatkan notifikasi untuk dapat memulai penggunaan fitur Official Account.

Benny Ho, Director of Business Development Tencent Asia Pacific, mengatakan, beberapa perusahaan di Asia Pasifik, seperti McDonald's, Starbucks, Microsoft, Uniqlo, dan lain-lain. Official Account McDonald's di Cina, customer dapat memesan menu yang mereka inginkan melalui Official Account ini. “Official Accout ini menghadirkan layanan customer service, menjaga loyalitas pelanggan, promosi terbaru, dan memungkinkan terjadinya transaski secara e-commerce. WeChat adalah satu-satunya aplikasi pesan sosial yang menwarkan komunikasi, soisal, dan gaya hidup,” tambah Benny.

Di Indonesia sendiri, perusahaan yang sudah menggunakan fitur ini adalah MNC Shop, Lazada, Blanja.com, Elevania, Groupon, dan Zalora. Bagus juga menambahkan bahwa fitur Official Account ini dapat juga digunakan untuk masyarakat biasa, “yang penting sudah terkenal di kalangan luas dan dapat memberikan manfaat bagi WeChat user.” (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)