Trends

Tokopedia Catat Belasan Juta Mitra Penjual UMKM di Platform-nya

Tokopedia Catat Belasan Juta Mitra Penjual UMKM di Platform-nya
Suasana kantor Tokopedia. (dok. Tokopedia)

Data internal Tokopedia mencatat kini ada lebih dari 11 juta penjual di platform-nya dan hampir 100 persen UMKM.

“UMKM lokal di Tokopedia terdiri dari maker (produsen) maupun reseller. Mereka sama-sama berkontribusi pada perekonomian digital,” kata AVP of Product Tokopedia, Puput Hidayat dalam konferensi pers virtual, Kamis, 16 September 2021.

Dia menambahkan bahwa UMKM yang punya kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi. Mereka, kata Puput, berhasil mempertahankan bisnis sekaligus menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan lewat pemanfaatan platform teknologi.

Adapun dia mengatakan menurut sebuah riset terbaru, Tokopedia menjadi e-commerce paling populer di kalangan UMKM. Hal itu, kata dia, dikarenakan Tokopedia dinilai memberikan frekuensi transaksi tersering, memiliki kualitas fitur terbaik yang mudah dioperasikan oleh penjual hingga memberikan omzet penjualan terbesar bagi para UMKM.

Selain itu, para UMKM menilai Tokopedia unggul dalam memberikan manfaat, antara lain membuka akses terhadap pasar nasional, memberi dukungan terhadap produk atau UMKM lokal dan memberikan pendampingan serta edukasi kepada penjual.

Dia juga menuturkan Tokopedia di sisi lain aktif memberikan pendampingan serta materi edukasi bagi UMKM lokal. Contohnya lewat Pusat Edukasi Seller, Sekolah Kilat Seller hingga media sosial. Juga lewat berbagai panggung yang membantu UMKM menjangkau lebih banyak masyarakat, seperti Bangga Buatan Indonesia, TokoMart, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan masih banyak lagi.

“UMKM lokal di Tokopedia terdiri dari maker (produsen) maupun reseller. Mereka sama-sama berkontribusi pada perekonomian digital,” kata AVP of Product Tokopedia, Puput Hidayat dalam konferensi pers virtual, Kamis, 16 September 2021.

Dia menambahkan bahwa UMKM yang punya kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi. Mereka, kata Puput, berhasil mempertahankan bisnis sekaligus menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan lewat pemanfaatan platform teknologi.

Adapun dia mengatakan menurut sebuah riset terbaru, Tokopedia menjadi e-commerce paling populer di kalangan UMKM. Hal itu, kata dia, dikarenakan Tokopedia dinilai memberikan frekuensi transaksi tersering, memiliki kualitas fitur terbaik yang mudah dioperasikan oleh penjual hingga memberikan omzet penjualan terbesar bagi para UMKM.

Selain itu, para UMKM menilai Tokopedia unggul dalam memberikan manfaat, antara lain membuka akses terhadap pasar nasional, memberi dukungan terhadap produk atau UMKM lokal dan memberikan pendampingan serta edukasi kepada penjual.

Dia juga menuturkan Tokopedia di sisi lain aktif memberikan pendampingan serta materi edukasi bagi UMKM lokal. Contohnya lewat Pusat Edukasi Seller, Sekolah Kilat Seller hingga media sosial. Juga lewat berbagai panggung yang membantu UMKM menjangkau lebih banyak masyarakat, seperti Bangga Buatan Indonesia, TokoMart, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan masih banyak lagi.

Sumber: Republika.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved