Marketing Trends zkumparan

Tiket Jatim Park Dipasarkan Traveloka Hingga Mancanegara

Tiket Jatim Park Dipasarkan Traveloka Hingga Mancanegara
Christian Suwarna, Chief Executive Officer Traveloka Xperience (ke-2 dari kanan)

Untuk mendukung target kunjungan 20 juta wisatawan asing ke Indonesia, sekaligus membantu pemain industri pariwisata di Indonesia merangkul pasar regional, Traveloka bekerja sama dengan pengelola obyek wisata edukasi Grup Jatim Park di Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Christian Suwarna, Chief Executive Officer (CEO) Traveloka Xperience, menjelaskan, Traveloka Xperience sebagai platform pemesanan beragam produk aktivitas liburan dan gaya hidup di Asia Tenggara, mengumumkan kerja sama strategis dengan Grup Jatim Park. “Kami percaya dengan adanya kolaborasi strategis ini, para pengunjung akan mendapatkan kemudahan,” ujarnya.

Kemudahan itu mulai dari pencarian inspirasi dalam penentuan destinasi wisata, aktivitas yang harus dilakukan, hingga pemesanan secara online yang aman dan nyaman, sehingga dengan penggunaan aplikasi Traveloka pengguna dapat memperoleh beragam pengalaman bersama kerabat dan keluarga. Kolaborasi strategis ini juga diharapka dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pariwisata Indonesia, khususnya di daerah Kota Batu dan Malang.

Mengenai kerja sama ini, Ronny Sendjojo, staf ahli Grup Jatim Park, mengungkapkan, kerja sama ini tidak hanya strategis dilihat dari segi bisnis, namun untuk membantu meningkatkan pariwisata Indonesia, hingga ke tingkat mancanegara.

Grup Jatim Park berkomitmen untuk membuat taman hiburan yang dapat memperkaya pengalaman pengunjung dengan berbagai edukasi dan hiburan yang menarik untuk semua anggota keluarga. Saat ini sudah ada 12 theme park yang berlokasi di Jawa Timur dan Jawa Barat, serta dilengkapi dengan 4 inventori hotel dan resorts.

“Dari 12 theme park milik Grup Jatim Park itu, nilai investasi pembangunannya sekitar Rp100 juta hingga Rp500 juta per theme park,” kata Ronny.

Taman ini juga memiliki area terluas di Indonesia, yaitu 22 hektar yang terletak di area Kota Wisata Batu. Selain itu, misi Jatim Park sebagai industri pariwisata terbesar di Jawa Timur, bahkan Indonesia, dibuktikan dengan selalu menambah taman baru yang dilengkapi dengan infrastruktur transportasi, dan meningkatkan kualitas pelanggan.

Bagi Ronny, kerja sama ini juga menandai pencapaian baru bagi Jatim Park, untuk pertama kali dapat melakukan pemasaran secara online hingga ke pasar mancanegara. Pihaknya berharap, dengan adanya informasi dan akses pemasaran Jatim Park secara online di Traveloka dapat memudahkan para pengunjung, dengan target keluarga wisatawan lokal dan asing yang tertarik untuk mengunjungi taman rekreasi edukasi keluarga , dapat dengan mudah memperoleh akses informasi seputar Jatim Park, hingga pemesanan tiket, yang akhirnya dapat menciptakan momen yang tak terlupakan ketika berkunjung ke Kota Batu dan Malang.

Menurut Christian, pengguna Traveloka yang saat ini berjumlah lebih dari 40 juta pengguna dan tersebar di Asia Tenggara hingga Australia, hal ini merupakan potensi yang baik bagi Jatim Park untuk memberikan informasi seputar destinasi yang tersedia di dalamnya kepada pasar mancanegara.

Saat ini pelanggan Traveloka sudah mencakup 7 negera di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, Filipina, dan Brunei.

Sementara itu, Rizki Handayani, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Republik Indonesia juga menyatakan dukungannya terhadap kerja sama strategis antara Traveloka Xperience dan Grup Jatim Park. “Kerja sama ini secara tidak langsung juga akan membantu misi Indonesia untuk mengundang sebanyak banyaknya wisatawan asing berkunjung ke Tanah Air,” ungkapnya.

Melalui kesepakatan kerja sama strategis ini, Traveloka dan Grup Jatim Park akan terlibat dalam upaya pengembangan produk, promosi, dan pemasaran yang termasuk di dalamnya:inisiatif pemasaran, customer experience innovation: Untuk memberikan pengalaman yang optimal, Traveloka memberikan beragam kemudahan bagi para pengunjung, yakni instant confirmation, instant issuance dan easy access agar para pengguna Traveloka dapat lebih cepat dan nyaman ketika memasuki wahana tanpa harus khawatir antre dan sebagainya.

Selain ituu, product innovation: Penyediaan inovasi produk khusus seperti menyediakan fasilitas pemesanan secara online untuk semua aktivitas yang tersedia di dalam Jatim Park. Contohnya penyewaan pakaian tradisional, hingga jasa layanan sesi foto dengan fotografer berpengalaman, dan masih banyak penawaran lainnya.

Juga, kerja sama seamless bundling dengan Traveloka Flight / hotel. Sebagai discovery platform, tentunya kolaborasi yang dilakukan juga tidak hanya penjualan tiket, akan tetapi melingkupi adanya penawaran paket liburan lengkap yang mencakup transportasi atau tiket pesawat, hotel atau akomodasi hingga tiket masuk Jatim Park.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved