Telkomsel Hadirkan One-Stop SME Portal

 

Potensi UKM di Indonesia memang sangat menjanjikan secara jumlah. Telkomsel mencatat potensi usaha kecil (small) sekitar 2,5 juta sedang usaha yang tergolong medium (menengah) 422 ribuan perusahaan. Sayangnya, 61% dari mereka masih bekerja secara manual. Inilah yang menjadi perhatian Telkomsel sehingga terdorong menyediakan layanan One-Stop SME Portal. 

Disampaikan, Arief Pradetya Vice President Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel Business Solutions, layanan Telkomsel untuk B2B, layanan myBusiness Store yang merupakan one-stop SME portal ini menyediakan berbagai solusi digital yang dibutuhkan UKM saat ini.

“Kami fokus membidik di small dan medium saja, tidak ke mikro, yang jika dilihat dari jumlah karyawan sudah membutuhjan solusi digital. Small itu minimal jumlah karyawannya 5 orang, sedangkan medium minimal 20 orang. Mereka ini ketika bisnisnya sedang tumbuh, biasanya mulai mengalami kesulitan  dalam menemukan penyedia solusi bisnis berkualitas. Untuk mengatasi masalah tersebut, kami menghadirkan Telkomsel myBusiness Store yang menyediakan berbagai solusi UKM digital dari beragam mitra penyedia solusi terbaik,” jelas Arief.

Para pelaku UKM saat ini sudah  mulai menyadari pentingnya menggunakan berbagai aplikasi produktivitas untuk mendukung usahanya. Namun, banyaknya aplikasi yang digunakan yang juga memerlukan login situs yang berbeda menyebabkan pelaku usaha sulit untuk mengelola berbagai email dan password.

Dikatakan Arief, segmen small yang berjumlah 2,4 juta selama itu sebenarnya selama ini sudah menggunakan layanan Telkomsel, hanya saja lebih banyak dilayani di ritel bisnis. “Kalau segmen usaha medium to large sudah lama digarap oleh Telkomsel, kami punya sales team sendiri yang disebut dengan account manager. Ketika 3G dan 4G berkembang, banyak hal berkembang, bukan saja creativity yang menuntut penggunaan digital makin kuat, dengan potensi 2,4 juta segmen bisnis small, kami melihat ada banyaj solusi lain yang bisa mereka gunakan untuk meningkatkan bisnis mereka, sekaranglah momen yg tepat menyediakan layanan dengan produk dan harga yang fix,” paparnya.

Telkomsel memahami bahwa para pelaku bisnis segmen small dan medium ini kerap mengalami kesulitan untuk mengontrol anggaran komunikasi dan mengelola metode berlangganan solusi untuk seluruh karyawan. Untuk mengatasi hal tersebut, seluruh solusi UKM yang dihadirkan oleh Telkomsel myBusiness saat ini dapat langsung dibeli secara mandiri di myBusiness Store. “Semuanya bisa dilakukan dalam satu situs, menjadikan myBusiness Store sebagai one stop solution portal untuk UKM,”  ujar Arief.

Telkomsel myBusiness menghadirkan solusi lengkap untuk memajukan usaha para pelaku UKM, di antaranya : solusi komunikasi seluler khusus UKM, internet, email, penyimpanan dan kolaborasi, pembuatan toko online professional, kasir online, akuntansi online, pengelolaan karyawan, maupun solusi khusus seperti manajemen klinik. Solusi – solusi tersebut tersedia melalui skema kerjasama dengan institusi global seperti Microsoft & Google, maupun dengan local heroes seperti Jarvis, MOKA, Gadjian, e-accounting dan Trustmedis. Ke depan, Telkomsel akan terus mengembangkan kerjasama dan membuka kesempatan kepada penyedia solusi untuk menghadirkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan UKM . Beberapa solusi tambahan yang akan tersedia dalam waktu dekat adalah digital marketing, manajemen hotel, dan security.

Dengan menggunakan myBusiness Store, pelanggan dapat memilih berbagai produk UKM yang sudah dikurasi oleh Telkomsel. Pelanggan juga dapat lebih mudah mengelola solusi UKM sesuai kebutuhannya dan memiliki kemudahan untuk mengontrol anggaran IT usaha. 

Selain itu, pelanggan dapat mengatur karyawan mana saja yang bisa mendapatkan produk yang diberikan. Kemudahan lain yang ditawarkan myBusiness Store adalah satu akun tagihan dapat digunakan untuk berlangganan beberapa produk dan dimanfaatkan banyak karyawan.

Selain itu, pelanggan juga dapat melakukan pengaturan paket dengan upgrade, downgrade, dan update layanan (subscription management) secara mandiri. Pelaku UKM juga dapat mengontrol tunjangan komunikasi yang diberikan untuk masing-masing karyawannya sesuai dengan kebutuhan sekaligus membelikan produk UKM untuk karyawan dengan pembayaran yang ditagihkan kepada pemilik UKM.

Seluruh solusi yang terdapat pada myBusiness Store merupakan solusi software-as-a-service (SaaS) yang di-bundling dengan konektivitas terbaik Telkomsel. Seluruh solusi tersebut dapat mulai dinikmati dengan jumlah minimal, dibayar bulanan dan dioperasikan dengan mudah tanpa perlu integrasi yang rumit. Dengan demikian, UKM yang baru memulai usaha atau mengembangkan usahanya tidak perlu melakukan investasi besar di depan dari sisi teknologi atau IT, melakukan pembelian yang disesuaikan dengan perkembangan bisnis tanpa harus selalu melakukan rekrutmen tambahan orang untuk fungsi pendukung.

myBusiness Store juga menyediakan fitur yang memudahkan pelaku UKM untuk login ke berbagai aplikasi yang telah dibeli dengan satu klik saja (single sign-on) sehingga pelanggan tidak perlu menghafal username dan password tiap aplikasi. Pelanggan juga dapat memilih berbagai metode pembayaran, baik menggunakan tagihan kartuHalo Corporate, pulsa nomor prabayar (simPATI, Kartu As, LOOP), maupun tagihan kartu kredit bagi pelanggan non Telkomsel. 

Arief mengungkapkan, layanan connectivity saja sebenarnya sudah digunakan segmen bisnis small sejak 2015, sedangkan layanan Telkomsel My Business Store sendiri sudah digunakan sekotar 20 ribu perusahaan tapi untuk segmen bisnis medium to enterprise.

“Saat ini target kami bukan di kuantitas, jika segmen bisnis smal dan medium ini maju dengan solusi ini, kami yakin akan memberikan impact besar pada perekonomian Indoneaia,” tuturnya. 

Lebih lanjut Arief menyampaikan bahwa belanja ICT segmen bisnjs small dan medium dalam beberapa tahun terakhir tumbuh 15% ini menunjukkan betapa segmen ini makin melek akan solusi digital. “Target penetrasi 30%  sangat memungkinkan dicapai dengan pertumbuhan secepat itu untuk sebuah layanan baru seperti myBusiness Store ini,” katanya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)