Technology Trends zkumparan

Telkomsel Jaga Kenyamanan Pelanggan Saat NARU

Telkomsel Jaga Kenyamanan Pelanggan Saat NARU

Komitmen Telkomsel untuk menjaga kepuasan pelanggannya terus dijaga terutama di hari besar agama. Di hari Natal dan Tahun Baru 2022, Telkomsel ingin masyarakat #TerusNyalakanSemangat di tengah pandemi Covid-19 ini dengan berbagai paket promo menarik dan kegiatan berbagi.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan secara konsisten membuka peluang, berbagi dan membantu yang membutuhkan agar masyarakat terus semangat menghadapi kondisi pandemi ini, dengan ekosistem yang Telkomsel bangun.

“Apalagi dengan kehadiran 5G, yang kecepatannga luar biasa. Dengan hadirnya jaringan baru ini kami meyakini akan membuka peluang-peluang baru lebih luas sehingga memajukan bisnis di Indonesia di masa depan. Contohnya remote surgery, smart factory, smart office. Semua itu bisa dibangun mendorong kemajuan pelaku usaha,” terangnya saat acara Telkomsel Siaga 2021 (15/12/2021).

Pria yang akrab disapa Nugi ini menambahkan bahwa Telkomsel konsisten melakukan optimalisasi infrastruktur jaringan broadband agar semua orang bisa tetap terhubung pengalaman digital yang maksimal walau dalam keterbatasan mobilitas. Di hari-hari istimewa inj, Telkomsel juga melakukan peningkatan layanan pelanggan, serta menghadirkan program berbagi kebaikan dengan tagline #YangKitaBisa di momen Natal 2021

Langkah Telkomsel menjaga kenyamanan pelanggannya di momen NARU ini dengan optimalisasi jaringan, khususnya untuk kenyamanan konektivitas broadband 4G/LTE di 471 Point of Interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia. POI mencakup alun-alun dan pusat perbelanjaan, rumah sakit utama penanganan COVID-19, 6 tempat ibadah, serta titik strategis utama lainnya di tiap provinsi (meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, stasiun, jalan raya utama, rest area, serta fasilitas umum lainnya).

Trafik layanan data (payload) pada momen perayaan Natal2021 diproyeksikan akan mengalami peningkatan se besar 8,38% dan malam Tahun Baru2022 akan melonjak hingga 15,08%, dengan total payload diprediksi mencapai 45.877 TB. Prediksi tersebut juga didorong pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini, di mana terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekitar 23,42%.

Sedangkan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,83%, layanan streaming video meningkat sekira 27.44%, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,17%, akses browsing naik 27,92%, serta akses layanan e-commerceyang juga tumbuh sekira 67,29%. Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memprediksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 3,25%, danlayanan panggilan suara diproyeksi akan turun 4,5%.

Dalam melakukan upaya penguatan kualitas dan kapasitas hingga cakupan jaringan di POI yang telah ditentukan, Telkomsel mengoperasikan lebih dari 132.000 unit BTS 4G/LTE baru dengan tambahan 53 unit Compact MobileBTS (COMBAT), meningkatkan kapasitas gateway internet menjadi 7.262Gbps, hingga memperkuat lebih dari 2.300 BTS USO berteknologi 4G/LTE di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), dan perbatasan negara, melengkapi lebih dari 247.000 BTS Telkomsel yang sudah beroperasi melayani lebih dari 95% wilayah populasi di seluruh pelosok negeri.

Telkomsel secara bertahap dan terukur juga terus mengembangkan jaringan 5G, yang kini telah dapat dinikmati di sejumlah titik tertentu di wilayah DKI Jakarta (Pondok Indah, Widya Chandra, Pantai Indah Kapuk, Kelapa Gading, Menteng, dan kawasan Monas) Banten (BSD dan Alam Sutera), Bandung, Solo, Surabaya, Medan, Batam, Makassar, Balikpapan, dan Bali.

Pria yang akrab disapa Nugi ini lebih lanjut menjelaskan, guna memastikan pelanggan bisa mendapatkan pengalaman menelepon yang lebih baik dan jernih sambil mengakses jaringan broadband, baik itu browsing, gaming, chatting maupunvideo streaming secara bersamaan, cakupan jaringan VoLTE Telkomsel kinitelah dapat dinikmati pelanggan di 320 kabupaten/kota yang tersebar di wilayah Indonesia. Telkomsel terus memperluas kolaborasi bersama mitra gawai untuk mendukung layanan teknologi VoLTE Telkomsel dan kini telah dapat dinikmati di lebih dari 100 tipe smartphone.

Selain itu, Telkomsel telah menjalankan uji jaringan (drive test) dengan total jarak tempuh mencapai 13.503 km, yang juga mencakup 31 ruas tol, termasuk beberapa yang baru beroperasi di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua, yang memberikan hasil baik dan siap menyambut momen NARU untuk kenyamanan pelanggan.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit menegaskan di momen NARU, Telkomsel memastikan pelanggan tetap nyaman dalam menikmati pelayanan yang prima, Telkomsel telah mengoptimalkan seluruh channel layanan digital untuk pelanggan. Aplikasi MyTelkomsel sendiri kini telah dilengkapi sejumlah tambahan fitur unggulan, di antaranya kemudahan bagi pelanggan dalam pembelian pulsa ataupun paket layanan telekomunikasi lainnya menggunakan ragam opsi pembayaran elektronik seperti LinkAja, GoPay, OVO, Dana dan Kredivo.

Sigit mengungkapkan selama masa pandemi voucher fisik ketengan lebih laris, maka itu pihaknya akan maksimalkan ketersediaannya. Contoh paket 2,5 Gb untuk 5 hari, atau kalau di luar Jawa paket 2 Gb untuk 5 hari. “Paket data makin personalize misal paket combo harga murah dengan paket data lebih menjawab kebutuhan pelanggan. Misal ada pelanggan khusus paket data, pelanggan ini tidak lagi menggunakan layanan sms dan voice,” tambahnya.

Ia menerangkan kalau Telkomsel akan menyediakan layanan entertainment yang memadai, hiburan-hiburan melimpah. Contoh dengan menghadirkan konten-konten lokal yang diminati dengan penonton cukup tinggi. Sigit mengebut konten lokal Serigala Langit telah ditoton 1,8 juta penonton di layanan Maxstream Telkomsel.

Layanan maksimal juga dihadirkan Telkomsel bagi pada penggemar game dengan paket-paket menarik. “Ini karena video dan game naik terus. Selain itu kebutuhan paket-paket konferensi di saat hari raya juga meningkat yang digunakan untuk silaturahmi dan ibadah saat Natal atau Tahun Baru, maka itu kami menyediakan paket konferensi daily yang murah berkat kerja sama dengan Zoom,” terang Sigit.

Dalam hal berbagi, Telkomsel memfokuskan bantuannya untuk modal, paket sembako dan suplemen, serta donasi kepada anak negeri yang terdiri dari anak yatim piatu yang terdampak pandemi, masyarakat kurang mampu dalam kondisi sakit, pemilik usaha kecil terdampak pandemi, tenaga kesehatan, sertapengelola tempat ibadah dan yayasan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved