Tema 7 Magnificent of Hasanah Warnai Milad ke-7 BNI Syariah

Peringatan milad atau hari jadi BNI Syariah ke-7 tahun ini sungguh istimewa. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini BNI Syariah banyak menorehkan prestasi. Alhasil, tema yang diusung adalah “7 Magnificent of Hasanah” atau 7 Keindahan Hasanah.

BNI Syariah gelar puncak milad ke-7 ”Muhasabah Hasanah” di kawasan Masjid Agung Al Azhar Kebayoran, Jakarta Selatan (16/6/2017). (Foto by: Eva SWA)

“Tema tersebut diambil sebagai gambaran atas 7 hal yang telah dicapai BNI Syariah selama 7 tahun terakhir ini,” ujar Abdullah Firman Wibowo, Direktur Utama BNI Syariah di sela-sela acara peringatan puncak milad ke-7 BNI Syariah yang bertajuk ”Muhasabah Hasanah” di kawasan Masjid Agung Al Azhar Kebayoran, Jakarta Selatan (16/6/2017).

Menurut Firman, Muhasabah berasal dari kata hasiba yahsabu hisab artinya melakukan perhitungan atau bermakna evaluasi diri. Muhasabah Hasanah ini merupakan puncak acara milad ke – 7 BNI Syariah, yang mengangkat tema ”7 Magnificent of Hasanah”. Milad BNI Syariah tahun ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, maka rangkaian milad dirancang sebagai momen peningkatan spiritualitas pegawai, nasabah serta masyarakat pada umumnya.

Sebelum mengikuti peringatan puncak milad ke-7 BNI Syariah, sebagian peserta shalat berjamaah di Masji Agung Al Azhar Kebayoran (Foto by : Eva SWA)

Lantas, apa saja 7 pencapaian BNI Syariah itu?

Menurut Firman, pertama, pertumbuhan aset yang signifikan. Pada Mei 2017 pertumbuhan aset BNI Syariah mencapai Rp30 triliun, dari yang semula Rp6 triliun saat spin off tahun 2010 atau tumbuh 5 kali lipat dalam kurun waktu 7 tahun.

Gerbang memasuki kawasan Kota Hasanah (Foto by: Eva/SWA)

 

Kedua, Hasanah Identity Campaign. Hasanah merupakan kampanye BNI Syariah untuk mencapai Indonesia BerHasanah. Terdapat dua landasan utama yang mendasari yaitu :a) Risalah Al Quran surat Al Baqarah ayat 276 tentang menghilangkan riba dan menyuburkan shodaqoh. Sejalan dengan hal tersebut BNI syariah mempunyai program riba amnesty dan Wakaf Hasanah. Juga, b) Maqashid Syariah atau Tujuan Syariah antara lain menjaga agama (QS. 42:13), menjaga jiwa (QS.17:31), menjaga akal (QS. 5:90), menjaga keturunan (QS. 17:32), dan menjaga harta (QS.2:275). Untuk mencapai tujuan tersebut, BNI Syariah mengajak segenap masyarakat untuk menjalani gaya hidup Hasanah atau Hasanah Lifestyle. Dengan dijalankannya hal tersebut, nilai – nilai Hasanah ini diharapkan dapat menjadi rahmat bagi semesta alam (Rahmatan ‘lil alamin) sehingga dapat meraih ridho Allah SWT.

Ketiga, inovasi. Tahun 2016 BNI Syariah meluncurkan sebuah inovasi yaitu Wakaf Hasanah dengan tagline “Karena harta dibawa mati” yang ditujukan sebagai edukasi berwakaf produktif dengan platform digital.

Selamat Datang di Kota Hasanah BNI Syariah (Foto by: Eva/SWA)

Pada 2017 BNI syariah menjadi bank syariah pertama yang memiliki produk BNI Griya Swakarya iB Hasanah untuk memudahkan developer dan masyarakat dalam rangka proses kepemilikan rumah, serta BNI Syariah berusaha memenuhi kebutuhan bertransaksi masyarakat di era digitalisasi ini dengan Hasanah Digital Lifestyle Application (Handy Apps).

Dengan mengunduh Handy Apps, masyarakat dapat mengikuti promo – promo menarik, destinasi wisata halal, berwakaf, dan ke depan Handy Apps akan menjadi salah satu media pembayaran yang menarik karena mudah, cepat, dan aman.

Atmosfer peserta pameran di Kota Hasanah (Foto by: Eva/SWA)

Keempat, layanan sholat tepat waktu di seluruh cabang. BNI Syariah sejak tahun 2016 berkomitmen untuk memberikan layanan yang Hasanah, salah satunya dengan mengajak segenap nasabah sholat berjamaah saat sholat dzuhur dan ashar tiba, pada saat itu juga layanan akan tutup sementara selama 15 menit.

Pencapaian kelima, Sustainable Finance Award dari OJK. Sebagai komitmen BNI Syariah sebagai lembaga keuangan yang memberikan pembiayaan berbasis ramah lingkungan pada tahun 2016 BNI Syariah mendapatkan penghargaan Sustainable Finance Award dari OJK sebagai salah satu bank syariah diantara peserta perbankan lainnya.

Keenam, meraih penghargaan “Best of The Best of Magnificent Seven” dari Karim Consulting. BNI Syariah mendapatkan apresiasi ini sebagai bank syariah yang memiliki inovasi pembiayaan murabahah yang murni dengan menghadirkan produk BNI Griya Swakarya iB Hasanah.

Stan BNI Syariah di Kota Hasanah

Ketujuh, penghargaan Golden KPR. BNI Syariah kembali meraih penghargaan di antaranya Golden KPR sharia bank (5 tahun berturut-turut) dari Info Bank sejak tahun 2012, KPR BNI Syariah menduduki peringkat pertama.

Kegiatan Muhasabah Hasanah BNI Syariah terdiri dari beberapa rangkaian acara antara lain santunan 700 anak yatim. Lalu, pengumpulan dana wakaf dari seluruh cabang BNI Syariah di Indonesia untuk wakaf bus senilai Rp 750 juta dengan Nadzhir Yayasan Al Azhar. Pengumpulan wakaf ini dilakukan dengan cara live streaming dan di antara cabang ditayangkan hasil pengumpulan wakafnya, sehingga masing – masing cabang akan berlomba –mengumpulkan wakaf terbanyak. Hal ini mendorong cabang untuk melakukan sosialisasi wakaf sekaligus memberikan pengalaman bahwa berwakaf itu mudah.

Sebagai puncak acara digelar pagelaran Hasanah yang bertajuk ’7 Cinta di Cinta 7’. Gelaran acara tersebut menceritakan mengenai perjalanan BNI Syariah selama 7 tahun dan di dalamnya terdapat launching Hasanah Mobile Apps. Acara ini diikuti oleh sekitar 2.000 karyawan se-Jabodetabek.

Ribuan karyawan BNI Syariah se-Jabodetabek mengikuti acara puncak milad ke-7 BNI Syariah yang bertajuk ”Muhasabah Hasanah” (Foto by: Eva/SWA)

Untuk memeriahkan acara juga terdapat bazar dengan sistem pembayaran cashless menggunakan Tapcash, debit, dan Hasanah card yang menyediakan berbagai macam kebutuhan menjelang hari raya Idul Fitri.

Acara Muhasabah terus berlanjut sampai dengan i’tikaf. Dengan i’tikaf diharapkan seluruh karyawan BNI Syariah dapat memaknai malam Ramadhan sekaligus bermuhasabah untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan seluruh Insan Hasanah BNI Syariah.

Jajaran direksi BNI Syariah saat acara puncak milad BNI Syariah ke-7

”Bersama segenap Insan Hasanah kami mengajak masyarakat untuk menjadi pribadi yang memiliki ’Hasanah Personality’ yaitu Insan Hasanah yang memiliki budi pekerti yang agung dan memiliki karakter tiga kesolehan antara lain soleh secara pribadi, sosial, maupun ekonomi, sehingga, nilai – nilai Hasanah ini diharapkan dapat menjadi rahmat bagi semesta alam (Rahmatan ‘lil alamin) dan dapat meraih ridho Allah SWT,” jelas Firman.

Serangkaian kegiatan untuk internal maupun external dihadirkan dalam Milad ke – 7 ini antara lain: Hasanah Meme Contest yaitu lomba desain meme dengan konten ajakan untuk berbuat kebaikan. Lalu, Hasanah Movie Festival yaitu ajang kompetisi sineas muda untuk membuat film pendek bertemakan keindahan kebaikan. Juga, Hasanah Vlog Competition, yaitu lomba membuat vlog dengan menceritakan perilaku kebaikan sehari – hari. Kemudian, Tadarus Anak Hasanah yaitu kegiatan belajar mengaji dengan karyawan BNI Syariah yang dilakukan pada masing – masing cabang. Tak lupa, acara Hasanah for Society yaitu makeover publik area di - 3 area wilayah BNI Syariah.

Selain dihadiri Dirut BNI Syariah, puncak milad ke-7 Muhasabah Hasanah itu juga ada segenap manajemen BNI Syariah beserta manajamen BNI dan BNI Life sebagai pemegang saham utama. Adapun manajemen BNI Syariah yang hadir dalam acara tersebut adalah Direktur Operasional BNI Syariah, Junaidi Hisom; Direktur Bisnis BNI Syariah, Dhias Widhiyati*; dan SEVP Risiko dan Komunikasi, Tribuana Tunggadewi beserta seluruh karyawan BNI Syariah Kantor Pusat dan Cabang Jabodetabek.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)