Trends

Tentang Dua Merek Indonesia yang Resmi Masuk Paris Fashion Week 2022

Tentang Dua Merek Indonesia yang Resmi Masuk Paris Fashion Week 2022
Salah satu karya Sean Sheila (sumber Instagram Sean Sheila)

Paris Fashion Week 2022 sedang ramai diperbincangan. Tidak mudah untuk bisa menjadi bagian resmi perhelatan fasyen dunia yang digelar 4-7 Maret 2022 tersebut. Secara resmi, hanya dua merek asal Indonesia yang resmi mendapatkan undangan dari Paris Fashion Week. Dua merek tersebut adalah Jewel Rocks dan Sean Sheila.

Kedua merek ini memang tidak melenggang di runway Paris Fashion Week 2022 tapi ceruta mereka dalam membangun merek, kualitas, dan estetika layak manggung di pasar internasional.

Dua merek ini diundang untuk tampil pada program ‘Indonesian Designers in Paris by L’Adresse Paris Agency’ di showroom Paris Fashion Week. Didukung oleh Kementerian Perdagangan, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Perancis dan Tokopedia, dua merek ini diharapkan bisa mendorong UMKM lokal ke kancah global.

Mari kita melihat lebih jauh kedua merek ini. Jewel Rock adalah sebuah merek aksesoris dari Bali yang menggunakan bahan material unik. Imelda Widjaja, pemilik Jewel Rock menjelaskan ilustrasi yang ditampilkan produk-produknya adalah kehidupan harmonis, damai, dan menyenangkan di Bali.

“Di Bali kami belajar memulai hari-hari dekat dengan alam dan rasa syukur, sebagai wujud persembahan kepada Tuhan melalui bunga, yang wangi dan berwarna-warni ciri khas Bali. Inspirasi ini yang ingin kami sampaikan di perjalanan kami menuju #parisfashionweek,” tulisnya di akun Instagram @jewelrocksbijoux, seperti dikutip di Jakarta, Selasa, (08/03/2022).

Jajaran perhiasan karya Jewel Rock yang dipamerkan di Paris Fashion Week 2022 (sumber gambar Instagram Jewel Rock)

Memulai bisnis sejak 2006, Imelda mengaku terinspirasi dari hobi mengumpulkan perhiasan sebagai cenderamata setiap kali sedang bepergian.

“Kami berkolaborasi dengan sejumlah pengrajin perak, resin, manik kaca dan pembuat warna natural yang tersebar di Bali, Jawa Timur dan Bandung. Modal awal membangun usaha dulu Rp500 ribu, kini Jewel Rocks telah memiliki 10 karyawan, yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga,” ungkapnya.

Untuk perhelatan Paris Fashion Week, Imelda telah menyiapkan 10 desain baru yang belum diluncurkan di Indonesia, serta memamerkan koleksi favorit pelanggan dari Jewel Rocks.

“Harapannya, saya bisa membawa nama Indonesia melalui ajang ini sehingga pembeli di kancah internasional bisa melirik potensi usaha lokal yang semakin banyak dan berkualitas,” kata Imelda.

Dengan gamblang Jewel Rock berterima kasih kepada para pendukungnya sebagai UMKM lokal yang go international dan berhasil mewujudkan tampil di showroom Paris Fashion Week 2022. Dia pun berterimakasih Karena mendapat banyak dukungan dari masyarakat Indonesia, Kedutaan Besar Republika Indonesia di Paris, dan tidak ketinggalan Tokopedia.

Sean Sheila adalah merek fasyen yang dikenal memberdayakan para kaum difable. Mengutip biodata di akun Instagram @sean_sheila “the disable garment company” yang berarti sebuah label yang mendedikasikan dan berdayakan para perempuan.

Di perhelatan Paris Fashion Week 2022, merek asal Purbalingga Jawa Tengah ini menampilkan 23 koleksi yang terinspirasi dari film Annihilation. Menariknya belum banyak yang tahu bahwa Sean Sheila telah berkontribusi di ajang Paris Fashion Week sejak 2017.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved