Management Trends

Terapkan Teknologi Perpakiran, Ketum Aspeparindo Raih TLA 2020

Irfan Januar, Direktur Utama PT Rapik Karya Mandiri (RKM) berhasil meraih Teropong Leadership Award (TLA) 2020 pada kategori Leadership of Professional and Business. Penghargaan tersebut diberikan oleh Media Teropong Senayan dalam rangka memberikan apresiasi kepada para pemimpin di berbagai sektor di Indonesia.

Sosok Irfan mendapatkan penghargaan dengan indikator penilaian menduduki posisi penting dalam bidang jasa, memiliki integritas tinggi dalam meniti karier profesional di bidangnyas serta menjadi inspirasi generasi muda untuk semakin berkembang dan siap berkompetisi di era 4.0.

“Semoga penghargaan ini menjadi inspirasi bagi kita agar bisa mengembangkan perusahaan lebih maju lagi dan menata sistem perparkiran yang lebih baik di Indonesia”, ujar Irfan dalam keterangan resminya (18/12/2020).

Sukses Irfan mengelola perusahaan yang bergerak di bidang parkir tidak datang tiba-tiba. Banyak suka dan duka harus dilalui. Hingga, dia sukses saat ini dengan memiliki sedikitnya 1.000 orang karyawan. Pria lulusan Strata-1 dari Universitas Persada Indonesia Yayasan Administrasi Indonesia ini pun didapuk menjadi Ketum Asosiasi Pengelola Parkir Indonesia (Aspeparindo).

Irfan menuturkan, asosiasi pengelola parkir sudah lama terbentuk. Hanya saja bentuknya masih paguyuban. Dengan anggota dari perusahaan pengelola parkir seluruh Indonesia. ”Awalnya kami hanya paguyuban, tapi karena satu visi dan misi kami sepakat mengubahnya menjadi asosiasi,” jelas ayah dua orang anak ini.

Berpengalaman menjadi pengelola parkir di sejumlah pasar tradisional sejak tahun 2010 membuat RKM memahami seluk-beluk perparkiran di pasar tradisional. Apalagi pengalaman tersebut kemudian dipadukan dengan kesadaran perusahaan untuk menerapkan teknologi informasi yang bisa secara real time mencegah kebocoran penerimaan sampai dengan 30 persen.

“Kami tak sekadar jual pengalaman saja, tapi juga penguasaan TI yang real time sehingga siapapun bisa melihat kendaraan yang keluar masuk ke lokasi parkir hanya dengan menggunakan smartphone,” ujar Irfan

RKM juga sudah bekerja sama dengan 4 bank besar yang sudah mengeluarkan kartu e-money seperti Bank Mandiri, BCA, BNI dan BRI, sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan pembayaran. “Kombinasi antara pengalaman, penguasaan tekonologi real time hingga kemitraan dengan perbankan telah membuat RKM berkembang seperti sekarang karena banyak memenangkan lelang pengelolaan jasa perparkiran,” ungkap Irfan.

Irfan bahkan mengklaim dalam hal penggunaan teknologi ini, perusahaannya lebih unggul dibandingkan dengan perusahaan parkir asing yang sudah beroperasi di Indonesia. “Saya berani katakan untuk TI yang real time ini perusahaan parkir lokal tidak kalah dengan perusahaan asing. Pasalnya ada motif tertentu yang membuat perusahaan asing enggan menggunakan teknologi ini,” cetus Irfan

Lebih jauh Irfan mengungkapkan, banyak manfaat yang diperoleh anggota asosiasi pengelola parkir. Dari peningkatan sistem tata kelola hingga peningkatan sertifikasi perusahaan. Tentu semuanya untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi konsumen. ”Parkir itu sebuah bisnis kepercayaan. Kita hanya mengelola keuangan milik orang. Jadi kita harus benar-benar menjaga kepercayaan itu,” dia menegaskan.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved