Tencent Cloud Akan Bangun Pusat Data di Indonesia

Tencent Cloud mengumumkan peluncuran Internet Data Center (IDC) pertamanya di Indonesia. Langkah ini diambil perusahaan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang terus berkembang di Indonesia dan Asia. IDC pertama Tencent Cloud di Indonesia ini akan menambah jaringan infrastruktur perusahaan yang telah menjangkau 27 wilayah dan 61 zona.

Senior Vice President Tencent Cloud International, Poshu Yeung menilai, Indonesia adalah salah satu pasar cloud publik yang tumbuh paling cepat di Asia Pasifik dengan CAGR sebesar 25% dan pertumbuhan besar pasarnya diperkirakan akan meningkat menjadi US $ 0,8 miliar pada tahun 2023. Oleh karena itu, IDC baru ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan layanan cloud yang terus meningkat di Indonesia dan wilayah sekitarnya.

“Memiliki 270 juta penduduk, Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Dengan jumlah populasi penduduk usia muda yang lebih banyak, Indonesia memiliki dividen demografis internet yang besar dengan pasar internet mobile yang berkembang dengan cepat. Kami sangat senang dapat meluncurkan IDC pertama kami di Indonesia untuk membantu secara maksimal tercapainya potensi optimal cloud computing di negara ini," ujarnya.

Poshu menjelaskan, IDC Tencent Cloud ini nantinya akan terletak di pusat bisnis Ibu Kota Jakarta dan sudah beroperasi optimal untuk melengkapi akses backbone dan jaringan dari semua penyedia layanan internet utama di Indonesia dan global. IDC ini juga menggabungkan protokol perbatasan gateway berkualitas tinggi milik Tencent Cloud untuk mencakup seluruh negeri.

"Peluncuran IDC ini di Indonesia memungkinkan kami untuk lebih dekat dengan pelanggan dan pengguna demi mengurangi akses yang tertunda terhadap data dan aplikasi, serta membantu bisnis dan organisasi di tanah air mempercepat transformasi digital mereka," katanya.

IDC Tencent Cloud di Indonesia ini juga diharapkan dapat membantu pelanggan untuk memenuhi peraturan dan syarat kepatuhan, serta memberikan lebih banyak pilihan untuk pemulihan bencana di seluruh wilayah APAC. Selain itu, akan mendukung kebutuhan yang terus berkembang dari berbagai industri, mulai dari layanan keuangan, internet dan e-commerce, hingga hiburan, game dan pendidikan. Pelanggan Tencent Cloud di Indonesia di antaranya Aestron, Bang Neo Commerce, Joox dan WeTV

"Dengan dukungan keamanan dan infrastruktur selama 24/7, IDC Tencent Cloud di Indonesia telah memperoleh sertifikasi yang membuktikan standar keselamatan dan keamanan tingkat tinggi, antara lain Uptime Institute Tier III - Design & Facility, PCI DSS, ISO 27001, ISO 14001 dan SNI (standar lokal)," tutur Poshu.

Tencent Cloud adalah penyedia layanan cloud publik yang aman, andal, dan berkinerja tinggi, yang mengintegrasikan kemampuan pembangunan infrastruktur Tencent dengan keunggulan platform dan ekosistem pengguna yang sangat luas. Tencent Cloud menyediakan akses global dan beragam layanan untuk pemerintah dan organisasi yang membutuhkan infrastruktur canggih dan lingkungan yang tangguh, seperti yang ada di game online, siaran langsung, dan sektor layanan keuangan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)