Technology Trends zkumparan

Terobosan di Industri Asuransi Perjalanan

Terobosan di Industri Asuransi Perjalanan
Asuransi perjalanan dari PasarPolis berikan klaim ketika penerbangan tertunda

Indonesia masih terbilang rendah dalam pemanfaatan asuransi perjalanan hanya 5%. Jauh di bawah Malaysia yang mencapai 20% dan Singapura 75% dari total masyarakatnya.

Padahal asuransi perjalanan sangat penting. Bukan saja terkait proteksi diri dan barang bawaan, juga sangat bermnfaat ketika penerbangan yang mengalami penundaan.

Kementerian Perhubungan pada semester pertama tahun 2018, jumlah penerbangan di Indonesia yang mengalami keterlambatan mencapai 87.509 kasus. Ini berarti, satu dari lima penerbangan di Indonesia mengalami delay. Kemudian, ada juga pembatalan penerbangan sebanyak 1.991 kasus atau 0.48%.

Cleosent Randing, CEO dan Pendiri PasarPolis.com, memberikan solusi dengan meluncurkan asuransi perjalanan dengan fitur instant claim. “Salah satu keluhan yang paling umum dari pemegang polis adalah proses klaim asuransi yang rumit, memakan waktu, dan menguras biaya. Inilah yang hendak kami ubah. PasarPolis ingin memberikan setiap pelanggan pengalaman perjalanan terbaik. Karena itu, kami menghadirkan asuransi perjalanan yang praktis, instan, dan terjangkau bagi semua orang,” kata Cleosent.

Dengan terobosan terbaru ini, PasarPolis menjadi perusahaan asuransi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memiliki fitur klaim instan. Ketika terjadi delay, sistem perusahaan secara otomatis akan mengirimkan pemberitahuan bagi pemegang polis bahwa mereka berhak untuk melakukan klaim asuransi.

Pemegang polis hanya perlu mengisi data pribadi dan data bank secara online, tanpa perlu memberikan dokumen apapun. Hanya dalam hitungan menit, pencairan klaim sudah langsung ditransfer ke rekening bank pemegang polis.

Hery Halim salah seorang pelanggan PasarPolis yang merasa puas dengan asuransi perjalanan dan fitur klaim instan dari PasarPolis. “Saya waktu itu memutuskan untuk beli asuransi perjalanan karena harganya hanya belasan ribu. Saya memesan tiket Citilink penerbangan Palembang-Jakarta di jam 20.10 malam, tapi ternyata terjadi delay hingga pukul 22.45. Ketika saya sampai di bandara Jakarta, saya menerima email dari PasarPolis bahwa saya berhak mengajukan klaim keterlambatan,” jelasnya. Setelah pelanggan mengisi data pribadi dari email, besoknya hasil klaim tersebut telah ditransfer ke rekening.

“Saya juga tidak ekspektasi bisa dibayar secepat itu,” ucap Hendry yang mengira bahwa proses pencairan klaim asuransinya akan cukup rumit dan harus menunggu lama,” kata Hendry Sucipta pelanggan lain yang terrkesan dengan kecepatan PasarPolis memberikan klaimnya.

Saat ini, fitur klaim instan tersedia untuk semua penerbangan Citilink secara nasional, dan untuk semua penerbangan yang dibeli di JD.id dan PegiPegi.com. PasarPolis pun memberikan pilihan premi terjangkau bagi seluruh kelas masyarakat, yaitu mulai dari harga belasan ribu rupiah. Asuransi perjalanan ini melindungi pelanggan dari berbagai risiko sebelum, selama, dan sesudah penerbangan, mulai dari proteksi penerbangan delay, pembatalan, hingga perlindungan bagasi.

Dari pendekatan tersebut, sejauh ini PasarPolis berhasil membukukan lebih dari 100.000 pembeli asuransi penerbangan dan ratusan pencairan klaim setiap bulannya. Pada periode kuartal keempat 2018, PasarPolis mencatatkan lebih dari 1 juta polis asuransi yang terjual.

PasarPolis sendiri merupakan satu-satunya start-up lokal yang berhasil mendapatkan investasi pendanaan seri A dari tiga start-up unicorn Indonesia, yaitu Go-Jek, Traveloka, dan Tokopedia. Cleosent selaku CEO dan Founder PasarPolis juga dinobatkan sebagai Ernst & Young Entrepreneur of the Year 2018 untuk kategori Technology & Digital.

Di tahun 2019, PasarPolis berencana untuk mengembangkan fitur klaim instan ke lebih banyak mitra strategis di industri perjalanan dan transportasi. “Seiring dengan kemajuan teknologi, kami ingin mempermudah setiap pemegang polis untuk mendapatkan hak mereka. Oleh karena itu, kami akan terus berinovasi untuk menawarkan asuransi perjalanan yang praktis, instan, dan terjangkau untuk berbagai pihak. Tahun ini, kami optimis mencapai target penjualan premi dan mencatatkan record jumlah polis. Sampai saat ini sistem kami sudah mampu menghasilkan 2 juta polis per hari, dan kemampuan sistem ini akan terus kami tingkatkan,” ungkap Cleosent.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved