Management Trends

Tetra Pak dan Ircomm Kolaborasi Edukasi Pola Konsumsi yang Bertanggung Jawab

Tetra Pak dan Ircomm Kolaborasi Edukasi Pola Konsumsi yang Bertanggung Jawab

PT Tetra Pak Indonesia, PT Ircomm Norton Capital, PT Hero Supermarket Tbk dan PT Big Records Asia mengadakan program daring di kegiatan FSC Friday 2021. FSC Friday merupakan acara tahunan yang digagas oleh Forest Stewardship Council (FSC) untuk mempromosikan komitmen pengelolaan hutan yang bertanggung jawab serta produk bersertifikasi FSC.

Reza Andreanto, Manager Sustainability Tetra Pak Indonesia, mengemukakan kemasan karton Tetra Pak sebagian besar terbuat dari sumber daya alam terbarukan, yaitu kayu. Pihaknya berupaya untuk memastikan bahwa kertas karton yang digunakan berasal dari hutan yang dikelola dengan baik. Hampir 15 tahun yang lalu pada tahun 2007, Tetra Pak memilih sertifikasi FSC terhadap bahan baku hasil hutan yang dikelola secara bertanggung jawab.

“Kami menjadi perusahaan yang pertama pada industri kemasan makanan dan minuman dalam memilih sertifikasi FSC. Pada 2020, kami berpeluang mencapai 100% penyediaan bahan kemasan yang telah bersertifikasi FSC kepada pelanggan. Hal ini merupakan tonggak penting yang mencerminkan komitmen kuat terhadap hutan dan keanekaragaman hayati. Kami senang dapat terus berkolaborasi dengan FSC, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia dalam membantu meningkatkan edukasi dan keterlibatan yang bermanfaat bagi hutan, manusia, dan lingkungan,” ungkapnya.

Isra Ruddin, Direktur Utama Ircomm Norton Capital, mengatakan, sebagai perusahaan swasta yang memiliki perhatian khusus terhadap pengelolaan hutan yang bertanggung jawab, pihaknya telah menunjukan komitmennya dalam mendukung program edukasi dan komunikasi FSC di Indonesia selama 6 tahun terakhir ini. “Tahun 2021 ini kami berkomitmen dan peduli edukasi kepada konsumen, bisnis, masyarakat dan para pemangku kepentingan dalam melaksanakan rangkaian kegiatan perayaan FSC Friday 2021 bersama dengan para mitra diharapkan berdampak positif bagi seluruh elemen,” ujar dia.

Pada masa pandemi tahun 2021 ini FSC Friday di Indonesia dilaksanakan dengan memanfaatkan online platform dan media sosial yang diharapkan dengan konsep yang fun interactive edukasi terkait FSC dapat tersampaikan dengan cara yang menarik dan kekinian. Adapun ke-3 program tersebut di antaranya : pertama, FSC Friday Webinar – Keberlanjutan untuk Bumi yang lebih baik. Kedua, FSC Friday 2021 Song Contest. Ketiga, FSC Friday 2021 Tiktok Reels Creative Video Contest.

Indra Setia Dewi, Manager Marketing & Communications FSC Indonesia, menuturkan kegiatan FSC Friday di Indonesia telah dilakukan selama 5 tahun kecuali pada tahun 2020 saat awal pandemi berlangsung. Program ini bertujuan agar lebih banyak lagi konsumen yang menggunakan produk dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab sehingga pengelola hutan dapat terus termotivasi untuk tetap berbuat yang terbaik bagi ekosistem hutan,

Diky Risbanto, Head of Corporate & & Consumers Affair PT Hero Supermarket Tbk menambahkan, pihaknya ercaya bahwa ritel menjadi salah satu perpanjangan tangan dari produsen dengan konsumen. Untuk itu, Hero berkomitmen terus mengedukasi masyarakat agar menggunakan produk yang ramah terhadap lingkungan. Hero Group secara rutin melakukan beragam kegiatan edukasi seperti penyediaan fasilitas dropbox di toko-toko kami, melaksanakan program sadar sampah yang bertujuan untuk meningkatkan zero waste, melakukan program daur ulang sampah dalam toko, dan banyak lagi.

Sunu Prasasti Aji, Vice President A&RP Big Records Asia, mengatakan, sebagai perusahaan yang bergerak di industri rekaman musik dan digital merasa perlu untuk memberikan edukasi terkait dengan pentingnya fungsi hutan dalam kehidupan sehari-hari serta pemilihan produk ramah lingkungan. Tahun ini merupakan pertama kalinya perusahaan itu mengambil peran dalam mendukung kegiatan edukasi FSC di Indonesia. Ke depan, diharapkan terus berkomitmen memberikan berbagai macam edukasi melalui jalur musik yang menjadi fokus utama bisnis perusahaan.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved