Yamaha Niken Siap Diproduksi

Foto; Yamaha Motor Co.

Selain memamerkan mobil konsep, Yamaha  Motor Co  juga pernah menggoda konsumen dengan menghadirkan motor konsep LMW (Learning Multi-Wheeler), konsep motor sport yang  ditopang oleh dua roda depan. Awalnya, memang banyak pihak yang meragukan bahwa motor konsep tersebut masuk dalam proses produksi. Tapi, dalam Tokyo Motor Show 2017  kali ini, produsen otomotif  berlambang Tiga Garpu Tala tersebut telah memperkenalkan motor roda tiga yang sudah siap diproduksi dengan nama Yamaha Niken.

Yamaha Niken diklaim sebagai motor yang praktis. Dalam video promosinya, motor tersebut diujicoba melalui jalan pegunungan yang berliku-liku, di mana sistem kerja roda depannya sangat dinamis yang menjadikan pengendaranya penuh percaya diri melibas berbagai tikungan.

Yamaha Niken dibekali sasis MT-09 yang menggabungkan desain motor naked bike dengan sepasang roda depan. Kedua roda depan pun bisa bergerak independen dan masing-masing roda depan dengan sepasang suspensi. Seperti diberitakan Indianautos,  Niken menggunakan mesin tiga silinder  dan  teknologi yang ada pada motor itu  mampu mengurangi efek perubahan jalan dan memberikan stabilitas tinggi ketika berbelok.

Motor ini punya postur panjang 2.150 mm, lebar 885 mm dan tinggi 1.250 mm. Mesinnya tiga silinder segaris, 4-tak, DOHC, pendingin cairan dengan teknologi crossplane. Sedangkan nama Niken sendiri  merupakan penggabungan dua bahasa Jepang. Ni berarti dua, dan Ken adalah pedang. Sedangkan peluncuran Yamaha Niken sendiri baru akan dilakukan pada November mendatang di Milan Motorcycle Show.

Yamaha sebelumnya telah meluncurkan Yamaha Tricity, skutik beroda tiga yang berkapasitas mesin 125 cc.  Setelah Niken, pabrikan ini juga tegah menggodok konsep  skuter listrik roda tiga Tritown, yang menggunakan LMW juga. (Rian S/Indianauto)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)