Marketing Trends

Tehbotol Sosro Gandeng Flock Kampanye Kebhinnekaan Indonesia

Tehbotol Sosro Gandeng Flock Kampanye Kebhinnekaan Indonesia

Masih dalam suasana HUT RI ke-72, Flock menggandeng Tehbotol Sosro mengadakan kampanye pentingnya semangat Bhinneka Tunggal Ika Indonesia.

Kampanye yang Flock dan Tehbotol Sosro tersebut dibuat dalam bentuk video. Dikenal sebagai produk teh siap minum pertama di Indonesia ini merupakan produksi PT Sinar Teh Botol yang dijual hingga ke mancanegara. Perusahaan ini merasa perlu mengambil peran di tengah kondisi Indonesia yang dirasa rawan perpecahan belakangan ini.

Kemudian, Flock, yang merupakan agensi periklanan kreatif hybrid dengan pelayanan full service di Indonesia, dengan beberapa tim subsider internal juga merasakan panggilan yang sama. Video kampanye yang digagas dua perusahaan lokal ini dikemas unik dengan satu pesan agar masyarakat Indonesia tetap berpegang teguh pada semboyan Indonesia: ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

Dengan video ini juga diharapkan dapat mengingatkan masyarakat pada perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan negara ini yang tidak membatasi diri dengan perbedaan ras, agama dan ras.

“Kami melakukan kampanye ini untuk Tehbotol Sosro. Video tersebut berbicara mengenai isu-isu sosial di Indonesia yang umumnya terkait politik, ras, dan agama. Aspek-aspek tersebut kerap kali membuat masyarakat Indonesia menjadi merasa berbeda satu sama lain,” terang Ronny Jatnika, Marketing Leader Tehbotol Sosro. Ia berharap, alasan ini bisa menjadi ide untuk menjadi ajanh diskusi bagaimana kita bisa memperkuat rasa persatuan sebagai satu bangsa di Hari Kemerdekaan RI.

“Video ini sebenarnya sudah dirilis pada 14 Agustus 2017 yang mengandung pesan tentang keanekaragaman budaya Indonesia dan berhasil menarik perhatian lebih dari 200 ribu penonton di YouTube dalam waktu kurang dari 48 jam,” ungkap Ronny hari ini (22/08/2017). Video ini menceritakan tentang Indonesia sebagai negara yang memiliki ragam bahasa, agama, dan etnis, termasuk etnis Tionghoa.

Ivan Hadi Wibowo, CEO Flock, menambahkan, pesan inti dari kampanye ini amat mendalam. Meski video tersebut mengakui bahwa masing-masing individu merupakan pribadi yang berbeda, bahkan saudara kembar sekalipun. Di akhir video, Tehbotol Sosro menekankan bahwa apapun perbedaan yang dimiliki, masyarakat Indonesia merupakan bagian dari kebangsaan yang satu.

“Kampanye #AsliIndonesia pun menerima banyak respon positif dari YouTube, termasuk komentar-komentar yang berpendapat bahwa video tersebut menggugah semangat kemerdekaan dan berbeda dari iklan lokal lainnya,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved